Manarul Seorang muslim, dreamer, dan blogger. Tertarik dengan teknologi dan dunia digital khususnya Search Engine Optimization. Saat ini menjadi Chief Executive Officer di Berakal.com

Aplikasi Edit Foto PC

4 min read

Aplikasi Edit Foto PC

Bagi anda yang ingin belajar desain foto, tentu anda harus menentukan softwarenya terlebih dahulu. Nah! kumpulan aplikasi edit foto pc dibawah bisa anda gunakan sebagai referensi. Mulai dari yang ringan, kekinian, bahkan tercanggih, yang pasti cocok untuk pemula.

Foto merupakan sebuah kebutuhan yang harus ada di setiap momen spesial. Namun sekarang selain untuk mengabadikan momen. Foto juga banyak digunakan untuk media seni untuk menuangkan kreatifitas.

Tentunya untuk memaksimalkan kreatifitas dalam sebuah foto perlu adanya proses editing. Agar foto tersebut lebih indah dan memiliki sebuah pesan yang disampaikan oleh sang fotografer maupun editor photo tersebut.

Ada banyak sekali aplikasi edit foto di komputer. Mulai dari yang gratis bahkan hingga yang berbayar. Tentunya setiap aplikasi memiliki fitur masing-masing.

Masih banyak dari kita yang bingung untuk memilih aplikasi edit foto terbaik di laptop. Secara logika tentunya aplikasi yang berbayar tentu saja memiliki fitur yang lebih banyak dari pada software photo editor gratisan.

Namun seperti yang kita tahu, banyak dari kita yang menggunakan aplikasi versi pak tani atau bajakan.

Bagi yang ingin edit foto dengan android. Simak daftar Aplikasi Edit Foto Android.

Untuk kalian yang masih bimbang dalam memilih software edit foto pc terbaik. Kali ini kami akan memberikan beberapa referensi aplikasi edit foto pc terbaik menurut Berakal.

Disini kami mengurutkanya secara acak, atau tidak urut dari mulai yang terbaik. Jadi kalian bisa menentukan sendiri aplikasi mana yang menurut kalian terbaik.

1. Adobe Photoshop

aplikasi edit foto pc ringan

Aplikasi edit foto pc yang pertama akan kita bahas adalah adobe photoshop. Ya, siapa yang tidak tahu dengan aplikasi edit foto yang satu ini.

Banyak dari kita yang memasang aplikasi yang satu ini, bahkan walaupun kita belum tahu bagaimana cara menggunakanya.

Adobe photoshop sendiri merupakan aplikasi edit foto berbayar. Namun pada kenyataanya di Indonesia sangat banyak yang memasang aplikasi ini versi bajakanya.

Ingin Menghapus Background Foto di Laptop? Baca Cara Ganti Background dengan Photoshop.

Adobe photoshop dimulai dari seri CS. Hingga sekarang aplikasi ini masih terus berkembang. Dan saat ini telah mencapai seri CC.

Fitur yang dimiliki aplikasi ini sangatlah lengkap. Selain itu aplikasi ini juga multi platfrom, yang mana tersedia di Windows maupun Mac OS.

2. Photo Pos Pro

aplikasi edit foto pc untuk pemula

Untuk kita yang memerlukan aplikasi alternatif yang mirip dengan adobe photoshop. Kita bisa mencoba Photo Pos Pro. Aplikasi edit foto di pc ini bisa kita instal secara gratis.

Dengan menggunakan aplikasi Photo Pos Pro. Kita bisa mengolah foto, memotong foto, mendesain grafis, dan masih banyak lagi lainya. Aplikasi yang satu ini diklaim memiliki fitur yang mirip dengan Photoshop.

Ada banyak sekali tool yang bisa kita gunakan di aplikasi ini. Seperti selection tool, special effect, layers, rich text, masks, dan masih banyak tool lainya.

Meski gratis, aplikasi ini tergolong cukup bagus untuk editing foto. Bahkan untuk desain grafis.

3. Artweaver

aplikasi edit foto pc online

Aplikasi ini sangat cocok untuk kita yang senang melukis. Karena selain untuk mengedit foto, dengan aplikasi ini kita bisa membuat sketsa. Selain itu aplikasi ini juga memiliki fitur untuk mengedit foto kita menjadi seperti lukisan.

Software Artweaver tersedia dalam dua versi. Yakni versi gratis dan juga berbayar.

4. Paintshop Pro

download aplikasi edit foto for pc windows 7

Aplikasi yang satu ini merupakan aplikasi editor grafis yang diterbitkan oleh Jasc Software pada bulan Oktober tahun 2004. Namun saat ini aplikasi ini telah dibeli oleh Corel.

Paintshop Pro memiliki fitur yang cukup lengkap. Maka tidak heran apabila aplikasi yang satu ini banyak digunakan oleh banyak fotografer dan editor foto profesional.

Dengan fiturnya yang lengkap dan harganya yang cukup murah. Bisa jadi dalam beberapa waktu kedepan aplikasi ini akan menjadi saingan terberat bagi Adobe Photoshop.

5. PicturesToExe 9

aplikasi edit wajah pc

Aplikasi edit foto gratis yang satu ini memiliki cukup banyak tool didalamnya layaknya tool yang berada di aplikasi berbayar.

Dengan menggunakan aplikasi ini, kita bisa mengedit foto sesuka hati kita. Mulai dari mengatur kecerahan, bahkan hingga memanipulasi warna.

Dengan fiturnya yang cukup lengkap. Aplikasi ini bisa dibilang sangat ringan. Karena hanya memiliki ukuran 3MB saja.

6. GIMP

aplikasi edit foto kekinian di laptop

Apasih aplikasi edit foto gratis di pc yang setara dengan Photoshop? Jawabanya adalah GIMP. Aplikasi edit foto komputer gratis yang satu ini sangat direkomendasikan bagi para desainer yang memerlukan fitur yang lengkap namun gratis.

Aplikasi GIMP bisa berjalan di berbagai sistem operasi. Mulai dari Windows, Linux, bahkan Mac OS.

7. Adobe Lightroom

kumpulan software edit photo

Jika kita merasa Adobe Photoshop terlalu mahal. Kita bisa memilih aplikasi edit foto lain dari Adobe. Yaitu Adobe Lightroom.

Pada awalnya aplikasi ini dibuat untuk mengolah gambar mentah atau yang biasa dikenal dengan format gambar RAW.

Namun seiring berjalanya waktu. Aplikasi terus berkembang dan menambahkan fitur lain yang mirip dengan Photoshop.

8. GIMPSHOP

download editor photo tercanggih

Mengingat GIMP merupakan aplikasi open source. Tentu saja banyak pengembang yang memanfaatkanya dan menciptakan aplikasi baru. Salah satu aplikasi pengembangan dari GIMP adalah GIMPSHOP.

Aplikasi GIMPSHOP merupakan aplikasi editor foto yang berbasis GIMP namun memiliki tampilan seperti Photoshop.

Aplikasi ini sangat cocok bagi kita yang menggunakan sistem operasi Linux namun ingin menggunakan aplikasi edit foto seperti Photoshop.

9. Firealpaca

aplikasi edit foto pc gratis terbaik

Mungkin aplikasi yang satu ini masih sangat asing dikepala kita. Aplikasi ini sangat mirip dengan Windows Paint sehingga sangat cocok bagi pemula.

Walaupun aplikasi ini mirip dengan paint. Namun fitur yang ada didalam aplikasi ini bisa dibilang cukup untuk mengedit foto.

10. PhotoScape

aplikasi edit foto pc selain photoshop

Aplikasi untuk edit foto di pc yang satu ini sangat cocok bagi para pemula. Karena aplikasi ini sangat mudah untuk digunakan.

Selain untuk mengedit foto. Aplikasi ini juga bisa kita gunakan untuk membuat kolase, membuat GIF, menangkap layar, dan masih banyak lagi.

11. CorelDraw Graphics Suite

aplikasi edit foto pc yang ringan dan gratis

Aplikasi ini tentunya sangat terkenal bagi para pecinta vector. Tool yang ada di aplikasi ini juga sangatlah familier sehingga sangat mudah untuk dipahami.

Selain banyak digunakan untuk membuat vector seperti logo. Aplikasi berbayar ini juga biasa digunakan untuk membuat brosur, flyer, pamflet, undangan, dan masih banyak lagi.

12. CyberLink PhotoDirector

aplikasi edit foto pc untuk jualan online

Aplikasi ini sangat cocok bagi kita yang ingin mengahasilkan tone warna yang menarik di foto kita. Kita bisa mengatur exposure, tone, contrast, dan sebagianya secara manual. Sehingga kita bisa menyesuaikan foto sesuai dengan keinganan kita.

13. Phase One Capture One Pro

aplikasi edit foto pc download

Bagi para pecinta fotografer aplikasi ini wajib untuk dicoba. Pasalnya aplikasi ini sangat baik untuk mengolah gambar mentah atau RAW.

Selain itu aplikasi ini juga memberikan dukungan tersendiri untuk berbagai merk kamera. Seperti Canon, Nikon, Sony, Panasonic, FujiFilm, dan masih banyak lainya. Aplikasi berbayar ini bisa kita jalankan baik di sistem operasi Windows maupun Mac OS.

14. Adobe Illustrator

aplikasi edit foto pc seperti picsart

Aplikasi ini merupakan sebuah aplikasi editor vector layaknya CorelDraw. Aplikasi ini memiliki berbagai tool yang sangat mudah untuk dipelajari.

Adobe Illustrator biasa digunakan untuk membuat wallpaper, logo, banner, dan desain grafis lainya.

Adobe Illustrator merupakan aplikasi berbayar layaknya aplikasi keluaran dari Adobe lainya. Aplikasi ini bisa kita gunakan di Windows atau Mac OS.

15. Krita

aplikasi edit foto di pc free

Aplikasi gratis yang satu ini bisa kita jalankan di berbagai sistem operasi baik di Windows, Linux, dan juga Mac OS.

Krita sangat cocok bagi para desain grafis vector. Aplikasi edit foto pc ini menjadi salah satu alternatif aplikasi desain grafis seperti CorelDraw dan Adobe Illustrator.

Dengan berbagai filter dan juga efek didalamnya. Tentunya akan membuat gambar kita jauh lebih menarik.

16. Xara Photo & Graphic Designer

aplikasi edit foto di pc untuk pemula

Seperti namanya aplikasi ini cocok digunakan untuk membuat desain grafis. Selain itu aplikasi ini juga bisa digunakan untuk membuat web desain, bahkan 3D desain.

Aplikasi ini bisa kita gunakan di sistem operasi windows dengan membelinya.

17. ACDSee Ultimate

aplikasi edit foto di pc windows 7

Merupakan sebuah aplikasi editing berbayar yang cukup lengkap. Aplikasi ini bisa kita jalankan di sistem operasi Windows.

Selain untuk mengedit foto. ACDSee Ultimate juga bisa kita gunakan untuk membuat slideshow presentation, image folder sync, burning cd, dan masih banyak lagi.

18. Vintager 2

aplikasi edit foto di pc selain photoshop

Bagi kita yang ingin mengedit foto kita menjadi vintage atau klasik. Aplikasi ini sangatlah cocok.

Dengan menggunakan aplikasi ini kita bisa memberikan berbagai efek vintage. Selain itu kita juga bisa menambahkan bokeh, blur, dan sebagainya.

Aplikasi edit foto pc yang satu ini juga memiliki tampilan yang sangat simpel. Sehingga mudah digunakan oleh siapa saja. Bahkan oleh pemula sekalipun.

Demikian aplikasi edit foto di pc baik yang free maupun berbayar. Beberapa aplikasi diatas tentu saja memiliki kelebihan dan kekuranganya masing-masing.

Dengan adanya artikel ini, kami berharap bisa membantu kalian yang sedang bingung dalam menentukan aplikasi edit foto pc terbaik. Silahkan tentunkan sendiri aplikasi mana yang akan kalian gunakan. Semoga bermanfaat!

Manarul Seorang muslim, dreamer, dan blogger. Tertarik dengan teknologi dan dunia digital khususnya Search Engine Optimization. Saat ini menjadi Chief Executive Officer di Berakal.com

Cara Membuat Grafik di Word

Manarul
3 min read

Aplikasi Desain Baju

Manarul
4 min read

Tema Windows 7

Manarul
5 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *