Aplikasi Kamera Canon

Share
Comment 0 reply
Aplikasi Kamera Canon

Canon merupakan salah satu merk kamera yang paling laris di Indonesia. Kita dapat memaksimalkan penggunaan kamera Canon dengan aplikasi tambahan di Android.

Selain kualitas kamera yang baik, Canon juga memiliki harga yang relatif murah. Bahkan perusahaan asal Jepang ini juga meluncurkan berbagai aplikasi kamera untuk Android yang mampu membantu penggunanya agar lebih produktif saat menggunakan kamera Canon.

Jika kita menggunakan kamera Canon, tidak ada salahnya kita mencoba berbagai aplikasi khusus yang dibuat untuk kamera Canon sendiri.

Ada beberapa aplikasi yang diciptakan untuk kamera Canon. Aplikasi tersebut memiliki beragam fitur mulai dari membantu menangkap gambar, mentransfer gambar, dan fitur lainnya.

1. Canon Camera Connect

Aplikasi Kamera Canon Camera Connect

Aplikasi yang pertama merupakan aplikasi yang dikembangkan langsung oleh perusahaan Canon Inc. Dengan menggunakan aplikasi yang telah digunakan lebih dari 10 juta pengguna ini.

Kita dapat dengan mudah mentransfer dan menyimpan file foto maupun video dari kamera Canon ke smartphone kita.

Ada beberapa cara yang dapat kita gunakan untuk mentransfer file dari kamera ke HP. Yaitu melalui koneksi WiFi, menggunakan bluetooth, dan juga NFC.

Bahkan menariknya lagi, Canon Camera Connect juga memberikan fitur untuk memotret dan live view langsung melalui HP.

Dengan adanya fitur ini kita tidak perlu untuk menekan tombol fisik yang ada di kamera.

Fitur ini juga sangat bermanfaat bila kita akan mengontrol kamera kita dari jarak jauh. Sehingga untuk memotret kita tidak perlu menggunakan fitur timer pada kamera.

Canon Camera Connect mendukung berbagai seri dan tipe kamera Canon. Mulai dari EOS M50, SX740 HS, PowerShot SX70, EOS R, dan tipe kamera Canon lainnya.

Canon Camera Connect
Canon Camera Connect
Developer: Canon Inc.
Price: Free

2. Magic Canon ViewFinder

Magic Canon ViewFinder

Meskipun aplikasi Magic Canon ViewFinder bukan merupakan aplikasi yang dikembangkan secara resmi oleh Canon.

Namun aplikasi ini memiliki peminat yang cukup banyak. Terbukti dengan jumlah unduhan yang sudah lebih dari 1 juta kali.

Dengan menggunakan aplikasi ini kita bisa mengambil foto dari jarak jauh. Yang mana cara kerjanya adalah dengan mengoperasikan kamera Canon melalui smartphone Android kita.

Tidak hanya itu saja, software Magic Canon ViewFinder juga memiliki fitur unggulan lainnya.

Seperti mengatur DOF, mengontrol aspek rasio, auto fokus, dan menu kamera lain yang bisa kita akses melalui aplikasi ini.

Magic Canon ViewFinder mendukung kamera Canon ESO-1D, EOS R, EOS 5D, EOS M6, dan beberapa seri kamera Canon lainnya.

Magic Canon ViewFinder Free
Magic Canon ViewFinder Free
Developer: Roman Medvid
Price: Free+

3. Canon EOS Remote

Aplikasi Kamera Canon EOS Remote

EOS Remote merupakan salah satu aplikasi kamera Canon yang memiliki banyak fitur.

Dengan menggunakan aplikasi ini kita dapat mengontrol kamera dari jarak jauh melalui koneksi WiFi yang kita hubungkan dengan smartphone Android kita.

Tidak hanya itu, dengan aplikasi EOS Remote kita juga dapat mengatur nilai eksposur, titik fokus, dan pengaturan kamera lainnya.

Menariknya lagi, kita juga dapat langsung mengakses dan mentrasnfer file foto dari kamera Canon ke HP kita.

EOS Remote mendukung kamera Canon EOS 6D, EOS 70D, EOS M2, EOS M3, dan seri kamera Canon EOS lainnya.

EOS Remote
EOS Remote
Developer: Canon Inc.
Price: Free

4. Canon CameraWindow

Canon CameraWindow

Canon CameraWindow adalah aplikasi gratis yang memungkinkan kita untuk mentransfer dan mengambil gambar dari kamera Canon menggunakan smartphone Android.

Selain itu aplikasi ini juga dapat menambahkan keterangan lokasi pada gambar yang ditangkap oleh kamera.

Agar aplikasi Canon CameraWindow dapat berjalan dengan baik. Kita harus menghubungka HP kita terlebih dahulu dengan kamera tersebut menggunakan jaringan WiFi.

Jika sudah terhubung, kita dapat menggunakan aplikasi untuk melihat hasil foto, meremote kamera, dan sebagainnya.

Canon CameraWindow kompatibel dengan beberapa model kamera Canon. Diantaranya PowerShot G7 X, PowerShot N2, PowerShot SX60 HS, PowerShot G1, PowerShot G16, dan masih banyak lagi.

Canon CameraWindow
Canon CameraWindow
Developer: Canon Inc.
Price: Free

5. Camera Connect & Control

Camera Connect & Control

Memonitoring kamera DSLR Canon ke HP dapat kita lakukan dengan menggunakan aplikasi Camera Connect & Control. Kita bisa menghubungkan aplikasi ini ke HP melalui kabel USB atau jaringan WiFi.

Dengan menggunakan aplikasi ini kita dapat melihat semua foto, memindahkan, memotret jarak jauh, merekam video, dan mengontrol kamera tersebut menggunakan HP.

Selain bisa digunakan secara gratis. Aplikasi Camera Connect & Control juga menyediakan aplikasi dengan versi berbayar. Aplikasi versi berbayar tentu saja menawarkan fitur yang lebih banyak dan bebas dari iklan.

Camera Connect & Control mendukung kamera Canon tipe 1Ds mark III, 100D, 1300D, 1D X 5D, 1200d, dan beberapa tipe lain.

Camera Connect & Control
Camera Connect & Control
Developer: RupiApps
Price: Free+

6. DSLR Controller

Aplikasi Kamera DSLR Controller

Sesuai dengan namanya, DSLR Controller adalah sebuah apliaksi android yang berguna untuk mengontrol kamera DSLR melalui smartphone.

Aplikasi DSLR Controller menawarkan berbagai fitur gratis mulai dari live view, HDR, histogram, auto focus, dan lain sebagainnya.

Kita dapat menghubungkan Android yang telah terinstal aplikasi DSLR Controller dengan kamera Canon melalui WiFi atau USB. Sebagian kamera Canon model EOS kompetibel dengan aplikasi ini.

DSLR Controller
DSLR Controller
Developer: Chainfire
Price: $7.99

7. Helicon Remote

Helicon Remote

Aplikasi lain yang dapat membantu kita mengontrol kamera Canon dari jarak jauh adalah Helicon Remote.

Dengan menggunakan aplikasi Helicon Remote kita bisa mengunci fokus, menyesuaikan DOF, mengatur ISO, dan lain sebagainya.

Helicon Remote mendukun beberapa tipe kamera Canon. Seperti 1D, 1Ds, 500D, 450D, 5D, dan beberapa model kamera Canon lainnya.

Helicon Remote
Helicon Remote
Developer: Helicon Soft Ltd.
Price: Free+

8. Remote Release

Remote Release

Berbeda dengan aplikasi kamera Canon yang lain. Remote Release memiliki fitur yang lebih simpel. Seperti mengaktifkan auto fokus dan mengambil foto.

Aplikasi buatan Chainfire ini hanya dapat berjalan dengan baik di perangkat Android yang menggunakan ARMv7-A atau yang lebih baru.

Sedangkan aplikasi Remote Release hampir mendukung semua merk kamera Canon EOS DSLR. Kita tidak perlu khawatir dengan kinerja Android kita.

Karena aplikasi Remote Release sangan ringan untuk dijalankan.

Remote Release
Remote Release
Developer: Chainfire
Price: Free

9. Camera Remote Control (DSLR)

Aplikasi Kamera Canon Camera Remote Control (DSLR)

Jika kita membutuhkan aplikasi remote kamera yang hanya bisa digunakan untuk shutter saja. Kita dapat menggunakan aplikasi Camera Remote Control (DSLR).

Namun untuk dapat menggunakan aplikasi ini. Android yang digunakan harus sudah mendukung blaster built-in IR.

Camera Remote Control (DSLR)
Camera Remote Control (DSLR)
Developer: Dev Null
Price: Free

10. Canon Online Photo Album

Canon Online Photo Album

Aplikasi kamera Canon yang terakhir adalah Canon Olnie Photo Album. JIka kita sering menyimpan foto di Canon Image Gateway, aplikasi ini pilihan yang tepat untuk kita gunakan.

Pasalnya dengan aplikasi ini kita dapat dengan mudah membuat album, manambahkan foto, dan menyimpannya langsung di Canon Image Gateway.

Demikian pembahasan mengenai aplikasi kamera Canon terbaik di Android. Silahkan gunakan aplikasi yang menurut kamu sesuai dengan kebutuhan kamu.

Untuk informasi yang lebih detail mengenai aplikasi diatas, kamu bisa membacanya di Google Play Store. Atau untuk lebih yakin lagi kamu bisa mencobanya secara langsung, dan membuktikan sendiri apakah aplikasi tersebut bagus atau tidak.

Selamat berkarya untuk menghasilkan foto yang lebih baik lagi dengan menggunakan bantuan aplikasi tersebut.

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.