Galan Seseorang yang suka membaca, menulis, dan melakukan hal yang berkaitan dengan Dunia Teknologi.

Aplikasi Kompres PDF

2 min read

Aplikasi Kompres PDF

Dengan menggunakan aplikasi kompres PDF, file PDF yang semula besar akan berubah menjadi kecil. Hal ini akan sangat berguna di saat Anda hendak menyimpannya atau mengupload file PDF tersebut.

Dari segi penyimpanan, file dengan ukuran kecil akan membuat storage Anda bernafas lega. Sementara dari segi upload, file dengan ukuran kecil tentu akan lebih cepat diselesaikan.

Selain itu, terdapat juga situs online yang membatasi penggunanya untuk mengupload file dengan limit tertentu.

Jika demikian, tentu Anda membutuhkan aplikasi yang benar-benar ampuh dalam melakukan kompres file PDF. Tenang saja, Berakal telah menyiapkan aplikasi terbaik dalam melakukan kompres PDF seperti berikut.

Aplikasi Kompres PDF Gratis di PC

1. Reduce PDF Size

aplikasi kompres pdf offline

Aplikasi kompres PDF pada PC yang kami rekomendasikan pertama yaitu Reduce PDF Size. Aplikasi ini memiliki kemampuan yang hebat, karena dapat melakukan kompres banyak file PDF dalam waktu bersamaan.

Penggunanya juga akan dimanjakan dengan 5 pilihan konfigurasi. Diantaranya yaitu screen view, high quality (printer quality), high quality (prepress quality), low quality, dan default quality.

2. Free PDF Compressor

aplikasi kompres pdf gratis

Sesuai dengan namnya, software ini bisa Anda dapatkan secara gratis. Free PDF Compressor memiliki desain antarmuka sederhana sehingga memudahkan Anda saat mengoperasikannya.

Perlu Anda ketahui, aplikasi ini memiliki setting kompresi seperti:

  • eBook: Mengubah kualitas gambar ke 150 dpi.
  • Screen: Menghasilkan file PDF dengan gambar resolusi rendah (72 dpi).
  • Prepress: Menghasilkan file PDF dengan kualitas tinggi dan lebih mempertahankan warna. Untuk kualitas gambarnya yaitu 300 dpi.
  • Printer: Menghasilkan file PDF berkualitas tinggi dan dapat dicetak. Untuk kualitas gambarnya sebesar 300 dpi.
  • Default: Menghasilkan file PDF dengan ukuran lebih besar dibandingkan lainnya.

3. PDF Compressor

kompres pdf 200kb

PDF Compressor juga dapat Anda andalkan dalam mengecilkan ukuran file PDF. Ukuran aplikasinya sendiri pun terbilang ringan, sehingga tidak memberatkan kinerja PC Anda.

Selain itu, aplikasi ini memiliki 4 pilihan kompres, yaitu fastest, maximum, default, dan none. APlikasi ini juga mendukung PDF hingga versi 1.5.

4. ORPALIS PDF reducer

kompres pdf 300kb

Selanjutnya, hadir aplikasi kompres PDF yang dinamai ORPALIS PDF Reducer. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat melakukan kompres dengan lancar.

Menariknya, Anda juga dimungkinkan untuk menghapus satu atau beberapa konten yang tidak diperlukan pada file PDF tersebut.

Selain itu, Anda juga dapat melakukan kompres banyak file secara bersamaan saat menggunakan Aplikasi yang satu ini. Kemampuan ini sering dikenal dengan istilah bulk atau batch. Ditambah, ORPALIS memiliki fitur lainnya seperti images dan color detection.

5. LibreOffice

kompres pdf 500kb

Berikutnya, hadir LibreOffice untuk memenuhi kebutuhan Anda dalam melakukan kompres file PDF. Aplikasi ini merupakan salah satu paket dari software Microsoft Office dan mampu menghasilkan ukuran lebih kecil.

Pengoperasian dari aplikasi ini pun terbilang simple, Anda tinggal membuka PDF melalui aplikasi ini dan klik “Export as PDF”. Nantinya, Anda juga akan ditunjukkan letak file yang telah di kompres.

 Aplikasi Kompres PDF di Android

1. Compress PDF

pdf compres online terbaik

Aplikasi compres PDF pertama di perangkat Android yaitu Compress PDF. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini hanya ditujukan untuk men-compres file PDF.

Compress PDF memiliki ukuran yang terbilang kecil. Sayangnya, aplikasi ini seakan ditujukan untuk mereka yang berani membayar.

Karena sering terjadi kasus akan beberapa file PDF yang tidak dapat di kompres. Selain itu, aplikasi ini sangat memakan banyak waktu saat mengeksekusi file PDF.

2. iLovePDF

iLovePDF

Aplikasi selanjutnya yang Berakal rekomendasikan yaitu iLovePDF. Aplikasi ini memiliki 25 pilihan bahasa dari seluruh dunia, termasuk Indonesia. Jadi, Anda tidak akan dibuat bingung saat mengoperasikannya.

Namun sangat disayangkan, iLovePDF mengharuskan Anda untuk membayar lisensi untuk menikmati keseluruhan fitur yang disajikan. Untuk harganya dimulai dari 80 ribuan.

3. All PDF Reader

all pdf reader

Digadang, All PDF Reader menjadi yang terbaik saat digunakan secara offline. Pasalnya, aplikasi ini dapat melakukan kompres file PDF hingga 100kb.

Selain mengecilkan ukuran, aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk membaca file PDF tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan. Nilai plus lainnya yaitu user interface yang sederhana sehingga memudahkan pengguna saat mengoperasikannya.

4. PDF Utils

PDF Utils

PDF Utils dapat Anda gunakan secara gratis dan terbebas dari adanya iklan. Untuk urusan kompres, aplikasi ini juga tidak kalah dengan aplikasi versi berbayar.

Dengan menggunakan PDF Utils, Anda akan disajikan lebih dari 10 manfaat selain mengompres. Misalnya saja merotasi file PDF, menambahkan tulisan atau gambar, hingga menghapus halaman pada PDF.

5. PDF Tools

pdf tools

Aplikasi kompres PDF terakhir yang dapat Anda gunakan pada perangkat Android yaitu PDF Tools.  PDF Tools menyajikan lebih dari 20 fitur yang dapat Anda gunakan.

Mulai dari menambah watermark, membagi atau memisahkan 1 file PDF menjadi 2 halaman, hingga menggabungkan file PDF menjadi satu. Pastinya menarik bukan?

Ya, demikianlah deretan aplikasi untuk men-kompres file PDF yang dapat Anda gunakan di PC dan juga di perangkat Android. Tinggal pilih aplikasi yang menurut Anda nyaman untuk digunakan.

Galan Seseorang yang suka membaca, menulis, dan melakukan hal yang berkaitan dengan Dunia Teknologi.

Aplikasi Video Bokeh

Galan
2 min read

Aplikasi Screenshot PC

Galan
2 min read

Aplikasi Pemotong Video

Galan
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *