Daffa Seseorang yang suka utak-atik hal yang berkaitan dengan teknologi terutama mengenai Android, Komputer, dan Internet.

Aplikasi Pembuat Game

4 min read

Aplikasi Pembuat Game

Kadang kita merasa bosan bermain game dan ingin membuat game kita sendiri. Kita bisa membuat game dengan aplikasi pembuat game di PC.

Pada masa sekarang ini game memang terus berkembang dengan sangat pesat. Dengan perkembangan tersebut game sendiri memiliki grafis yang sangat fantastis.

Bahkan ada juga game yang memiliki tampilan grafik yang sangat mirip dengan kehidupan nyata.

Tidak berhenti disitu, bahkan kini kita dapat menikmati game dengan semakin nyata berkat adanya Virtual Reality.

Prinsip VR ini menyajikan game seolah-olah kita masuk kedalam dunia gam tersebut. Selain VR sekarang ini ada juga game dengan basis Augmented Reality atau AR.

Nah untuk kita yang ingin mencoba membuat game sendiri kita bisa menggunakan beberapa aplikasi pembuat game.

Namun tentunya, kita belum bisa membuat game sekelas dengan Mobile legend atau game simulator. Namun setidaknya, kita akan merasa bangga jika kita berhasil membuat game kita sendiri.

Ada beberapa aplikasi yang dapat kita gunakan untuk membuat game. Mulai dari aplikasi professional seperi Unity dan Unreal Engine.

Yang mana tentunya kita membutuhkan keahlian khusus seperti coding. Dan ada juga software yang bisa kita gunakan tanpa bisa coding. Berikut beberapa aplikasi pembuat game.

Aplikasi Pembuat Game

1. Unreal Engine 4

Unreal Engine 4

Aplikasi pertama yang akan kita bahas adalah Unreal Engine 4. Unreal Engine 4 merupakan salah satu software game maker yang digunakan oleh developer game besar saat ini.

Aplikasi ini tentu saja sudah melahirkan berbagai game keren di PC yang mungkin pernah kita mainkan.

Untuk menggunakan aplikasi pembuat game ini memang tidak mudah. Namun bagi kita yang ingin mempelajarinya itu bukan suatu masalah.

Terdapat ribuan tutorial video Unreal Engine 4 yang dapat kita temukan di YouTube. Baik itu tutorial dasar bahkan hingga tutorial yang susah sekalipun.

Selain untuk membuat game, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk membuat Virtual Reality, Augmented Reality, film, aristektur, dan lainya.

2. Godot Game Engine

Godot Game Engine

Godot Game Engine adalah sebuah aplikasi pembuat game open source. Aplikasi ini mendukung game 2D maupun 3D.

Untuk game dengan format 2D, aplikasi ini menawarkan performa yang lebih baik. Hanya terdapat sedikit bug saja dan alur kerja yang dihasilkan cukup bersih.

Aplikasi ini menggunakansistem drag and drop sehingga kita dapat dengan mudah membuat game.

Namun, kita juga bisa meluaskan perintah pada game tersebut dengan menggunakan script berbahasa Python atau yang biasa dikenal dengan GDScript.

3. Unity

Aplikasi Pembuat Game Unity

Siapa yang tidak tahu dengan software Unity. Ya, aplikasi ini memang sudah cukup lama menjadi favorit para developer game besar.

Aplikasi ini dapat kita gunakan untuk membuat game 3 dimensi dan 2 dimensi.

Meskipun cara menggunakannya tidak mudah. Tapi kita bisa mempelajarinya dari berbagai tutorial yang tersedia di YouTube.

Kita bisa menghasilkan berbagai game untuk hampir semua platform. Mulai untuk PC, Android, iPhone, dan lain sebagainya.

4. GameMaker: Studio

GameMaker Studio

Aplikasi pembuat game ini memungkinkan kita untuk membuat game hanya dengan drag and drop saja. Namun meski begitu, kita masih tetap bisa mengubah script pada game tersebut dengan beberapa bahasa pemrograman.

Pada versi gratis aplikasi ini, kita dapat mempublikasikan game kita ke versi Windows saja. Namun jika kita menggunakan versi berbayat kita bisa membuat game tersebut ke HP Android, iOS, HTML5, dan masih banyak lagi.

5. Construct 2

Aplikasi Pembuat Game Construct 2

Dengan tagline No Programming Needed!. Aplikasi Construct 2 merupakan software pembuat game terbaik bagi kita yang tidak bisa coding sama sekali.

Aplikasi pembuat game ini menawarkan tampilan yang cukup baik dan mudah dipahami. Untuk membuat game, kita hanya perlu melakukan drag and drop saja.

Sementara logika game dan variabel dapat kita sesuaikan dengan mudah.

keunggulan dari aplikasi ini adalah kita dapat mempublikasikan game kita ke berbagai versi. Mulai dari Windows, Chrome Web Store, Facebook, dan HTML5.

Jika kita menggunakan versi berbayar dari aplikasi ini, kita bisa export game kita ke Android, iOS, dan platform lainnya.

6. TyranoBuilder

TyranoBuilder

Nah, untuk kita yang suka dengan game Visual Novel. Kita bisa membuat game visual novel sendiri. Kita bisa membuatnya dengan aplikasi TyranoBuilder Visual Novel Studio ini.

Dengan aplikasi ini kita bisa membuat visual novel hanya dengan drag and drop saja. Setelah itu kita hanya perlu menambahkan teks percakapan.

Aplikasi ini tidak membutuhkan coding sedikitpun untuk membuat game. Sehingga kita bisa fokus dengan jalan cerita yang kita buat.

Meski begitu, namun aplikasi ini tetap menyediakan fitur scripting dengan nama TyranoScript untuk kita yang mahir coding.

Selain itu kita bisa merilis atau compile game karya kita di Windows, iOS, MacOS, Android, dan HTML5.

7. GG Maker

Aplikasi Pembuat Game GG Maker

GG Maker adalah salah satu aplikasi pembuat game yang cocok untuk kita yang ingin belajar coding. Aplikasi ini dapat membantu kita membuat berbagai macam game.

Mulai dari game yang sederhana, hingga game RPG 3D yang rumit. Semua perilaku objek di layar bisa kita atur dengan menggunakan editor visual yang canggih.

Sehingga kita bisa membuat desain permainan sesuai dengan keinginan kita.

Fitur yang menarik di aplikasi ini adalah alat yang bernama Graphically Assisted Scripting. Dengan fitur ini, logika yang biasanya harus kita buat dengan menggunakan bahasa pemrograman.

Kita bisa mengimplementasikannya secara visual dalam bentuk diagram alir. Dengan fitur ini maka kita dapat dibantu dalam memahami cara kerja coding sungguhan.

8. Clickteam Fusion 2.5

Clickteam Fusion

Hampir sama dengan GG Maker. Aplikasi pembuat game ini juga mengusung pembuatan game dengan drag and drop. Kita dapat membuat game 2D maupun 3D dengan aplikasi ini.

GG Maker menggunakan diagram alir untuk membuat logika. Sementara Clickteam Fusion menggunakan fitur editor event frame by frame.

Yang mana fitur ini berjalan layanya pembuatan animasi dengan Adobe Flash.

Ingin membuat game dengan HP Android? Simak cara membuat game android.

Clickteam Fusion sudah cukup banyak digunakan oleh pembuat game komersial. Salah satu game yang paling populer adalah Five Nights at Freddy’s.

Selain itu ada juga game The Escapist, dan Angry Video Game Nerd Adventures. Yang mungkin bisa kita coba dan kita jadikan sebagai referensi.

9. RPG Maker MV

RPG Maker MV

Melanjutkan seri RPG Maker sebelumnya. Enterbrai kembali mengajak kita untuk membuat game RPG 2D sendiri lewat aplikasi RPG Maker MV.

RPG Maker MV dapat kita gunakan untuk membuat game RPG dengan cerita yang menarik. Versi terbaru aplikasi ini menyajikan fitur Side View Battle layaknya seri Final Fantasy era SNES.

Tampilan visual aplikasi ini juga dirombak, selain itu aplikasi ini juga mendukung resolusi HD.

Tersedia juga editor sprite dan juga ilustrasi. Jadi disini kita bisa membuat game RPG utuh tanpa harus menggambar satu aset pun.

Namun untuk tampilan yang lebih menarik dan unik, tentu saja kita disarankan untuk memiliki aset sendiri.

10. GameSalad

GameSalad

Aplikasi pembuat game yang terakhir adalah GameSalad. GameSalad diklaim sebagai aplikasi pembuat game tanpa coding terbaik.

Aplikasi ini mendukung output mulai dari Android, iOS, dan HTML5. Aplikasi ini juga memiliki atribut pemrograman tanpa kode yang begitu beragam.

Dengan keberadaan atribut ini, kita dapat mengatur logika game hanya dengan drag and drop saja.

Dengan beragam kemudahan yang tersedia. GameSalad sangat cocok digunakan sebagai platform untuk mempelejadi konsep desain game, pemrograman game, dan lainya.

GameSalad juga diklaim digunakan olth jutaan programmer yang telah berhasil membuat game sendiri.

Game terbaik yang dihasilkan oleh aplikasi ini diantaranya adalah Get Fiquette, Mazes of Karradash, dan lainnya.

Sekian artikel mengenai aplikasi pembuat game yang dapat kita gunakan di PC. Setiap aplikasi tentunya memiliki fitur, kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Jadi, silahkan tentukan sendiri aplikasi mana yang akan kalian gunakan untuk membuat game. Yang pasti gunakan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan kita.

Daffa Seseorang yang suka utak-atik hal yang berkaitan dengan teknologi terutama mengenai Android, Komputer, dan Internet.

Aplikasi Antrian

Galan
1 min read

Aplikasi Recovery Data

Galan
2 min read

Aplikasi Gabung Foto

Galan
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *