Galan Hanya untuk bersenang-senang. Ikuti saya di Facebook

Aplikasi Perpustakaan

3 min read

Apa sih fungsi dari aplikasi perpustakaan? Umumnya aplikasi tersebut digunakan untuk menghandle semua kegiatan di perpustakaan, baik manajemen buku, transaksi peminjaman dan pengembalian buku, dan lainnya.

Tentu, software ini sangat dibutuhkan bagi pengelola perpustakaan, baik perpustakaan sekolah maupun desa. Karena jika pengelola perpustakaan tidak melakukan managemen yang baik, alhasil banyak buku yang nantinya hilang.

Bisa hilang karena tidak dikembalikan oleh peminjam atau bisa juga karena hal lain.

Untuk itu, Berakal akan merekomendasikan beberapa aplikasi yang dapat digunakan bagi para pengelola perpustakaan supaya memudahkan dalam mengemban pekerjaannya. Berikut aplikasinya:

1. BIBLIO

BIBLIO

Aplikasi perpustakaan yang kami rekomendasikan pertama kali adalah BLIBIO. Aplikasi ini terbilang sederhana, kaya akan fitur, dan pastinya gratis. Dengan menggunakan BIBLIO, Anda dapat menambahkan item baru dan mengisi detail-detail buku.

Misalnya nomor katalog, nomor indeks, bahasa, judul, subjek, ISBN, penulis, penerbit, koleksi, tahun cetak, tautan, catatan, dan lainnya. Tidak hanya buku, Anda juga dapat menambah item berupa majalah, DVD, CD, kaset, dan juga video.

Nah, jika terdapat anggota yang hendak meminjam buku, Anda dapat menandainya sebagai ‘presensi’. Untuk mendata buku yang dipinjam, cukup masukkan detail nomor katalog, nomor indeks, atau entri lainnya.

Ingin monitoring komputer client? Pakai rekomendasi 8 aplikasi monitoring komputer dari berakal.

Status nya pun dapat di setting menjadi sedang dipinjam, daftar tunggu, atau hanya dibaca dalam perpustakaan.

Untuk anggota, nantinya akan diberi LCN atau nomor anggota. Data-data nya pun dapat di backup dalam file RAR atau di upload ke server.

Sedangkan untuk laporannya, Anda dapat membuat jumlah anggota, item yang ada, anggota dengan tanggungan pinjaman, histori peminjaman, dan lainnya.

Tidak hanya itu, Anda juga dapat memanfaatkan webcam untuk mendeteksi nomor ISBN. Ditambah jika adanya catatan penting, dapat juga ditambahkan pada tab Notebook. Keren bukan?

2. Software Perpustakaan (PS02)

download aplikasi perpustakaan offline gratis

Software Perpustakaan versi PS02 dirancang dan dikembangkan dengan fitur sederhana namun mudah untuk dioperasikan. Pada intinya, software ini lebih mengutamakan kemudahannya daripada kecanggihannya.

PS02 ini memiliki fitur seperti:

  • Mendata buku koleksi perpustakaan.
  • Mendata anggota, baik siswa, mahasiswa, guru, dosen, staff (tergantung software).
  • Cetak label barcode.
  • Cetak kartu anggota.
  • Cetak katalog judul.
  • Cetak katalog pengarang.
  • Cetak label buku.
  • Eksport dan import data dari dan ke MS Excel.
  • Mengatur durasi pinjam.
  • Laporan berisi berbagai data yang terjadi.
  • dll.

Perlu Anda ingat, untuk versi gratisnya hanyalah versi trial, belum full version. Fungsi dari versi trial sendiri yaitu sebagai percobaan. Apakah menu yang tersaji sesuai dengan apa yang Anda butuhkan atau malah sebaliknya. Jika dirasa cocok, Anda dapat membeli lisensi sesuai dengan harga yang ditentukan.

3. LMS

aplikasi perpustakaan sekolah full gratis

Selanjutnya terdapat aplikasi perpustakaan bernama LMS yang hadir dengan desain menarik. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk melakukan registrasi baik buku, murid dan guru, kelompok, dan juga registrasi donatur.

Selain itu, Anda juga dapat melihat atau memantau entri dari buku yang sedang dipinjam. Misalnya saja seperti keterlambatan pengembalian buku.

Nah, Anda dapat mengetahuinya dari tanggal buku yang seharusnya dikembalikan. Jadi, Anda dapat memiminalisir hal-hal yang tidak diinginkan dari buku yang dipinjam.

Ditambah dengan cara membuat laporan yang mudah tentu membuat Anda merasa nyaman saat menggunakan software LMS. Misalnya saja laporan daftar buku yang sedang dibaca atau dipinjam, buku yang dikembalikan, histori atau dafar riwayat, dan lainnya.

Untuk penggunaan aplikasi ini, Anda harus menginstal Microsoft SQL Server terlebih dahulu dan hubungkan dengan LMS. Jangan khawatir, Anda tidak akan dibuat bingung karena telah disediakan petunjuknya.

4. BiblioteQ

BiblioteQ

Aplikasi manajemen perpustakaan bernama BiblioteQ ini mudah digunakan dan tergolong sederhana. Anda dapat memanfaatkan aplikasi ini untuk mengelola buku, jurnal, majalah, CD, DVD, foto, bahkan video game.

Anda juga dapat menambahkan, memodifikasi, menduplikasi, serta menghapus item-item tertentu pada menu.

Jika Anda hendak membuat jurnal, Anda dapat menambahkan ISBN, ISSN, nomor terbit, volume, judul, penerbit, tanggal terbit, dan lainnya.

Jika Anda mengetahui nomor ISSN atau ISBN, dapat langsung mengunduh secara online dari City University of New York Union Catalog.

Anda juga dapat melakukan pencarian data menggunakan ID, kata kunci, kategori, dan judul. Entah itu berupa case sensitive atau case insensitive.

Selain itu, Anda juga dapat melakukan enumerasi data. Misalnya jenis jilid buku, format CD, ratio DVD, region DVD, rating DVD, lokasi, bahasa, platform, video game dan ratingnya.

5. calibre eBook Management

aplikasi perpustakaan sekolah sederhana

Sesuai dengan namanya, calibre eBook Management digunakan untuk mengelola perpustakaan eBook. Maksudnya adalah, Anda dapat membuat perpustakaan eBook sendiri secara gratis.

Nah, buku-buku yang ditambahkan bisa dari file arsip atau hasol dari pencarian ISBN.

Aplikasi ini mendukung banyak sekali format, seperti PDF, EPUB, LIT, HTML, TOPAZ, MOBI, SNB, TEXT, Comics, dan file Word processor. Metadata nya pun dapat diedit secara individual, serta catatan buku juga dapat digabung.

Aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk mencari buku berdasarkan penulis, judul, dan kata kunci dari berbagai toko online. Anda juga dapat mengunduhnya secara langsung dari situs penyedia eBook lho.

Sedangkan fitur yang tersemat dapat Anda gunakan untuk menghapus buku, menyimpan buku dengan format EPUB, terhubung ke iTunes, dan lainnya. Dapatkan segera calibre eBook Management!

6. School Libray System

download aplikasi perpustakaan desa

Untuk manajemen perpustakaan sekolah, kami merekomendasikan School Library System. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat menambah data buku dengan detail seperti nama buku, penerbit, penulis, subjek, ID, dan harga.

Sedangkan untuk menambahkan anggota, yaitu dengan detail seperti nama, usia, kelas, divisi, alamat, dan ID anggota.

Aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk melacak buku yang dipinjam maupun pengembalian buku. Riwayat buku beserta anggotanya pun dapat disunting dan dihapus.

Anda juga dapat membuat laporan seperti laporan seluruh buku, buku yang belum dikembalikan, dan laporan seluruh anggota dengan mudah.

Perlu Anda ketahui, setelah Anda menginstall School Libraray System, maka Anda harus memasukkan ID dan Password.

  • User Name: administrator
  • Password: admin

7. Book Tracker Collector’s Edition

aplikasi perpustakaan pribadi

Book Tracker Collector’s Edition merupakan aplikasi sederhana yang dapat dimanfaatkan untuk mengelola perpustakaan pribadi Anda. Pastinya, Aplikasi ini dapat Anda gunakan secara gratis.

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat menambahkan buku dengan detail seperti kategori, judul, penulis, lokasi, ulasan, dan tebal buku.

Anda juga dapat menambahkan detail ISBN, edisi, nilai, tanggal cetak, tanggal terbit, kondisi, penerbit, rating, dan informasi custom lain.

Nah, jika terdapat buku yang sedang dipinjam kepada anggota, Anda juga dapat menambahkan pada aplikasi beserta tanggalnya. Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi fitur pelaporan yang dapat di custom berdasarkan berbagai paramater.

Misalnya ISBN, penulis, judul, kategori, lokasi, edisi, tanggal cetak, tanggal peminjaman dan pengembalian. Nantinya, Anda dapat menyimpan data sebagai file CSV dan mengimpornya dari file CSV.

Demikianlah 7 aplikasi perpustakaan yang Berakal rekomendasikan untuk keperluan dalam mengelola perpustakaan. Semoga bermanfaat.

Galan Hanya untuk bersenang-senang. Ikuti saya di Facebook

Cara Screenshot Laptop

Manarul
3 min read

Lupa Password Laptop

Manarul
2 min read

Cara Sharing Printer

Manarul
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *