Aplikasi AutoCad Android

Share
Comment 0 reply
Aplikasi AutoCad Android

AutoCad biasanya tersedia untuk laptop atau PC. Namun berkat kemajuan teknologi saat ini AutoCad juga tersedia untuk Android.

AutoCad adalah sebuah aplikasi yang dirancang khusus bagi para Insinyur Sipil ataupun Arsitek guna merancang sebuah bangunan atau desain lainya. Baik dalam bentuk 2D maupun 3D.

Di Android sendiri, kini telah banyak hadir aplikasi serupa dengan garapan Autodesk tersebut.

Tujuanya adalah agar pengguna android dapat dengan mudah dalam mendesain atau menggambar sebuah objek. Baik 2 dimensi atau 3 dimensi dengan sistem CAD tanpa harus menggunakan perangkat komputer.

Berikut daftar rekomendasi aplikasi autocad android terbaik:

1. AutoCAD

AutoCAD Android

AutoCAD adalah salah satu aplikasi terbaik untuk membuat objek 2 dimensi ataupun 3 dimensi dengan sistem CAD. Sebelum dirilis untuk perangkat mobile, aplikasi ini terlebih dahulu sudah populer di perangkat komputer.

Pengembang dibalik suksesnya aplikasi ini yaitu Autdesk. Aplikasi sejenis ini tentu sangat diminati oleh para Arsitek, ahli mesin, ahli listrik, dan Insinyur sipil.

Biasanya para pekerja tersebut memanfaatkan aplikasi ini untuk mendesain objek seperti bangunan, mobil, dan masih banyak lainya.

Aplikasi ini dapat kita gunakan secara gratis selama 7 hari. Apabila kita menggunakan versi premiumnya kita dapat menggunakan berbagai tools unggulan lainnya.

AutoCAD - DWG Viewer & Editor
AutoCAD - DWG Viewer & Editor

2. SketchUp Viewer

SketchUp Viewer

Aplikasi ini dengan versi terbarunya memiliki beberapa tools dan fitur baru. Misalnya saja ukuran tampilan dan fungsi animasi. Aplikasi ini memungkinkan kita untuk belajar dan juga bertukar model.

Model dapat kita unduh secara langsung dari email ataupun cloud. Aplikasi ini memiliki tampilan yang mendukung beberapa gerakan. Kita juga dapat membuat skala dan melihat model dari semua sisi.

Didalam menu kamera, kita dapat mengubah titik fokus dan juga menyesuaikan view. Terdapat juga opsi kamera default yaitu melihat dari atas, samping, dan bawah.

Terdapat juga panel pengaturan yang dapat kita gunakan untuk beralih pandangan, mengaktifkan atau menonaktifkan mode X-Ray.

Dibekali juga dengan alat roulette yang mampu mengukur ukuran benda dengan jeweler’s precision. Untuk dapat menjalankan aplikasi ini kita disarankan untuk memiliki jumlah RAM minimal 1 GB.

SketchUp Viewer
SketchUp Viewer
Developer: Trimble Inc.
Price: Free+

3. Fusion 360

Autocad Android Fusion 360

Fusion 360 merupakan aplikasi AutoCad berbasis cloud. Aplikasi ini dibuat untuk desain teknik dan juga industri.

Fusion 360 menggabungkan semua hal terbaik yang dapat kita ambil dari Inventor, Simulation, Alias, dan produk Autodesk lainya. Dengan aplikasi ini kita dapat merancang semua hal yang kita bayangkan.

Aplikasi ini merupakan solusi yang bagus untuk startup, usaha kecil, innovators, dan juga inventor. Aplikasi ini juga didesain untuk mampu bekerja secara berdampingan dengan Autodesk Fusion 360 untuk PC.

Kita dapat menginstalnya di Android kita secara gratis. Namun untuk dapat menggunakanya kita harus memiliki akun Fusion 360 terlebih dahulu.

Fusion 360
Fusion 360
Developer: Autodesk Inc.
Price: Free

4. eDrawings

eDrawings

Jika kita sedang terlibat dalam pengembangan dan desain gambar. Maka eDrawings dapat menjadi solusi bagi kita. Dengan aplikasi ini kita dapat membawa desain produk kita ke tingkat yang lebih beragam dan inovatif.

Cara menggunakan aplikasi ini juga terbilang cukup mudah. Selain itu aplikasi ini juga akan memunculkan detail ukuran dimana kita bisa mengatur skala yang akan kita gunakan.

Dengan bantuan skala tersebut tentunya kita akan lebih mudah dalam membuat suatu desain.

Aplikasi ini mendukung berbagai file SolidWorks DXF, dan DWG. Selain itu, aplikasi ini juga mendukung drawing sheets dan file dari SolidWorks.

Ditambah, kita juga bisa menambahkan aplikasi ke tampilan 3D untuk pemahaman yang lebih baik tentang gambar kita.

eDrawings
eDrawings
Developer: SolidWorks
Price: $1.99+

5. CAD Pockets

CAD Pockets

Aplikasi Autocad selanjutnya adalah CAD Pockets. Aplikasi ini sangat penting bagi kita yang sedang terlibat dalam arsitektur dan desain. Aplikasi ini mendukung berbagai format.

Selain itu, kita juga dapat membuka file dengan ukuran besar yang dapat diproses dengan cepat. Setelah kita memindai gambar, kita dapat melakukan banyak tindakan.

Seperti edit, membuat label, dan mengekspornya ke file DWF maupun PDF dan membagikannya melalui Email.

Ingin membuat desain rumah sendiri? Pakai rekomendasi software desain rumah terbaik dari kami.

Selain itu, aplikasi ini juga mendukung penyimpanan Cloud, seperti Google Drive dan Dropbox. CAD Pockets juga memungkinkan kita untuk berhubungan dengan pengguna lain. Menariknya lagi aplikasi ini dapat berjalan secara offline.

6. CAD Touch

CAD Touch

Aplikasi AutoCad Android yang pertama adalah CAD Touch. Aplikasi sederhana ini dapat kita gunakan untuk membuat, melihat, dan mengedit file DWG dan DXF.

Aplikasi ini sangat optimal dan memiliki fungsi yang sangat benar dengan penggunaanya yang mudah.

Kita dapat melihat gambar dengan sangat intuitif, dengan dukungan multi-touch interface. CAD Touch versi gratis mendukung format DWG dan DXF standar, serta JPG dan PDF.

Sedangkan CadTouch Pro full version memiliki fungsi dan tampilan yang mirip dengan versi gratis. Namun memiliki fungsi lain yaitu ekspor dengan format DWG, DXF, PNG, dan PDF.

7. GnaCAD

Autocad Android GnaCAD

GnaCAD sendiri merupakan aplikasi AutoCad yang memiliki fungsi yang sama dengan aplikasi lainya. Yaitu untuk membuat desain 2 dimensi ataupun 3 dimensi. Hanya saja aplikasi ini tidak memiliki fitur selengkap aplikasi AutoCad milik Autodesk.

Aplikasi ini memiliki tampilan yang sederhana, sehingga aplikasi ini dapat dengan mudah kita gunakan. Baik bagi para profesional bahkan orang awam sekalipun.

Kerennya lagi aplikasi ini tidak memiliki batasan file. Sehingga kita akan lebih leluasa dalam membuat objek sesuai dengan keinginan kita.

Jika kita khawatir penyimpanan kita tidak cukup, tenang karena aplikasi dapat menyimpan file langsung ke Google Drive.

GnaCAD
GnaCAD
Developer: GnaCAD Developers
Price: Free+

8. Planner 5D

Planner 5D

Dengan menggunakan aplikasi ini kita dapat menciptakan desain eksterior maupun interior dengan realistis baik dalam bentuk 2D maupun 3D.

Tersedia banyak sekali item interior dan eksterior yang dapat kita gunakan secara langsung. Tersedia lebih dari 100 item yang bisa kita gunakan secara gratis untuk membuat sebuah bangunan maupun model lainya.

Cara menggunakannya juga sangat mudah. Kita bisa membuat model 2D kemudian model 3D akan muncul secara otomatis.

Atau bisa juga dengan langsung memasukkan model 3D ke dalam aplikasi tersebut. Menariknya lagi, aplikasi dengan jumlah unduhan yang sudah lebih dari 50 juta kali ini.

Menyediakan fitur Google Cardboard yang mana memungkinkan kita untuk menampilkan desain dengan tampilan yang sangat realistis.

9. DWG FastView

DWG FastView

Aplikasi Autocad Android lain yang bisa kita coba adalah DWG FastView. Aplikasi buatan Gstarsoft ini menjadi salah satu aplikasi Autocad yang sangat mudah digunakan. Kita dapat dengan mudah membuat atau mengedit file dengan format .dwg dan .dxf.

Selain itu jika kita membuat objek berupa 3D, kita bisa melakukan rotasi kamera dengan sudut pandang 360 derajat. Sehingga kita dapat melihat detail rancangan dengan jelas.

Selain mendukung format file DWG dan DXF aplikasi ini juga mendukung format file lain. Seperti OCF, DWS, DWT, BMP, PDF, DOC, DOCX, JPG, PNG, dan masih banyak lainya.

10. AutoQ3D CAD

AutoQ3D CAD

Aplikasi Autocad Android yang terakhir adalah AutoQ3D CAD. Terdapat beberapa fitur yang dapat kita gunakan secara gratis. Namun pada versi premium aplikasi ini memiliki fitur yang lebih baik.

Aplikasi ini juga mendukung berbagai format CAD. Selain itu, dengan tampilannya yang sederhana membuat aplikasi ini sangat mudah untuk digunakan. Terlebih lagi bagi para pelajar yang sedang mendalami ilmu AutoCad.

Itulah 10 aplikasi autocad Android yang bisa kita gunakan untuk mendesain bangunan dan sebagainya.

Setiap aplikasi tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Silahkan gunakan aplikasi yang menurut kalian paling sesuai. Semoga bermanfaat!

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.