Brightness Tidak Berfungsi

Share
Comment 0 reply
Brightness Tidak Berfungsi

Brightness adalah sebuah tingkat kecerahan atau ketajaman sebuah warna dalam sebuah layar, baik layar monitor ataupun layar smartphone.

Semakin cerah suatu warna maka gambar yang dihasilkan akan semakin tajam, begitu juga sebaliknya semakin rendah warna maka gambar yang dihasilkan akan semakin samar atau buram.

Pengaturan Brightness ini sangat penting bagi kita yang bekerja dengan menggunakan laptop atau monitor, karena terang gelapnya cahaya yang dihasilkan dalam monitor akan berpengaruh bagi kita.

Bisa mempercepat atau juga bisa memperlambat, semua tergantung pengaturan brightness yang kita inginkan.

Hanya terkadang, pada beberapa kasus Brightness ini tidak mau berfungsi ketika kita atur, tidak merespon apa yang kita perintah, alhasil stuck dan tidak mau berjalan kecerahan cahayanya.

Penyebab Brightness Tidak Berfungsi

1. Driver VGA Belum Terinstal

Driver adalah sebuah software khusus yang gunanya adalah sebagai penghubung, antara computer dengan hardware, dan hardware ini beragam macam nya, hampir semua hardware pasti membutuhkan driver untuk bisa di hubungkan dengan software yang ada begitu juga dengan brightness.

Brightness atau pencahayaan berkaitan dengan VGA, apabila driver vga belum terinstal dengan baik maka brightnesspun tidak akan berfungsi.

Jadi apabila brightness didalam layar monitor yang kamu miliki belum merespon apa yang kamu perintah, coba cek driver VGAnya sudah terinstal apa belum .

2, Error pada Driver

Menurut IbnuFirnas.com, Terjadi Bug atau error pada driver Vga juga bisa mengakibatkan brightness tidak berfungsi, hal ini bisa terjadi karena pemasangan driver yang kurang sempurna atau terjadi krass dengan hardware yang lainnya.

Hal ini juga bisa mengakibatkan driver yang lain mengalami error termasuk dengan driver vga yang mengatur brightness aau pencahayaan pada sebuah layar.

3. Error di Sistem

Data yang corrupt  menjadi hal yang sering terjadi pada saat penginstalan sebuah driver, tidak hanya terjadi error pada driver data yang corrupt dan membuat file tidak berfungsi juga bisa diakibatkan karena terjadi error pada sistem.

Hal ini bisa kamu cek di pengaturan, atau bisa juga dengan cara mencopot penginstalan kemudian dilakukan install  ulang pada pc.

4. Virus

Virus computer juga bisa menjadi penyebab sebuah aplikasi tidak berfungsi atau mengalami error.

Hal ini bisa terjadi pada semua jenis computer, penyebabnya bisa karena penginstalan aplikasi baru, atau hal hal lain yang tidak terlihat membuat computer kita terkena virus.

Apabila brightness mengalami error karena virus maka yang bisa kamu lakukan adalah mencopot dan menginstal ulang aplikasi brightness tersebut.

Kemudian kembali di install dengan mengganti file instalasi, sehingga tidak terjadi corrupt atau error lagi.

5. Windows Update

Windows Update juga bisa menjadi penyebab brightness tidak berfungsi, hal ini karena driver pada windows yang sebelumnya tidak ikut terinstal secara otomatis, dank arena hal ini mengakibatkan corrupt pada file driver dan membuat beberapa aplikasi tidak berfungsi termasuk brightness.

Cara Mengatasi Brightness Tidak Berfungsi

1 . Open Davice Manager atau klik Windows + X

Open Davice Manager atau klik Windows + X

Untuk mengatasi brightness yang tidak berfungsi kamu bisa dengan masuk device manager terlebih dahulu, bisa dengan klik kanan pada layar depan monitor lalu pilih device managaer atau dengan mengklik tombol Windows +  X  secara bersamaan pada keyboard,

2. Pilih Display Adaptor

Pilih Display Adaptor

Setelah masuk ke Davice Manager kamu bisa memilih Display Adaptor, dimana Display Adaptor adalah tempat untuk mengupdate Driver pada monitor.

3. Pilih Update Driver

Pilih Update Driver Software

Setelah memilih display adaptor anda bisa melihat driver yang anda gunakan pada pc atau computer anda, Driver ini berbeda beda setiap computer, hanya sebagai contoh seperti Digambar disana saya menggunakan driver Virtualbox Graphics, kemudian setelah itu anda bisa mengklik kanan dan pilih update driver.

Karena biasannya brightness yang tidak berfungsi di windows karena driver yang ada belum terupdate atau masih menggunakan versi lama.

4. Pilih Browse My Computer For Driver Software

Browse My Compyter For Driver Software

Ketika ana mengklik update driver software, anda akan melihat pop up dari update driver Virtualbox Graphics.

Ketika muncul pop up update driver Virtualbox Graphics, silahkan pilih browse my computer for driver software.

5. Pilih Let me pick from a list of davice drivers on my computer

Let me pick from a list of davice drivers on my computer

Untuk melakukan pengupdetan software driver, setelah anda mengklik browse my computer for driver software maka akan muncul confirmasi pengupdetan driver, seperti Digambar.

Anda bisa langsung memilih Let me pick from a list of davice drivers on my compute dan kemudian pilih Next untuk melanjutkan tahap selanjutnya.

6. Pilih Microsoft Basic Display Adapter

Microsoft Basic Display Adapter

Setelah anda mengklik Let me pick from a list of davice drivers on my compute maka anda akan mendapat Pop Up konfirmasi update driver kembali.

Silahkan centang  ✔ pada bagian show compatible hardware, dan pilih Microsoft Basic Display Adapter, kemudian pilih Next untuk memulai proses pengupdatean.

7. Tunggu Proses Pengupdatean

Tunggu Proses Pengupdatean

Setelah mengklik Microsoft Basic Display Adapter maka proses update driver sudah sedang berjalan.

Anda hanya perlu menunggu sampai proses update selesai, apabila proses update telah selesai maka anda akan mendapat pop up update driver seperti Digambar.

Lalu pilih Close.

Pelajari juga: Cara Membagi Layar Laptop Menjadi 2

8. Update Driver VGA Terinstal

Update Driver VGA Terinstal

Apabila update Microsoft Basic Display Adapter telah selesai maka selanjutnya kamu bisa langsung mengupdate driver dari VGA yang terinstal di PC kamu.

Seperti di gambar kami menggunakan Intel Virtualbox Graphics Adapter (WDDM), maka tingal pilih next  dan update driver vga.

Tunggu sampe proses update driver vga selesai.

Update Driver VGA Terinstal Selesai

9. Restart Komputer

Apabila Update Driver VGA juga telah selesai, maka akan muncul popup atau jendela system setting change hal ini menandakan bahwa VGA telah diubah pada versi terbaru.

Selanjutnya anda hanya perlu merestart computer anda. dan anda sudah bisa mengatur Brigtness pada computer anda kembali.

Itulah hal yang bisa kamu lakukan untuk bisa memperbaiki brightness yang tidak berfungsi pada computer.

Ada banyak cara sebenarnnya untuk bisa memperbaiki brightness layar yang tidak berfungsi, tapi menurut kami cara diatas adalah cara yang paling simple, dan bisa dipraktekan oleh siapa saja.

Apabila pada saat melakukan perbaikan brightness yang tidak berfungsi dengan mengikuti langkah langkah diatas dan tidak berfungsi, silahkan coment pada kolom komentar yang tersedia, semoga bermanfaat terimakasih.

X CLOSE
Advertisements
X CLOSE
Advertisements
Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.