Cara Aktivasi Windows 10

Share
Comment 38 reply
Cara Aktivasi Windows 10

Hal pertama yang perlu dilakukan setelah melakukan install ulang Windows 10 di komputer yaitu melakukan aktivasi. Tujuan dilakukannya aktivasi yaitu agar kita mendapatkan akses penuh. Jika tidak, maka kita hanya bisa menikmati fitur-fitur yang ada selama 30 hari sejak di install.

Sehingga di artikel ini, secara khusus kami membahas mengenai cara aktivasi Windows 10 melalui lisensi digital. Tetapi sebelum ke langkah tutorialnya, kami akan memberikan sedikit bahasan mengenai kekurangan Windows 10 jika tidak diaktivasi.

Kekurangan Windows 10 yang Tidak Teraktivasi

Hal yang paling terasa ketika Windows 10 tidak diaktivasi yaitu hilangkan fitur-fitur penting yang akan pekerjaan kita terganggu.

Kekurangan Windows 10 yang tidak dilakukan aktivasi terletak pada:

  • Munculnya watermark yang bertuliskan this copy of Windows is not genuine yang terlihat di bagian pojok kanan bawah layar.
  • Kamu tidak bisa mengubah personalize di bagian Settings Windows 10. Personalize berfungsi untuk mengubah tema, lockscreen, wallpaper, dan lainnya. Dengan kata lain, layar desktop kamu hanya akan berwarna hitam.

Nah, sudah jelas kan kekurangan Windows 10 jika tidak diaktivasi segera? Untuk itulah lakukan aktivasi Windows 10 segera dengan panduan tutorial dibawah ini.

Cara Aktivasi Windows 10 (Pro & Home) Secara Permanen

1. Siapkan Lisensi

Langkah pertama yang perlu kita lakukan yaitu mempersiapkan lisensi Windows 10. Untuk mendapatkan lisensi resmi alias tidak ilegal, cara yang paling mudah yaitu dengan membeli lisensi Windows 10 jenis retail.

Lisensi Windows 10 jenis retail ini biasanya banyak ditemukan di marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia, dan Shopee dengan harga berkisar antara Rp100.000 hingga Rp300.000

Bagaimana cara menjamin keaslian lisensi yang dibeli? Sebaiknya kamu membeli lisensi Windows 10 dari penjual yang menawarkan lisensi (Certificate Of Authenticity) atau COA. Biasanya lisensi ini dijual dalam bentuk DVD Box.

Kelebihan lisensi COA ini yaitu bisa digunakan berulang-ulang di komputer yang sama. Sehingga apabila sewaktu-waktu ingin melakukan install ulang Windows 10 lagi, maka tidak perlu membeli lisensi kembali.

Catatan: Pastikan terlebih dahulu bahwa lisensi yang dibeli sesuai dengan jenis Windows 10 yang dipakai di komputer.

2. Hubungkan Komputer ke Internet

Mengapa harus terhubung ke internet? Karena Microsoft perlu melakukan validasi keaslian lisensi terlebih dahulu. Maka dari itu, pastikan komputer terhubung ke jaringan yang cukup stabil sehingga proses aktivasi berjalan sesuai harapan.

3. Buka Menu Update & Security

Berikutnya, silahkan kamu buka menu update & security di komputer. Bagaimana caranya? Klik tombol yang berlogo Windows disisi kiri layar maupu dengan menggunakan menu di keyboard. cara aktivasi windows 10 1

Lalu klik bagian menu Settings. cara aktivasi windows 10 2

Jika sudah berada di dalam menu Settings, kemudian klik Update & Security. cara aktivasi windows 10 3

4. Buka Menu Activation

Ketika sudah berada di Update & Security, proses berikutnya yaitu dengan memilih menu Activation. pilih bagian menu Activation

Kamu akan melihat versi Windows yang terinstall saat ini dibagian “Edition“. Tepat dibagian bawahnya, kamu akan melihat tulisan “Change Product Key“, klik bagian ini. pilih Change Product Key

5. Masukkan Lisensi

Kemudian Copy & Paste lisensi atau product key yang sudah disiapkan di bagian kolom yang tersedia. Ketika lisensi sudah dimasukkan, maka lanjutkan ke tahap berikutnya dengan klik Next. masukkan kode lisensi yang sudah dibeli

6. Proses Validasi Lisensi

Pastikan kembali bahwa komputer kamu terhubung dengan koneksi internet. Di tahap ini, kamu hanya perlu menunggu beberapa saat dan proses aktivasi Windows 10 akan selesai dengan munculnya tulisan “Windows is activatedcara aktivasi windows 10 permanen

Mudah bukan?

Jika kamu masih mengalami kesulitan, jangan sungkan untuk bertanya melalui kolom komentar di bawah ya.

Kesimpulan

Cara diatas merupakan cara aktivasi Windows 10 yang paling aman dan legal.

Walau di luar sana terdapat banyak sekali cara aktivasi yang lebih mudah dan gratis, tetapi kami sarankan kamu untuk melakukan aktivasi dengan langkah ini saja. Karena kebanyakan cara di luar sana menggunakan tools aktivasi yang bisa dibilang berstatus ilegal.

FAQs

Apakah cara aktivasi Windows 10 ini legal?

Iya, cara diatas insyaAllah 100% legal.

Apakah ada cara lain untuk melakukan aktivasi Windows 10?

Ada, tetapi kebanyakan cara yang ada menggunakan bantuan tools aktivasi yang sebetulnya ilegal.

Berapa harga lisensi Windows 10?

Harganya berkisar antara Rp100.000 – Rp300.000

Apakah bisa digunakan untuk Windows 10 versi apapun?

Jawabannya tergantung lisensi yang kamu beli. Sesuaikan dengan versi Windows 10 yang dipakai.

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.