Nur Rahman Seseorang yang suka dengan dunia Fotografi dan Teknologi. Sering memotret momen indah dan mempelajari teknologi terbaru.

Cara Backup Chat Line

2 min read

Cara Backup Chat Line

Line Corporation yang berbasis di Jepang ini merupakan pergantian dari NHN Japan Corporation pada 1 April 2013 silam. LINE adalah salah satu dari banyaknya aplikasi messenger yang sangat populer pada saat ini.

Banyaknya fitur-fitur yang ada didalamnya menarik minat lebih dari warga Indonesia. Pada dasarnya banyak hal yang bisa kita ulas tentang Line. Tetapi pada kali ini Berakal akan membahas tentang cara backup chat Line.

Mengganti Smartphone dikalangan generasi milenial seperti sekarang ini mungkin sudah menjadi hal yang sangat biasa. Dikarenakan harga smartphone yang semakin terjangkau dan didukung dengan berbagai macam fitur yang lebih canggih dari versi-versi sebelumnya.

Akan tetapi memindahkan data dari perangkat lama ke perangkat anda yang baru mungkin memerlukan usaha lebih bahkan bisa menyita waktu.

Banyaknya data yang harus di backup bisa saja membuat anda lupa untuk membackup data percakapan. Yang ada di Aplikasi Messenger yang terinstal di smartphone yang anda miliki.

Untuk anda yang akan mengganti smartphone atau akan mereset perangkat seluler anda. Anda tidak perlu taku kehilangan chat history di Line. Berikut ini beberapa cara untuk menyimpan data percakapan di Line.

Cara Backup Chat di Line (Android)

Cara memindahkan data percakapan mungkin sangat berbeda dengan cara memindahkan data yang berupa file lain seperti konten multimedia atau lainya. Setiap aplikasi Messenger pasti memiliki cara tersendiri untuk memindahkan data percakapanya.

LINE adalah salah satu aplikasi dari beberapa aplikasi messenger yang menyediakan fitur berupa backup dan restore chat.

Pastinya untuk membuat setiap pengguna dari aplikasi ini lebih mudah untuk menyimpan setiap datanya. Dan membuat para pengguna aplikasi ini tidak perlu takut kehilangan data percakapan yang ada pada perangkat yang lama.

Agar data percakapan yang lama tidak hilang pada saat kita akan mengganti aplikasi LINE ke perangkat yang baru. Anda perlu mencadangkan data sebelumnya ke dalam aplikasi Google Drive.

Berikut beberapa cara untuk membackup data percakapan Line anda.

  • Pertama bukalah aplikasi Line yang ada pada perangkat smartphone anda, kemudian pilihlah pada menu paling kanan.
  • Langkah selanjutnya tekan pada menu setting atau simbol roda gigi yang ada di pojok kanan atas.
  • Kemudian carilah opsi chat didalamnya.
  • Setelah itu pilihlah pada tab Back up and restore chat history.cara backup chat line ke hp baru

  • Dan set akun Google Account yang akan anda gunakan sebagai akun untuk membackup data percakapan anda.
  • Langkah terakhir adalah tab pada opsi Back up to Google Drive.

Selain cara diatas anda juga bisa membackup percakapan anda dengan satu orang saja menggunakan cara berikut ini.

Cara Backup Chat Pribadi di Line

  • Pertama masuklah ke dalam percakapan anda dengan teman yang ingin anda backup data percakapannya.
  • Tekanlah pada gambar panah yang ada di sisi kanan atas untuk menemukan Pengaturan Obrolan / Chat Setting.
  • Selanjutnya tekan pada menu Backup Chat History. Anda bisa memilih Backup as a Text File atau Backup All untuk mencadangkan percakapan pribadi anda.cara backup chat pribadi di line
  • Jika anda memilih untuk mencadangkan dengan cara Backup as a Text File. Anda bisa memilih salah satu aplikasi dimana anda akan menyimpan data percakapan tersebut.cara backup chat pribadi line sebagai text
  • Tetapi akan lebih mudah lagi jika anda memilih Backup All. Karena anda akan mendapatkan file dalam bentuk RAR yang akan tersimpan di perangkat smartphone atau di memori eksternal anda.

Mudah bukan? Itulah cara untuk membackup data percakapan yang mungkin bisa saja berisi data yang penting. Seperti percakapan dengan rekan kerja atau dengan keluarga anda.

Bingung saat mau Logout dari line? gunakan cara logout LINE

Lalu bagaimana jika anda ingin mengembalikan atau Restore data percakapan yang sudah di simpan pada Google Drive anda?

Semua orang pasti tidak ingin kehilangan data percakapan yang sudah ada pada perangkat sebelumnya. Yang mungkin bisa saja berisi data yang sangat penting bukan?

Oleh karena itu pada kali ini juga Berakal akan sampaikan cara untuk Restore Chat Line anda.

Cara Restore Chat

Jika semua data percakapan sudah dicadangkan. Anda dapat mengembalikan data tersebut ke dalam perangkat Smartphone baru anda dengan cara. Akses opsi Restore yang ada pada menu yang sama dengan Back up Google Drive.

lebih jelasnya simak langkah berikut ini.

  • Langkah pertama silahkan buka Aplikasi Line yang ada pada perangkat baru anda.
  • Kemudian pilih tab paling kanan.
  • dan pilihlah menu setting atau simbol roda gigi di atas.
  • Tekan pada bagian Chat.
  • Langkah selanjutnya masuklah pada menu Back up and restore chat history.
  • Set Google Account yang akan digunakan untuk me Restore data percakapan anda.
  • Kemudian pilih Restore.
  • Lalu bagaimana cara restore percakapan pribadi anda yang sudah disimpan di aplikasi atau dalam bentuk RAR?Cara Impor chat line lewat email
  • Jika anda menyimpannya didalam aplikasi seperti Gmail. Anda bisa mengimpor data percakapan anda dengan cara masuk ke Pengaturan Obrolan / Chat. 
  • Dan pilihlah Import Chat History setelah itu tekan yes untuk memulai mengimpor data percakapan anda. Tunggu sebentar maka percakapan anda berhasil diimpor.
  • Lalu tekanlah Ok untuk mengakhirinya.

Tetapi jika anda sudah menyimpanya dalam bentuk RAR anda dapat melakukan cara berikut ini.

Setelah anda menjalankan langkah diatas. Semua data percakapan yang sudah anda cadangkan pada perangkat sebelumnya akan kembali. Sehingga anda tidak perlu khawatir jika data pada perangkat sebelumnya hilang.

Mungkin ini yang bisa Berakal sampaikan mengenai cara backup chat di Line. Semoga anda tidak bingung lagi jika akan mencadangkan / mengembalikan pesan-pesan didalam aplikasi Line.

Nur Rahman Seseorang yang suka dengan dunia Fotografi dan Teknologi. Sering memotret momen indah dan mempelajari teknologi terbaru.

Lupa Password Yahoo

Manarul
1 min read

Cara Membuat Channel Youtube

Manarul
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *