Galan Seseorang yang suka membaca, menulis, dan melakukan hal yang berkaitan dengan Dunia Teknologi. Saat ini menjadi SEO Editor di Berakal.com

Cara Cek Garansi iPhone

2 min read

Cara Cek Garansi iPhone

Zaman sekarang banyak beredar iPhone palsu di pasaran. Maka dari itu penting untuk melakukan cek garansi iPhone sebelum membeli untuk memastikan keasliannya. Memang anda dituntut agar lebih jeli dalam membedakan antara iPhone yang asli dengan yang palsu.

Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk memastikan keasliannya adalah dengan mengecek IMEI. Namun, mengecek IMEI saja pun ternyata tidak cukup, Anda juga harus melakukan cek garansi iPhone. Terdapat beberapa jenis garansi iPhone yang beredar di pasaran, apa saja itu?

Jenis-Jenis Garansi iPhone

Sebelum mengulas cek garansi iPhone, kenali terlebih dahulu jenis-jenis garansi yang ada.

1. Garansi Internasional

Jenis garansi ini terbilang paling fleksibel. Mengapa demikian? Ketika Anda memiliki iPhone dengan garansi intersional, maka Anda dapat mengklaim garansi iPhone di authorized reseller Apple di seluruh dunia.

2. Garansi Resmi

Garansi ini resmi diberikan oleh pihak Apple kepada perusahaan atau distributornya pada suatu negara. Di Indonesia sendiri, distributor resmi akan memberikan garansi bagi pengguna Apple asli dalam jangka waktu tertentu.

3. Garansi Distributor

Garansi distributor berbeda dengan garansi resmi, garansi ini diberikan oleh distributor yang memasukkan produk secara tidak resmi.

Garansi ini tidak ditanggung oleh distributor yang memasukkannya ke Indonesia. Dalam artian, Anda hanya dapat melakukan garansi ke pihak distributor, bukan ke center resmi Apple.

Umumnya, harga yang ditawarkan oleh distributor ini terbilang lebih murah. Namun, kejelian Anda dalam membeli harus Anda perhatikan betul-betul. Pasalnya, banyak iPhone rekondisi atau refurbish yang mengatasnamakan garansi distributor.

Belum pernah cek IMEI iphone? Baca caranya di artikel cara cek imei iphone

4. Garansi Toko atau Penjual

Sedangkan untuk garansi jenis ini, biasanya berlaku untuk Apple palsu, KW, Black Market, refurbish, atau supercopy.

Garansi ini biasanya terjadi berdasarkan kepercayaan antara si penjual dan pembeli, dan umumnya hanya diberi garansi selama 1 bulan.

Harganya pun terbilang lebih murah dibanding iPhone bergaransi resmi. Apabila terjadi kerusakan saat masih terdapat garansi, maka reputasi toko akan lebih baik jika si penjual bertanggung jawab.

Cek Jenis Garansi iPhone di Indonesia

Berikut penjelasan dari beberapa iPhone yang dipasarkan luas di Indonesia.

1. iPhone garansi internasional

iPhone jenis ini dapat Anda beli di negara lain atau saat mengikuti pre-order. Umumnya, iPhone jenis ini adalah unlock. Walaupun bergaransi internasional, terkadang Anda tidak dapat melakukan garansi selain negara asal tempat Anda membeli.

2. iPhone garansi resmi

Rasanya kurang tepat jika disebut sebagai garansi resmi, karena Apple tidak memiliki pabrik di Indonesia. Maka dari itu, garansi resmi ini diberikan oleh distributor ‘resmi’ Apple yang ada di Indonesia.

Namun, Anda tetap harus berhati-hati, karena tidak semua distributor itu resmi. Kejelian Anda saat membeli memang benar-benar diperlukan.

3. iPhone refurbish

iPhone refurbish yaitu rekondisi yang dilakukan oleh pihak Apple sendiri. Garansinya resmi dan full, namun mesin yang yang digunakan bekas atau gagal produksi.

4. iPhone rekondisi

iPhone rekondisi adalah iPhone dalam bentuk sparepart bekas yang dipugar ulang sehingga tampak baru. Biasanya, iPhone jenis yang sudah tidak laku di luar negeri, misal iPhone CDMA, 4, 4S, dan 5.

Umumnya, iPhone ini diberikan garansi oleh distributor selama 1 tahun.

5. iPhone rekondisi Black Market

Berbeda dengan iPhone rekondisi, iPhone rekondisi Black Market hanya diberi garansi selama 1 bulan. Harga yang ditawarkan lebih murah dibanding iPhone distributor, dan dipasarkan dengan kondisi apa adanya.

6. iPhone supercopy dan KW

Material yang termuat dari iPhone ini umumnya terbuat dari bahan plastik. Selain itu, sistem operasinya bukan menggunakan iOS, melainkan Android.

Cara Cek Garansi iPhone

Setelah mengetahui jenis garansi dan jenisnya, berikut langkah untuk melakukan cek garansi:

  • Masuk ke menu Settings di iPhone Anda.
  • Selanjutnya pilih menu General.
  • Setelah itu pilih About.
  • Nantinya layar akan menampilkan serial number iPhone.
  • Kemudian peri ke link ini untuk membuka official Apple, dan ketikkan serial number Anda.
    cek imei iphone resmi

  • Lanjut dengan memasukkan negara Anda, kemudian pilih See your service and support coverage yang terdapat di menu Service and Repair.
  • Jika sudah, maka layar akan menampilkan detail dari garansi Anda.

Disitu akan terlihat jelas berbagai macam informasi dari iPhone yang Anda gunakan. Baik dari tanggal pembelian hingga masa berlaku garansi.

Tips dalam Membeli iPhone

Maraknya kasus iPhone ‘palsu’ tentu sangat mengkhawatirkan. Maka dari itu, lakukan cara di bawah ini untuk memastikan keasliannya:

  • Periksa garansi iPhone seperti cara di atas.
  • Beli secara offline di distributor resmi Apple atau di toko virtual.
  • Bukalah dusbook di tempat Anda beli, lakukan cek keaslian dengan petugas toko.
  • Cek kartu garansi yang termuat dalam dusbook.
  • Cocokkan IMEI yang terdapat di sistem dan dusbook dengan yang ada di body iPhone.

Demikian cara cek garansi iPhone untuk memastikan keasliannya. Selalu jeli dalam membeli dan selamat mencoba.

Galan Seseorang yang suka membaca, menulis, dan melakukan hal yang berkaitan dengan Dunia Teknologi. Saat ini menjadi SEO Editor di Berakal.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *