Daffa Seseorang yang suka utak-atik hal yang berkaitan dengan teknologi terutama mengenai Android, Komputer, dan Internet. Saat ini menjadi Content Manager di Berakal.com

Cara Cek HP Asus

3 min read

Cara Cek HP Asus

Untuk mengetahui kualitas HP Asus yang kita miliki. Kita dapat melakukan cek HP Asus dengan beberapa cara.

Ketika kita akan membeli HP baru. Hal pertama yang harus kita lakukan adalah mengecek kualitas dan performa HP tersebut secara keseluruhan.

Cek HP tidak hanya berlaku untuk HP bekas saja. Namun, HP baru juga tidak menutup kemungkinan mengalami gagal produksi.

Asus sendiri telah menyediakan fitur SMMI Test, yaitu sebuah fitur khusus yang berisi serangkaian test untuk mengusiji HP tersebut.

Namun sayangnya, masih banyak pengguna Asus yang belum tahu dan belum bisa menggunakan fitur tersebut.

Cara Cek HP ASUS

Fitur SMMI Test ini dapat kita jalankan dengan menggunakan aplikasi kalkulator. Yah, memang mungkin terdengar aneh. Karena biasanya HP lain menggunakan aplikasi dial atau panggilan untuk menggunakan kode tertentu.

Cara menggunakan kode rahasia Asus:

  1. Buka aplikasi kalkulator pada Asus Zenfone kita.
  2. Setelah itu masukkan kode (.12345+=) tanpa tanda kurung.cara cek hp asus di kalkulator

  3. Sekarang jendela SMMI Test telah terbuka, Terdapat beberapa opsi yang dapat kita tes. Namun untuk lebih mudahnya kita bisa memilih Autorun.
  4. Buka menu yang ada di pojok kanan atas. Setelah itu pilih Start Autorun.smii test
  5. Nah disini kita tinggal mengikuti semua instruksi yang diberikan.

Atau jika kita ingin mencoba melakukan tesnya satu demi satu. Berakal akan menjelaskan tiap bagianya.

Opsi Test HP Asus

  • Battery Test, digunakan untuk mengetes performa baterai pada perangkat HP Asus tersebut. Tes ini sangat penting mengingat baterai adalah salah satu komponen yang sangat penting pada sebuah HP. Kita bisa melihat apakah baterai masih layak digunakan atau sudah boros.
  • Touch Test, dapat kita gunakan untuk mengetahui kualitas dari layar sentuh Asus Zenfone kita. Fitur ini akan mengetes responsive layar sentuh kita. Apakah responnya cepat saat disentuh. Jika iya maka layar sentuh HP Asus tersebut masih dalam keadaan baik.
  • WifiBus Test, fitur tes yang digunakan untuk menguji jaringan WiFi. Apakah jaringan WiFi tersebut masih berfungsi dengan baik atau tidak. Saat melakukan tes ini, sebaiknya kita coba WiFi yang ada di sekitar kita. Atau bisa juga dengan tethring dengan menggunakan HP lainnya.
  • Receiver Test, fitur ini akan memberikan tanda adanya sebuah penerimaan. Sehingga jika kita menekan tombol reciever tersebut maka HP Asus kita akan secara otomatis mengeluarkan bunyi. Perhatikan bunyi tersebut, jika terdengar nyaring dan tidak ada suara noise atau krusuk-krusuk. Berarti Asus Zenfone tersebut dalam kondisi baik.
  • Vibrator Test, vibrator dalam bahasa Indonesia berarti getaran. Nah, fitur ini memang digunakan untuk melakukan tes terhadap komponen getar di HP kita. Jika kita menekan tombol tersebut maka secara otomatis HP akan terus bergetar. Rasakan getaran tersebut, jika getaran tersendat-sendat berarti ada masalah pada komponen getar.
  • Dimming Test, kondisi layar HP disaat HP tersebut sedang tidak digunakan. Jika opsi tersebut kita tekan maka akan muncul tiga warna pokok, yaitu merah, hijau, dan biru. Jika pada saat warna tersebut muncul lalu kita menyentuh bagian layar maka layar Asus Zenfone kita akan meredup. Yang mana artinya fitur tersebut masih berfungsi dengan semestinya.
  • MainCamCapture Test, fitur yang digunakan untuk melakukan tes pada kamera utama Asus Zenfone. Jika kita tekan maka akan secara otomatis kita dialihkan ke kamera utama. Ambil beberapa gambar dengan kamera utama untuk mengujinya.
  • GSensor Test, fitur ini digunakan untuk melakukan pengecekan terhadap komponen sensor gravitasi. Sensor gravitasi ini biasa digunakan untuk menyesuaikan tampilan layar dengan kondisi atau posisi HP. Jika HP berdiri tegak maka posisi layar potrait atau tegak lurus. Namun jika posisi HP miring maka tampilan layar akan landscape. Fitur sensor ini juga sekarang banyak digunakan di berbagai game seperti game mobil bahkan PUBG.
  • Sleep Test, fitur ini berfungsi untuk melakukan tes apakah fungsi sleep pada saat HP tidak digunakan berfungsi atau tidak.
  • Speaker Test, digunakan untuk mengecek kejernihan suara dari speaker Asus tersebut. Jika kita menekan tombol ini maka secara otomatis akan terdengar suara. Perhatikan dengan baik suara yang keluar, apakah masih jernih dan enak didengar atau tidak.
  • HeadsetKey Test, sebuah ospi untuk menguji tombol yang ada di Asus kita. Setelah kita menekan tombol tersebut selanjutnya tekan semua tombol fisik yang ada di HP. Mulai dari tombol power, tombol volume atas, tombol volume bawah, tombol home, dan tombol back. Tes satu demi satu tombol tersebut.
  • VGACamCapture Test, berfungsi untuk melakukan tes pada kamera sekunder atau kamera depan. Ambil beberapa gambar untuk menguji kualitas kamera depan.
  • BoardMic Test, digunakan untuk mengetes mikrofon Asus. Setelah menekan opsi tersebut coba untuk mengucapkan beberpa kata untuk direkam. Setelah itu dengarkan suara hasil rekaman tersebut. Apakah suara yang dihasilkan terdengar jelas atau tidak.
  • CameraFlash Test, digunakan untuk melakukan tes terhadap lampu flash yang ada di kamera belakang. Apakah flash tersebut masih menyala dengan baik atau tidak.
  • LightSensor Test, berfungsi untuk melakukan tes terhadap kemampuan sensor cahaya.
  • ECompass Test, dapat kita gunakan untuk menguji kemampuan sensor kompas.
  • Display Test, berguna untuk mengetahui apakah ada kebocoran pada layar atau tidak. Jika terdapat bintik kecil, berarti layar HP kita terdapat kerusakan.
  • Proximity Test, untuk mengetes sensor jarak yang terdapat di bagian depan HP kita. Kita dapat mengetesnya dengan mendekatkan dan menjauhkan tangan kita ke layar HP Asus tersebut.
  • SdCard Test, digunakan untuk mengetes tempat pemasangan SD Card. Apakah tempat SD Card berfungsi atau tidak.
  • SIMCard Test, digunakan untuk mengetes tempat pesangan kartu SIM. Jika terdapat kerusakan di bagian ini maka mungkin kita tidak akan bisa menggunakan kartu SIM di HP tersebut.

Opsi Test Headset Asus

  • Headset Test, berguna untuk menguji speaker yang ada di earphone atau headset kita. Jika suaranya terdengar dengan jelas berarti tidak ada masalah pada headset kita.
  • HeadsetMic Test, berguna untuk menguji mikrofon yang ada di headset. Sama seperti mengetes mikrofon yang ada di HP, kita tinggal mengucapkan beberapa kata.
  • HeadsetKey Test, digunakan untuk menguji yang ada di tombol headset. Misalkan tombol volume dan tombol lainnya.

Cara tersebut dapat kita gunakan di semua tipe HP Asus. Seperti Zenfone Go, Zenfone Max Pro M1, Zenfone Live, dan tipe lainnya.

Hanya saja mungkin akan terdapat perbedaan tampilan dengan screenshot yang berakal berikan diatas.

Ingin flash Asus Zenfone kamu? Gunakan cara flash Asus Zenfone 4 yang pernah Berakal ulas.

Cek HP Asus kita menggunakan cara diatas dengan teliti. Jangan sampai ada kerusakan yang dapat berakibat fatal.

Daffa Seseorang yang suka utak-atik hal yang berkaitan dengan teknologi terutama mengenai Android, Komputer, dan Internet. Saat ini menjadi Content Manager di Berakal.com

Cara Membuat Game Android

Manarul
2 min read

Cara Membuat Akun Mi

Nur Rahman
2 min read

Cara Ganti Font Xiaomi

Nur Rahman
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *