Daffa Seseorang yang suka utak-atik hal yang berkaitan dengan teknologi terutama mengenai Android, Komputer, dan Internet. Saat ini menjadi Content Manager di Berakal.com

Cara Cek HP Oppo

2 min read

Cara Cek HP Oppo

Disaat kita akan membeli HP Oppo baru atau bekas, alangkah baiknya kita mengecek terlebih dahulu kondisinya. Cara cek HP Oppo dapat kita lakukan dengan menggunakan kode tertentu.

Selain kondisi fisik dan kelengkapan, sebelum membeli HP sebaiknya kita juga mengecek semua komponen yang ada. Oppo sendiri menyediakan sebuah kode rahasia yang berguna untuk melakukan tes terhadap semua komponen hardware HP.

Kode rahasia sebenarnya bukanlah hal yang baru lagi. Banyak dari pengguna Oppo yang sudah tahu tentang kode ini. Mereka biasa menggunakan kode ini karena hasil yang didapatkan sangat akurat.

Selain digunakan utuk cek kondisi komponen HP. Kode ini juga dapat kita gunakan untuk cek keaslian Oppo. Sehingga dengan begitu kita dapat mengetahui apakah HP Oppo yang kita gunakan asli atau Replika.

Cara Cek HP Oppo dengan Kode Rahasia

Kode rahasia sendiri biasa disebut dengan Engineer Mode. Nah, dengan menggunakan kode ini kita dapat melakukan cek Oppo layaknya kita seorang Engineering dari perusahaan Oppo.

Cara cek Oppo bekas:

  1. Jalankan aplikasi dial up pada HP Oppo kita.
  2. Setelah itu masukkan kode *#800#.Cara Cek HP Oppo dengan Kode Rahasia

  3. Setelah kode tersebut kita masukkan. Maka secara otomatis akan muncul Engineer Mode. Disana kita dapat melakukan tes berbagai komponen.
  4. Selanjutnya uji semua menu yang ada dengan teliti. Menu tersebut dibagi menjadi beberapa kategori sehingga memudahkan kita untuk mengetesnya.

Menu Engineering Mode Oppo

Menu Engineering Mode Oppo

Untuk lebih jelasnya lagi, berakal akan menjelaskan apa saja fungsi dari menu-menu tersebut.

  1. Receiver Test, disini kita dapat mendengarkan suatu bunyi yang menandakan bahwa terdapat notifisikasi pemberitahuan pada HP Oppo. Dengar baik-baik suara yang keluar, jika suaranya enak didenger berarti komponen ini dalam kondisi baik.
  2. Bluetooth Test, adalah sebuah menu untuk menguji koneksi Bluetooth dalam mengirim atau menerima file. Fitur ini akan secara otomatis berjalan saat kita menekannya.
  3. FM Test, digunakan untuk mengecek kondisi pemancar gelombang radio. Pemancar tersebut digunakan untuk menangkap sinyal radio. Dengarkan suara yang keluar dari gelombang radio yang tertangkap.
  4. Camera Test, berguna untuk menguji kamera utama. Pada menu ini, kita dapat mencoba semua fitur pada kamera utama. Kita juga dapat mengambil beberapa foto lalu lihat hasilnya. Jika hasil foto baik maka kualitas kamera masih baik.
  5. SIM Card Test, berguna untuk mengetes kuningan kartu SIM Oppo.
  6. Vibration Test, digunakan untuk mengecek getaran yang dihasilkan oleh HP kita. Rasakan getaran tersebut dengan baik. Jika getaran tersendat-sendat berarti ada masalah pada komponen getar di HP Oppo kita.
  7. Speaker Test, digunakan untuk menguji kejernihan suara yang dihasilkan oleh speaker HP Oppo kita. Perhatikan suara yang keluar dengan baik, apakah suara terdengar jernih atau tidak.
  8. Headset Test, berguna untuk menguji suara dari headset Oppo. Jika suara yang dihasilkan jernih berarti tidak ada masalah pada headset dan port headset tersebut.
  9. Battery Test, digunakan untuk menguji kesehatan baterai Oppo. Pada menu ini akan muncul informasi yang akurat mengenai penggunaan baterai dan persentase kerusakan baterai.
  10. WiFi Test, berguna untuk menguji fitur WiFi yang ada di HP Oppo kita. Kita bisa mencoba untuk menghubungkannya dengan jaringan WiFi yang ada di sekitar kita.
  11. LCD Test, digunakan untuk mengecek kesehatan LCD terutama pada bagian kontras warna LCD. Jadi pastikan warna yang dihasilkan dalam kondisi baik.
  12. GPS Test, berfungsi untuk melakukan pengujian terhadap keakuratan sinyal GPS HP tersebut.

Kode Rahasia Oppo

Selain kode rahasia diatas terdapat juga beberapa kode rahasia lain yang dapat kita gunakan untuk melakukan pengecekan HP Oppo.

  • *#1234# berguna untuk menampilkan informasi firmware.
  • *#809# berguna untuk menampilkan engineering test mode gema.
  • *#06# berguna untuk mengecek nomor IMEI HP Oppo.
  • *#802# berguna untuk Rekayasa test mode GPS TTFF.
  • *#803# berguna untuk uji jaringan rekayasa.
  • *#07# berguna untuk test history.

Diantara semua kode tersebut, kode yang paling banyak digunakan yaitu *#06#, yaitu kode yang digunakan untuk cek IMEI. Dengan nomor IMEI kita dapat mengetahui keaslian dan juga asal negara HP Oppo kita dibuat.

Ingin mengetahui cara screenshot Oppo? Baca cara screenshot Oppo.

Cara cek HP Oppo diatas dapat digunakan di semua tipe Oppo. Mulai dari Oppo a3s, a37f, a71, f3, f5, dan tipe lainnya.

Daffa Seseorang yang suka utak-atik hal yang berkaitan dengan teknologi terutama mengenai Android, Komputer, dan Internet. Saat ini menjadi Content Manager di Berakal.com

Cara Membuat Game Android

Manarul
2 min read

Cara Membuat Akun Mi

Nur Rahman
2 min read

Cara Ganti Font Xiaomi

Nur Rahman
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *