Daffa Seseorang yang suka utak-atik hal yang berkaitan dengan teknologi terutama mengenai Android, Komputer, dan Internet. Saat ini menjadi Content Manager di Berakal.com

Cara Cek HP Xiaomi

2 min read

cara cek hp xiaomi

Sebelum membeli HP lebih baik kita mengecek kondisinya terlebih dahulu. Cara cek HP Xiaomi dapat kita lakukan mulai dari pengecekan fisik hingga sistem.

Xiaomi merupakan salah satu brand smartphone yang saat ini sangat populer di Indonesia. Di Indonesia sendiri Xiaomi dapat bersaing dengan merk lain yang cukup besar seperti Samsung atau bahkan iPhone.

Xiaomi memang terkenal dengan harganya yang murah dengan spesifikasinya yang sangat baik. Maka tidak heran jika masyarakat saat ini lebih memilih untuk menggunakan smartphone Xiaomi ketimbang merk lainnya.

Nah, untuk kita yang memilih untuk membeli HP Xiaomi, apalagi jika kita membeli HP bekas. Maka kita harus ekstra teliti waktu melakukan pengecekan. Karena yang namanya HP second, kita tidak tahu apakah ponsel tersebut masih normal atau tidak.

Cek Bagian Fisik HP

Cek Bagian Fisik HP

Cara pertama yang sangat simpel untuk dilakukan yaitu dengan melakukan pengecekan terhadap fisik HP tersebut. Bagi sebagian orang mungkin keadaan fisik tidaklah penting, namun tidak ada salahnya jika kita juga memperhatikan bagian luar HP.

Seperti bagian body belakang, samping, tombol power, tombol volume, dan lain sebagainnya. Berikut detail bagian fisik yang perlu kita cek:

  • LCD: Yang pertama adalah layar HP, pastikan layar HP tersebut dalam keadaan bersih, tidak ada retak atau bahkan pecah. Selain itu bagian touchscreen juga harus kita pastikan dalam keadaan normal. Saat layarnya kita sentuh pastikan masih responsive, dan tidak loncat kemana-mana.
  • Body: Body HP sebisa mungkin tidak terdapat retak atau pecah. Jika terdapat lecet pemakaian itu masih wajar.
  • Tombol: Tombol HP juga sangat penting untuk kita periksa. Tombol yang ada baik berupa tombol power atau volume harus kita pastikan bekerja dengan normal.
  • Cek Segel: Segel merupakan bagian penting dari HP. Sebaiknya kita jangan membeli HP dengan segel yang sudah rusak. Karena kemungkinan besar HP tersebut sudah pernah dibuka.

Cara Cek HP Xiaomi dengan Mode Engineering

Cara Cek HP Xiaomi dengan Mode Engineering

Setelah kita selesai mengecek keadaan fisik dari HP Xiaomi tersebut. Selanjutnya kita memanfaatkan mode Engineering untuk memeriksa sistem dari HP Xiaomi.

Cara ini dapat kita lakukan di semua tipe HP Xiaomi. Mulai dari redmi 3, redmi 4, redmi 4x, redmi 5a, redmi note 5a, redmi 6a, mi a1, dan tipe Xiaomi lainnya.

Di mode Engineering ini kita dapat mengetahui bahwa hardware dari HP tersebut masih normal atau tidak.

Caranya cukup mudah buka menu Dial Pad kemudian masukkan kode *#64663#*#*. Maka secara otomatis kita akan masuk kedalam mode Engineering.

Untuk kamu yang ingin mengoprek Xiaomi kamu. Baca artikel tentang fastboot xiaomi yang pernah kami bahas.

Setelah itu akan muncul banyak sekali menu yang keluar. Disana kita dapat memilih satu demi satu perangkat mana yang akan kita test.

  • Keypad: Berguna untuk mengecek fungsi tombol pada HP Xiaomi. Termasuk tombol power, volume up, volume down, back, home, dan menu.
  • Backlight: Berguna untuk mengecek apakah layar HP dapat meredup atau tidak. Dengan kata lain fitur ini berfungsi untuk melakukan pengecekan pada kecerahan layar HP.
  • LCD: Fitur untuk mengecek warna pada layar. Cara kerja fitur ini yaitu dengan menampilkan warna primer seperti merah, hijau, dan biru.
  • Touchpal: Berfungsi untuk mengecek apakah layar sentuh bekerja dengan normal atau tidak. Melalui fitur ini kita akan diperintahkan untuk menggeser jari kita ke salah satu sisi layar. Kemudian bergeser ke sisi lain secara keseluruhan. Test ini sangat wajib kita jalankan, karena apabila hasil test menyatakan gagal, berarti terdapat kerusakan pada layar sentuh.
  • Led Indicator: Berfungsi untuk mengecek lampu notifikasi yang terletak di bagian tengah body HP Xiaomi.
  • Battery : Berguna untuk melakukan pengecekan baterai. Bagian ini sangatlah penting untuk kita cek, jadi jangan sampai terlewat yah!.
  • Bluetooth: Disini HP akan secara otomatis mendeteksi apakah ada error dengan bluetooth tersebut atau tidak.
  • GPS: Sama halnya dengan Bluetooth, pengecekan GPS akan berjalan secara otomatis.
  • Speaker: Pada fitur test Speaker, kita akan diberi sekitar 3 atau 4 jenis suara yang berbeda-beda. Mulai dari suara percakapan, musik dan ringtone. Pastikan semua suara yang keluar dari speaker normal dan tidak ada suara kemresek.
  • Proxymity Sensor: Berfungsi untuk mendeteksi gerakan pada HP Xiaomi.
  • Gyro Sensor: Berguna untuk mendeteksi pergerakan layar berdasarkan gravitasi. Fitur ini sangat penting bagi para pemain game dengan mode Gyro.
  • MiuiMainCamera and FrontCamera: Berfungsi untuk mengecek keadaan kamera pada HP Xiaomi. Baik itu kamera depan dan kamera belakang.
  • Headset: Berguna untuk melakukan tes pada headset dan port headset itu sendiri.

Itulah bagaimana cara cek HP Xiaomi yang dapat kita lakukan dengan mudah. Lakukan pengecekan dengan teliti, jangan sampai ada kerusakan yang bisa berakibat fatal.

Daffa Seseorang yang suka utak-atik hal yang berkaitan dengan teknologi terutama mengenai Android, Komputer, dan Internet. Saat ini menjadi Content Manager di Berakal.com

Cara Membuat Game Android

Manarul
2 min read

Cara Membuat Akun Mi

Nur Rahman
2 min read

Cara Ganti Font Xiaomi

Nur Rahman
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *