Cara Flash Oppo R831K

Share
Comment 0 reply
Cara Flash Oppo R831K

Tanpa harus membawa ke konter handphone, cara flash Oppo R831K kini dapat Anda lakukan secara mandiri.

Metode flash biasanya dilakukan saat hp mengalami masalah serius, yang mana sudah tidak dapat diatasi melalui hard reset.

Umumnya, permasalahan yang dialami yaitu lupa pola, error wipe data and cache failed, bootloop, dan lebih parahnya matot alias hp mati total.

Jika sudah begini, flashing memang menjadi solusi tepat untuk mengembalikan performa hp Oppo R831K supaya dapat bekerja secara semestinya.

Persiapan dan Bahan Flash Oppo R831K

  1. Sebelum memulainya, pastikan Anda telah mempersiapkan segala sesuatunya seperti berikut:
  2. Pastikan baterai smartphone Anda terisi minimal 70%. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi baterai habis saat melakukan flashing. Karena jika mati, bukan tidak mungkin kondisi hp semakin terancam.
  3. Persiapkan PC atau laptop dengan sistem operasi Windows.
  4. Persiapkan juga kabel USB untuk menghubungkan hp dengan PC atau laptop. Usahakan untuk menggunakan kabel USB original atau bawaan dari Oppo R831K.
  5. Download software SP Flash Tool (silahkan pilih versi terbaru).
  6. Download Firmware Oppo R831K. Perlu Anda ketahui, ukurannya terbilang besar, yaitu 570 MB. Nantinya, jika diminta untuk memasukkan password, silahkan ketikkan: oppo1
  7. Download USB Driver MT65xx.
  8. Apabila memungkinkan, silahkan lakukan backup terlebih dahulu sebelum memulai proses flash.

Cara Flash Oppo R831K via SP Flash Tool

Sekarang kita masuk ke cara flashingnya, kamu butuh ketelitian agar proses berjalan dengan lancar dan tidak menimbulkan banyak hal yang tidak diinginkan.

Untuk memulai cara flash OPPO, pastikan kamu sudah mempersiapkan beberapa hal seperti yang sudah aku sampaikan di atas.

Ekstrak terlebih dahulu file dalam bentuk RAR yang sudah di download. Lalu ikuti langkah dibawah ini.

Cara Flash Oppo R831K dengan Mudah:

  1. Kami asumsikan Anda telah mendownload semua bahan seperti di atas.
  2. Silahkan ekstrak semua file dengan jenis RAR, termasuk SP Flash Tool.
  3. Selanjutnya, install USB Driver. Jika telah terinstall pada PC atau laptop, lewati tahap ini.
  4. Kemudian, buka folder Flashtool yang telah Anda ekstrak. Silahkan klik kanan pada flash_tool.exe dan pilih Run as administrator.cara flash oppo r831k matot

  5. Nah, saat SP Flash Tool berjalan, klik menu Download Agent yang terdapat di sebelah kanan atas.cara flash oppo r831k tanpa pc
  6. Nantinya, akan muncul popup jendela Windows Explorer. Silahkan pilih folder MTK All in One dan silahkan klik Open.cara flash oppo r831k via flashtool tested
  7. Lalu, klik tombol Scatter-loading (di bawah Download Agent) dan buka folder firmware Oppo R831K yang telah Anda unduh sebelumnya.
  8. Setelah itu, cari file dengan nama MT65xx_Android_Scatter dan klik Open.download firmware oppo neo 3 r831k original
  9. Saat file scatter berhasil dimuat, maka Anda akan melihat beberapa baris file dalam Flash Tool. Nah, pada baris tersebut, silahkan hilangkan tanda centang di bagian PRELOADER dan UBOOT. Cara flash yang satu ini berlaku saat Oppo R831K Anda masih menyala namun terkena bootloop.file scatter
  10. Namun, jika kondisi hp mati total, maka biarkan semua file tercentang.
  11. Jika sudah, silahkan klik tombol Download yang telah ditandai dengan panah berwarna hitam seperti gambar di atas.
  12. Lanjut ke smartphone, silahkan matikan ponsel Anda terlebih dahulu. Jika baterai masih terpasang, sambungkan kabel USB tanpa menekan apapun.
  13. Apabila baterai tidak terpasang, hubungkan smartphone ke PC dan tekan Volume Up hingga muncul notifikasi pemasangan driver pada layar smartphone.
  14. Saat driver telah berhasil mendeteksi ponsel, maka akan terlihat bar berwarna kuning yang menandakan proses flashing sedang berlangsung.proses flashing berjalan
  15. Terakhir, tinggal tunggu proses flashing hingga selesai. Jika berhasil, maka akan muncul notifikasi yang menandakan sukses seperti gambar berikut.berhasil

Sekarang, Anda dapat mencabut smartphone dari PC dan silahkan untuk menghidupkan ponsel. Namun jangan kaget, proses booting pertama dapat memakan waktu sekitar 10 hingga 15 menit.

Apabila telah menyala, silahkan lakukan pengaturan dasar pada smartphone Anda.

Demikianlah cara flash Oppo R831K via SP Flash Tool yang dapat dilakukan sendiri dengan mudah.

Dengan begini, Anda juga dapat menekan biaya pengeluaran dalam memperbaiki hp yang diharuskan untuk dilakukan flash di konter handphone.

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.