Daffa Seseorang yang suka utak-atik hal yang berkaitan dengan teknologi terutama mengenai Android, Komputer, dan Internet. Saat ini menjadi Content Manager di Berakal.com

Cara Melacak HP Samsung

3 min read

Cara Melacak HP Samsung

HP Samsung hilang memang akan membuat kita panik. Namun tenang, kita dapat menemukan HP Samsung kita dengan cara melacak HP tersebut.

HP yang hilang pasti dapat membuat kita panik bukan main. Terlebih lagi apabila di dalam HP Samsung tersebut terdapat data yang penting. Mulai dari foto, video, kontak, bahkan informasi tentang akun perbankan dan lain sebagainya.

Sebelum masuk ke cara melacak HP Samsung kita yang hilang. Ada beberapa langkah awal yang harus kita lakukan sesaat setelah HP kita hilang.

Langkah Awal

1. Coba SMS atau Telepon HP Samsung Kita

Hal pertama yang paling mudah untuk kita lakukan adalah mencoba untuk sms atau menelpon HP Samsung kita yang hilang.

Cara ini cukup efektif untuk memastikan apakah HP kita hilang karena kita lupa menaruhnya atau memang dicuri. Jika HP masih ad di sekitar kita. Maka kita akan sangat mudah menemukan HP tersebut dengan suara atau getaran yang muncul.

2. Ingat Kembali Terakhir Kita Menggunakan HP

Jika ternyata langkah pertama belum membuahkan hasil. Selanjutnya kita dapat mencoba mengingat-ingat kapan terakhir kali kita menggunakan HP Samsung tersebut.

Apabila kita sudah ingat kapan terakhir kali kita menggunakan HP tersebut. Kita dapat menuju tempat tersebut lalu menanyakannya ke orang sekitar.

3. Lapor ke Pihak Berwajib dan Customer Service

Jika belum juga menemui titik terang, sebaiknya kita segera melaporkan ke pihak yang berwajib.

Pastikan kita memiliki data pengting dari HP Samsung tersebut. Seperti nomor IMEI, tipe HP, nomor telepon, dan juga kronologis kehilangan.

Selain itu jangan lupa juga untuk menghubungi customer servie terkait untuk mematikan sementara layanan yang kita gunakan. Seperti provider, bank, dan lain sebagainya.

Nah setelah kita mengetahui dan melakukan langkah awal. Selanjutnya kita dapat masuk ke cara melacak HP Samsung tersebut. Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan.

Cara Melacak HP Samsung dengan Google Maps

Cara pertama yang bisa kita gunakan adalah dengan memanfaatkan Google Maps.

Google Maps merupakan sebuah layanan yang diberikan oleh Google. Layanan tersebut berguna untuk mengetahui lokasi di perangkat kita.

Cara melacak HP Samsung j2 prime dengan GPS:

  1. Pertama kita siapkan perangkat yang terhubung dengan internet. Kita bisa menggunakan tablet, PC, dan smartphone lain.
  2. Setelah itu jalankan web browser yang ada di perangkat tersebut. Lalu buka https://www.google.com/android/find atau https://www.google.com/android/devicemanager.
  3. Selanjutnya login dengan menggunakan akun Gmail yang juga kita gunakan di HP Samsung yang hilang.
  4. Setelah itu tunggu hingga proses pencarian perangkat selesai. Jika berhasil maka secara otomatis posisi HP Samsung kita yang hilang akan muncul.Cara Melacak HP Samsung dengan GPS

  5. Terdapat juga beberapa fitur yang dapat memudahkan kita dalam pencarian.
    • Putar Suara, dengan fitur ini kita dapat menderingkan HP Samsung kita selama 5 menit. Fitur ini akan tetap bisa digunakan meskipun HP Samsung dalam keadaan diam. Sebaiknya kita gunakan fitur ini jika HP Samsung kita sudah dekat dengan posisi kita saat ini.
    • Amankan Perangkat, fitur ini akan mengunci perangkat Samsung kita dan melakukan logout dari akun Google kita. Disini kita dapat menambahkan pesan atau nomor telepon yang akan ditampilkan di layar kunci Samsung. Meskipun kita mengunci perangkat kita, namun kita masih tetap bisa melacak perangkat tersebut.
    • Hapus Perangkat, fitur ini akan menghapus semua data yang ada di HP Samsung kita. Setelah kita menggunakan fitur ini maka kita tidak dapat melacak HP Samsung kita kembali. Maka sebaiknya kita gunakan fitur ini jika memang HP Samsung kita sudah tidak mungkin kembali lagi ke tangan kita.

Melacak HP Samsung dengan Find My Device

Cara yang kedua yaitu dengan menggunakan aplikasi Find My Device.

Find My Device adalah sebuah aplikasi buatan Google. Cara kerja aplikasi ini sebenarnya mirip dengan cara melacak HP dengan Google Maps tadi.

Cara melacak HP Samsung yang hilang dalam keadaan mati:

  1. Buka aplikasi Find My Device menggunakan HP lain. Jika kita belum memiliki aplikasi tersebut kita dapat mengunduhnya di Google Play Store secara gratis.
  2. Selanjutnya, masuk dengan menggunakan akun Google yang juga kita gunakan di HP Samsung yang hilang.
  3. Jika akun Google tersebut sudah banyak kita gunakan di banyak perangkat. Maka kita tinggal memilih saja perangkat Samsung yang hilang tersebut.
  4. Setelah itu maka aplikasi Find My Device akan mencari dan menunjukkan lokasi HP Samsung kita berada.Melacak HP Samsung dengan Find My Device
  5. Kita juga dapat menggunakan fitur Play Sound. Dimana fitur tersebut akan mengeluarkan suara pada HP Samsung kita selama 5 menit. Dengan fitur ini maka kita akan semakin mudah untuk menemukan HP Samsung kita jika lokasinya tidak jauh dengan kita.
  6. Tidak hanya itu saja, kita juga dapat menggunakan fitur Lock. Fitur ini akan membuat HP Samsung kita terkunci dan tidak dapat bisa diakses oleh si pencuri HP.
  7. Kita juga bisa menghapus semua data pada HP Samsung tersebut dengan fitur Erase. Namun sebaiknya kita meunggunakan fitur ini jika memang HP Samsung kita sudah tidak bisa ditemukan lagi.

Cara Melacak HP Samsung dengan Find My Mobile

Cara terakhir yang dapat kita gunakan untuk melacak HP Samsung kita adalah dengan Find My Mobile.

Find My Mobile merupakan sebuah fitur buatan Samsung yang memang bertujuan untuk mencari HP yang hilang.

Cara melacak HP Samsung yang hilang tanpa menggunakan nomor IMEI:

  1. Jalankan aplikasi web browser yang ada di PC kita.
  2. Setelah itu buka situs https://findmymobile.samsung.com.
  3. Kemudian login menggunakan akun Google yang juga kita gunakan di HP Samsung kita yang hilang.
  4. Tunggu beberapa saat hingga Find My Mobile akan menemukan lokasi HP Samsung kita.
  5. Setelah proses pencarian selesai, maka akan ditampilkan posisi HP Samsung di peta.Cara Melacak HP Samsung dengan Find My Mobile
  6. Selain itu kita juga dapat menggunakan beberapa fitur yang ada. Seperti membunyikan HP, mengunci perangkat, dan menghapus semua data pada HP Samsung kita.
Selain itu kita juga dapat melacak HP Samsung kita yang hilang dengan Cara Melacak No HP.

Semoga dengan menggunakan salah satu cara melacak HP Samsung di atas, HP kamu dapat segera kembali.

Daffa Seseorang yang suka utak-atik hal yang berkaitan dengan teknologi terutama mengenai Android, Komputer, dan Internet. Saat ini menjadi Content Manager di Berakal.com

Cara Membuat Game Android

Manarul
2 min read

Cara Membuat Akun Mi

Nur Rahman
2 min read

Cara Ganti Font Xiaomi

Nur Rahman
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *