Galan Seseorang yang suka membaca, menulis, dan melakukan hal yang berkaitan dengan Dunia Teknologi. Saat ini menjadi SEO Editor di Berakal.com

Cara Membuat Hashtag Instagram

2 min read

Cara Membuat Hashtag Instagram

Pada dasarnya, cara membuat hashtag Instagram adalah dengan mengetikkan yang langsung disambung dengan kata di depannya. Contoh, #Indonesia #Instagram #Yogyakarta dan lainnya.

Hashtag atau tagar umumnya dibuat bersamaan dengan caption yang hendak Anda tulis. Sebenarnya, apa sih pentingnya hashtag di Instagram?

Manfaat Hashtag atau Tagar

Hashtag atau tagar bermanfaat untuk mengerucutkan kata kunci yang diketikkan oleh pengguna Instagram. Misal, ketika Anda mengetikkan #sepatuNike maka Instagram hanya akan menampilkan postingan yang berkaitan akan hal tersebut.

Mudahnya begini, orang-orang lebih menyukai hal yang praktis. Nah, saat mencari sepatu Nike, tentu akan lebih praktis untuk mencarinya terlebih dahulu di internet bukan? Dibanding mengunjungi satu per satu toko sepatu di kota Anda, wah cape pak.

Cara Membuat Hashtag Instagram

Setelah mengetahui manfaat dari hashtag, mungkin Anda berpikiran untuk langsung membuatnya. Langsung saja, simak cara berikut ini:

  • Pertama, buka aplikasi Instagram di hp kesayangan Anda.
  • Selanjutnya, tap icon + yang terdapat di tengah-tengah menu untuk memposting foto atau video Anda.
  • Kemudian Anda dapat mengambil foto/ video secara langsung atau memilih foto/ video dari galeri .
  • Setelah berhasil memilih, tap kata yang bertuliskan Selanjutnya. Oh iya, Anda pun dimungkinkan untuk mengedit postingan terlebih dahulu sebelum melanjutkannya.
  • Jika sudah, tuliskan hashtag atau tagar di kolom yang telah disediakan. Misalnya, Berakal akan membuat hashtag #japan
    cara membuat hashtag pribadi di instagram

  • Saat semuanya telah Anda atur sedemikian rupa, Anda dapat mempostingnya dengan menekan tombol Bagikan.

Bagaimana, terlihat keren dan menarik bukan jika postingan Anda dibubuhi dengan hashtag?

Namun, terdapat hal yang lebih keren dan menarik jika dibandingkan untuk kesenangan semata. Penasaran kan? Yuk, langsung saja simak penjelasan di bawah ini ya!

Cara Membuat Hashtag untuk Marketing Online Instagram

Bagi Anda yang mengetahui tentang website dan traffic, tentu Anda langsung dapat menyimpulkan bahwa hashtag memang penting. Maksudnya adalah, Anda dapat manfaatkan hashtag sebagai senjata untuk marketing online Instagram Anda.

Tanpa menunggu lama, berikut selengkapnya.

1. Track Hashtag Instagram dengan Insight

cara membuat tagar di instagram

Ini merupakan salah satu alasan mengapa Instagram memungkinkan Anda untuk mengubah akun pribadi menjadi akun bisnis. Pada akun bisnis, Anda dapat melakukan analisa atas keberhasilan hashtag yang Anda gunakan.

Indikasi terpenting pada masalah ini adalah melihat banyak views yang dihasilkan oleh hashtag Instagram yang Anda buat. Nah, apakah Anda masih bingung dalam mengakses data impression atau view?

Sebenarnya mudah, tinggal buka ‘View Insight’ di halaman post di bawah post Anda. Tinggal geser ke atas dan Anda akan disediakan full page yang menyatakan detail impression yang telah Anda buat. Disitu Anda dapat melihat istilah yang tidak Anda temukan di Instagram sebelumnya. Seperti impression, reach, dan lainnya.

2. Menambahkan Hashtag Link di Bio Profile

cara membuat akun tagar di instagram

Sekarang ini, Anda dapat membuat hashtag link di bio profile Anda. Gunanya adalah membangun kepercayaan orang-orang sekaligus juga brand awareness di profile Anda.

Intinya adalah, Anda dapat menggunakan bio profile menjadi lebih berfungsi dan terbilang praktis untuk followers Anda. Nah, Anda dapat menambahkan apa yang sedang Anda promosikan dengan menyelipkan hashtag di link bio profile.

Cara menggunakannya pun simpel. Cukup ketik # di bio profile Anda dan Instagram akan secara otomatis memberikan link yang tersambung dengan hashtag tersebut.

3. Menambahkan Hashtag di Instagram Story

instagram story

Kalau yang satu ini, mungkin sudah banyak yang megetahuinya. Nah, Anda dapat menggunakan hashtag ini di Instastory untuk memudahkan orang-orang menemukan post yang mereka cari.

Pengguna Instagram juga dapat mencari post Anda di Explore lho. Jasi, bukan tidak mungkin saat pengguna mengetikkan hashtag di explore, postingan Anda lah yang nantinya akan muncul.

4. Follow Hashtag di Instagram

follow hashtag

Selain mem-follow akun pribadi orang lain, Anda pun dimungkinkan untuk mem-follow hashtag tertentu yang digunakan pengguna Instagram lainnya. Nah, saat Anda mem-follow hashtag, Anda dapat update tentang post yang berkaitan dengan hashtag yang Anda follow tersebut.

Bagi Anda yang menginginkan follow hashtag tertentu, Anda dapat langsung membuka halaman hashtag Instagram dan tap icon follow di bawahnya.

Demikianlah cara membuat hashtag Instagram dengan mudah. Anda pun dapat menggunakan hashtag tersebut untuk keperluan bisnis Anda. Selain itu, hashtag juga terbukti ampuh untuk mendatangkan like dan followers.

Jadi, manfaatkanlah kesempatan dan peluang sebaik mungkin untuk marketing online Instagram Anda.

Galan Seseorang yang suka membaca, menulis, dan melakukan hal yang berkaitan dengan Dunia Teknologi. Saat ini menjadi SEO Editor di Berakal.com

Cara Menonaktifkan FB

Manarul
1 min read

Cara Menghapus Channel YouTube

Galan
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *