Mudah! Cara Membuka File APK (Android, iOS, PC)

Share
Comment 0 reply

Cara membuka file APK yang terkunci sangat mudah, entah di Android, iPhone, PC dan MacOS. Biasanya, APK identik dengan sistem operasional Android, meskipun juga bisa dibuka di platform lain seperti PC (Windows dan MAC) dan iOS (iPhone dan iPad).

Biasanya, pengguna Android mencari file dengan ekstensi APK ini jika tidak menemukannya di Google Play. Namun, apakah file APK bisa dijalankan selain di Android? Tidak perlu penasaran, di bawah ini akan dijelaskan dengan lengkap tentang file APK dan bagaimana cara membukanya.

Apa Itu File APK?

Apa Itu File APK

Jadi, sebelum mengulas tentang bagaimana cara membuka file APK, apakah sudah tahu file APK itu? Buat yang belum pernah, pasti merasa bingung ketika menemukan file dengan ekstensi APK. File dengan ekstensi APK sangat banyak ditemukan di internet memang.

Jadi, apa yang dimaksud dengan file APK? File dengan ekstensi APK adalah file Application Package File, yang digunakan untuk mendistribusikan aplikasi pada sistem operasi Android. Jadi, file yang berada di Google Play tersebut (aplikasi maupun game) sebenarnya memiliki ekstensi APK.

Selain dari Google Play, banyak pula situs lain yang menyediakan file APK. File APK memang bisa dengan mudah ditemukan di internet. Tinggal mencari nama aplikasi/game lalu tambahkan APK di belakangnya, maka akan muncul banyak hasilnya.

Baca: Cara Mengatasi APK Tidak Terpasang

Bisakah File APK Dibuka Selain di Android?

Bisakah File APK Dibuka Selain di Android

Bicara soal apakah file APK bisa dibuka atau tidak, sebenarnya file ini bisa dibuka di berbagai sistem operasi. Namun, secara khusus file ini digunakan atau dijalankan di sistem operasi berbasis Android. Karena khusus digunakan dan dijalankan di Android, tentunya cara membukanya sangat mudah.

Ya, untuk membuka file APK di Android, hanya butuh mengunduhnya layaknya file dengan ekstensi lainnya. Misalnya saja dari Google Play atau situs-situs penyedia file APK di internet. Namun ingat, jika di luar Google Play, untuk membuka dan memasangnya harus melakukan beberapa pengaturan terlebih dahulu.

Terus bagaimana dengan Windows? Bisakah file APK dibuka dan dijalankan di dalamnya? Tentu saja bisa, namun harus dengan bantuan emulator. Untuk membuka file APK di PC Windows bisa menggunakan emulator seperti AndroidStudio, Bluestack dan lain sebagainya.

Lalu bagaimana dengan PC Mac? Jika memiliki PC dengan MacOS, maka bisa menggunakan ARC Welder. ARC Welder sendiri merupakan ekstensi Google Chrome yang berguna untuk menguji aplikasi Android di OS Chrome, yang bisa bekerja di OS mana saja.

Jadi, selama ekstensi ini ada, maka file APK bisa dibuka. Bagaimana dengan iPhone atau iPad? Sayangnya, sementara ini, file APK tidak bisa dibuka dan dipasang di iPhone atau iPad.

Alasannya adalah, file APK dibuat dengan cara yang berbeda dibandingkan aplikasi yang biasa digunakan di perangkat tersebut, jadi tidak akan kompatibel.

Baca: Cara Menghilangkan Iklan di Android

Cara Ekstrak File APK

Cara Ekstrak File APK

Biasanya, agar file APK terlindung dari virus dan malware, maka file tersebut diarsipkan menggunakan program seperti RAR dan ZIP. Nah, jika kebetulan menemukan file APK yang diarsipkan, maka harus diekstrak terlebih dahulu, agar bisa dipasang dan dijalankan di sistem operasi.

Beberapa program atau aplikasi yang bisa digunakan untuk ekstrak file APK adalah:

  • RAR
  • ZArchiver
  • 7Zip
  • ASTRO File
  • ES File Explorer
  • Dll.

Sebagai contoh, kami akan menjelaskan bagaimana cara membuka file APK dengan mengekstraknya terlebih dahulu menggunakan ZArchiver:

  • Pertama, buka ZArchiver. Jika belum punya, bisa mengunduh terlebih dahulu di Google Play.
  • Kemudian cari file APK yang akan diekstrak.
  • Setelah menemukan file APK, klik pada file tersebut kemudian pilih Ekstrak di Sini.
  • Selesai, tunggu proses ekstrak file sampai akhir.

Setelah selesai mengekstrak file tersebut, file APK bisa dibuka dan dipasang di Android.

Baca: Cara Root Android

Cara Membuka File APK di Android, iOS dan PC

Berikut ini akan kami jelaskan berbagai cara mudah untuk membuka file APK di Android, iOS dan PC :

1. Membuka File APK di Android

Membuka File APK di Android

Membuka file APK di Android sangat mudah, karena file ini memang dikhususkan untuk sistem operasi tersebut. File dengan ekstensi APK bisa dibuka langsung, jika didapatkan dari Google Play. Setelah memasang aplikasinya dari sana, pengguna tinggal membuka aplikasi yang telah terpasang.

Namun, bagaimana jika mendapatkannya dari sumber lain di internet? Biasanya, Android akan memblokir pemasangan file APK di luar sumber resmi seperti Google Play. Namun, pengguna tetap bisa membuka dan memasang file APK tersebut di Android, caranya :

  • Pertama, masuk ke Pengaturan HP, buka menu Privasi dan Keamanan lalu centang Sumber Tidak Dikenal.
  • Setelah mengunduh file APK, cari file tersebut di File Manager > Internal > Download.
  • Setelah menemukan file APK, klik pada file tersebut untuk memasangnya.
  • Jika muncul konfirmasi, klik OK untuk melanjutkan.
  • Selanjutnya tunggu proses pemasangan file APK hingga selesai.
  • Setelah aplikasi terpasang di Android, bisa klik pada ikon aplikasi untuk membukanya.

Pastikan untuk mengikuti cara yang sama dengan di atas, karena jika tidak, file APK tidak bisa dipasang di Android.

2. Membuka File APK di iPhone

Membuka File APK di iPhone

Seperti yang telah disebutkan di atas, cara membuka file APK di iPhone tidak bisa dilakukan. Pasalnya, file dengan ekstensi APK adalah file paket aplikasi untuk Android. Jadi, karena tidak kompatibel dengan perangkat iPhone, maka file APK tidak bisa dibuka di dalamnya.

Sepertinya, karena kompatibilitasnya tersebut, file APK tidak akan bisa dibuka sama sekali di iPhone, entah sampai kapan, mungkin bisa selamanya. Lagipula, tidak ada gunanya membuka file APK di iPhone, toh bisa pun juga tidak akan bisa dipasang di dalam perangkat tersebut.

Baca: Cara Membuat Game Android

3. Membuka File APK di PC

Membuka File APK di PC

Terus, bagaimana cara membuka file dengan ekstensi APK di PC? Membuka file PK di PC Windows sebenarnya bisa dilakukan. Namun, harus menggunakan emulator terlebih dahulu. setelah emulator terpasang di PC, maka file APK bisa dibuka bahkan dijalankan di dalamnya.

Sebenarnya, apa sih emulator itu? Secara sederhana, emulator adalah program untuk PC Windows, yang membuat sistem operasi tersebut bisa membuka dan menjalankan file APK. Mudahnya, emulator Android bisa membuat PC Windows beroperasi layaknya sistem Android.

Dengan emulator tersebut, pengguna bisa menjalankan aplikasi maupun game Android di PC Windows. Beberapa emulator yang banyak digunakan adalah sebagai berikut :

  • Bluestack
  • Nox Player
  • YouWave
  • Koplayer
  • LeapDroid
  • Droid4X
  • Android Studio
  • Dll.

4. Membuka File APK di Mac

Membuka File APK di Mac

Selain di PC Windows, file APK juga bisa dibuka di MacOS. Caranya dengan menggunakan ekstensi Google Chrome, yaitu Arc Welder. Jadi, selama masih ada ekstensi tersebut di Google Chrome, file APK di Mac bisa dibuka.

Cara membuka file APK di Android, PC dan Mac sangat mudah, namun harus menggunakan program bantuan seperti emulator dan ekstensi ARC Welder. Sementara itu, file APK di iPhone tidak bisa dibuka dan dipasang, karena tidak kompatibel dengan perangkat tersebut.

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.