Daffa Seseorang yang suka utak-atik hal yang berkaitan dengan teknologi terutama mengenai Android, Komputer, dan Internet. Saat ini menjadi Content Manager di Berakal.com

Cara Mempercepat Download uTorrent

3 min read

Cara Mempercepat Download uTorrent

uTorrent merupakan sebuah aplikasi yang dapat kita gunakan untuk mengunduh file Torrent. Nah, sebenarnya kecepatan uTorrent bisa di maksimalkan lho. Pada kesempatan kali ini berakal akan memberikan cara mempercepat download uTorrent.

Jika kita masih biasa mengunduh file, film, game, atau apapun melalui Google dengan idm. Mungkin kita masih sedikit asing dengan uTorrent. Nah sebenarnya kita juga dapat dengan mudah mendownload berbagai file dengan menggunakan Torrent.

Torrent adalah sebuah file yang memiliki beragam informasi. Atau file yang dikemas didalam sebuah file. Untuk mendapatkannya kita bisa menggunakan BitTorrent. Nah, di BitTorrent inilah kita dapat dengan mudah mengunduh sebuah file yang kita inginkan. BitTorrent juga menyediakan kumpulan file yang tergolong cukup lengkap.

Namun sayangnya, tidak semua orang dapat mengunduh berbagai macam file di BitTorrent dengan lancar. Oleh karena itu, kali ini berakal.com akan membahas 10 cara mempercepat download uTorrent.

1. Cek Kondisi Internet

Cek Kondisi Internet

Cara pertama yang harus kita lakukan adalah dengan cek kondisi internet kita. Jika kita mengunduhnya dengan menggunakan jaringan WiFi. Pastikan pengguna WiFi tersebut tidak begitu banyak. Sehingga bandwith yang kita terima dapat maksimal dan tidak berebut dengan pengguna lain.

Terlebih lagi jika kita mengunduh file Torrent dengan ukuran yang cukup besar. Seperti mengunduh game, film dengan kualitas HD atau bahkan BlueRay, dan file lainnya.

2. Cara Mempercepat Download uTorrent dengan Melakukan Force Start

Cara Mempercepat Download uTorrent dengan Melakukan Force Start

Kita juga dapat mempercepat unduhan di uTorrent dengan cara Force Start. Cara ini berguna agar uTorrent memaksa file tersebut di unduh dengan cepat. Force Start juga terbukti dapat mengatasi masalah file yang tidak bisa didownload.

Caranya cukup mudah, klik kanan file yang akan kita unduh. Setelah itu pilih Force Start. Dengan begitu, file tersebut akan diunduh secara otomatis dengan sedikit pemaksaan. Meskipun koneksi internet yang kita gunakan tergolong lambat.

3. Setting Prioritas uTorrent

Setting Prioritas uTorrent

Cara yang ketiga adalah dengan mengatur prioritas uTorrent menjadi utama. Dengan begitu, uTorrent akan lebih dipentingkan dari beberapa aplikasi lain di komputer kita. Sehingga koneksi internet juga dapat dengan maksimal masuk ke aplikasi uTorrent ini.

Cara ini dapat kita atur dengan membuka Task Manager. Setelah itu klik Process, lalu cari aplikasi uTorrent yang kita gunakan. Setelah itu klik kanan aplikasi tersebut kemudian pilih Go To Details. Kemudian klik kanan lalu ubah pada Set priority menjadi High. Dengan begitu laptop kita akan memprioritaskan kinerja dan koneksi untuk uTorrent.

4. Cara Mempercepat Download uTorrent dengan Cek Versi uTorrent

Cara Mempercepat Download uTorrent dengan Cek Versi uTorrent

Cara berikutnya dan cukup simpel unutuk mempercepat download uTorrent adalah dengan cek versi. Pastikan versi uTorrent yang kita gunakan adalah versi terbaru. Karena bisa jadi unduhan kita lelet disebabkan oleh aplikasi uTorrent yang tidak kita update ke versi terbaru.

Oleh karena itu, berakal sangat menyarankan untuk melakukan update ke versi uTorrent paling baru. Kita dapat mengecek versi uTorrent yang kita gunakan dengan mudah. Caranya buka menu Help, setelah itu pilih Check for Updates. Maka secara otomatis uTorrent akan melakukan update versi terbaru jika tersedia.

5. Jangan Download Banyak File Sekaligus

batas maksimal file download

Cara lain yang terbukti ampuh adalah jangan memaksakan mengunduh banyak file dalam satu waktu. Aplikasi uTorrent sendiri memang membolehkan kita untuk mendownload file lebih dari satu sekaligus. Namun, hal tersebut justru akan membuat unduhan akan semakin lama.

Mengapa bisa terjadi? Karena internet yang digunakan akan saling berebut antar satu unduhan file dengan unduhan file yang lain. Jadi, lebih baik untuk mengunduh file satu per satu. Jika unduhan telah selesai, baru kita melanjutkan mengunduh file lainnya.

6. Ubah Pengaturan

Ubah Pengaturan

Cara lain yang cukup ampuh adalah dengan melakukan pengaturan pada aplikasi uTorrent. Disini kita harus memperhatikan Settings Advanced dari software uTorrent di komputer kita. Kita harus mengubah dan juga mengedit beberapa pengaturan agar bisa mendownload file dengan lebih cepat. Berikut beberapa pengaturan yang harus diubah:

  1. Ubah allow_same_ip menjadi True
  2. Ubah show_notorrents_node menjadi False
  3. Ubah update_interval menjadi 20
  4. Ubah max_halfopen menjadi 50 hingga 100

Jika sudah kita atur semuanya, klik Apply atau OK. Kemudian lihat, apakah proses download uTorrent lebih cepat dari biasanya atau tidak? Jika lebih cepat, maka pengaturan ini berhasil.

7. Cara Mempercepat Download uTorrent dengan Mengatur Jumlah Peer

Cara Mempercepat Download uTorrent dengan Mengatur Jumlah Peer

Peer merupakan jumlah dari semua pengguna. Baik itu yang sedang menggunakannya untuk download ataupun upload. Nah, dengan banyaknya Peer, tentu saja akan menjadi salah satu hambatan kita untuk mengunduh file Torrent.

Selain menggunakan uTorrent. Biasanya kita juga sering mengunduh file dengan IDM. Sudah tahu belum cara mempercepat IDM? Lihat ya kalau belum.

Kita dapat mengatasi masalah ini dengan membatasi atau mengatur jumlah maksimal Peer. Caranya cukup mudah, kita buka Options, setelah itu pilih Preference, kemudian pilih Bandwidth. Lalu pada tab ini tentukan Maximum number of connecter peers per torrent. Cukup mudah bukan?

8. Atur Kecepatan Download dan Upload

Atur Kecepatan Download dan Upload

Cara mempercepat download uTorrent yang satu ini juga tidak kalah penting. Setiap BitTorrent client software pasti memiliki fitur untuk mengatur kecepatan upload dan download. Tidak terkecuali aplikasi uTorrent. Jadi, kita harus memanfaatkan fitur ini untuk mempercepat download uTorrent kita.

Pastikan bahwa angka upload lebih kecil dari angka download. Mengapa demikian? Karena disini tujuan kita adalah untuk melakukan download. Jadi biarkan koneksi internet kita difokuskan untuk proses download terlebih dahulu. Namun, jika kita ingin melakukan download sambil browsing. Maka kami sarankan untuk tidak mengatur kecepatan download 100%. Kita bisa mengaturnya menjadi 80% atau 90%, dan sisanya kita gunakan untuk kecepatan upload.

9. Cara Mempercepat Download uTorrent dengan Menambahkan Tracker

Cara Mempercepat Download uTorrent dengan MeTambahkan Tracker

Menambahkan Tracker juga merupakan salah satu hal yang cukup penting untuk mempercepat download uTorrent. Dengan adanya Trackers, kita dapat mencari Seeder yang lebih banyak jika dibandingkan dengan mencarinya sendiri.

Caranya cukup mudah, kita hanya cukup Copy info Hash yang ada di file yang sedang kita download. Setelah itu paste di pencarian Google. Kemudian temukan file Torrent lainnya dari situs yang berbeda berdasarkan info yang kita dapatkan dari Hash. Setelah itu, jangan lupa klik Yes. Untuk mengkonfirmasi bahwa file yang akan kita download tersebut sudah ada di dalam daftar uTorrent.

10. Perhatikan Seeder dan Leecher

Perhatikan Seeder dan Leecher

Didalam Torrent, ada istilah Seeder dan Leecher. Seeder dapat dikatan sebagai orang yang sudah selesai mengunduh file di Torrent. Sedangkan Leecher dapat dikatakan sebagai orang yang sedang menunggu giliran untuk mengunduh file di Torrent.

Nah jika kita ingin mengunduh sebuah file dari Torrent dengan cepat. Maka kita harus memilih Seeder dan Leecher yang banyak. Namun, tetap rasio Seeder harus lebih banyak dari Leecher. Dengan begitu, kita dapat mengunduh file tersebut dengan lebih cepat daripada file dengan Seeder yang lebih sedikit.

Sekian artikel mengenai cara mempercepat download uTorrent. Semua cara diatas tentu saja dapat kita praktekan dengan mudah. Apabila kecepatan download masih belum maksimal, kemungkinan besar memang koneksi internet yang kita gunakan tidak cukup cepat.

Daffa Seseorang yang suka utak-atik hal yang berkaitan dengan teknologi terutama mengenai Android, Komputer, dan Internet. Saat ini menjadi Content Manager di Berakal.com

Cara Membuat Grafik di Word

Manarul
3 min read

Aplikasi Desain Baju

Manarul
4 min read

Tema Windows 7

Manarul
5 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *