Galan Seseorang yang suka membaca, menulis, dan melakukan hal yang berkaitan dengan Dunia Teknologi. Saat ini menjadi SEO Editor di Berakal.com

Cara Mendapat Centang Biru di Instagram

2 min read

cara mendapatkan centang biru di instagram

Pertanyaan mengenai cara mendapat centang biru di Instagram selalu membuat penasaran para penggunanya. Instagram sendiri juga tidak secara gamblang menjelaskan cara untuk mendapat simbol centang biru tersebut.

Sebenarnya, simbol centang biru diberikan untuk akun yang telah terverifikasi. Nah, jika sebelumnya calon pemilik akun verifikasi harus meminta laman bantuan Instagram, kini pengajuan akun verifikasi cukup mudah untuk dilakukan.

Penasaran dengan caranya? Simak penjelasan berikut untuk mengetahuinya.

Cara Mendapat Centang Biru di Instagram

Anda dapat mengajukan verifikasi hanya dengan melalui profil akun seperti bertikut:

  1. Pertama, buka Instagram dan masuk ke menu profil.
  2. Selanjutnya tap tiga garis horizontal yang terdapat di kanan atas dan pilih Pengaturan.
  3. Pada menu Pengaturan, tap opsi Akun.
  4. Kemudian saat telah berada di menu Akun, cari kata Minta Verifikasi dan tap.
    simbol centang biru di instagram

  5. Setelah itu, Anda diminta untuk mengisi formulir yang tersedia. Seperti username, nama lengkap, dan lampiran dari identitas resmi atau bisnis.
    emoticon centang biru instagram

Setelah mengajukan verifikasi, Instagram tidak secara langsung memberikan centang biru ke akun Anda. Jadi jangan kaget setelah Anda mengajukan verifikasi, Anda belum memiliki simbol tersebut.

Baca juga: 10 Tips dan Trik Instagram yang Jarang Diketahui

SYARAT MENDAPATKAN CENTANG BIRU

Untuk itu, Berakal akan menjelaskan syarat untuk segera mendapatkan centang biru di Instagram. Mungkin penjelasan di bawah ini mampu menjawab pertanyaan yang sedang Anda cari selama ini.

1. Artis atau Selebriti

Artis atau Selebriti

Umumnya, para selebritis memverifikasi akun Instagram mereka untuk mendapatkan simbol centang biru. Mengingat bahwa para selebritis tidak lepas dari yang namanya penggemar, tentu akun yang verified menjadi hal yang penting bagi para artis.

Untuk itu, demi menghindari pemalsuan akun, Instagram akan memberikan simbol centang biru kepada para artis. Hal ini juga dapat meminimalisir pemalsuan akun dari orang-orang yang mengatasnamakan mereka demi sebuah keuntungan pribadi.

2. Atlet dan Seniman

copy centang biru instagram

Selain selebritis, para atlet atau seniman juga memiliki peluang besar untuk mendapat simbol centang biru Instagram. Syaratnya adalah, Anda harus menjadi atlet atau seniman ternama dan cukup banyak dikenal masyarakat.

Misalnya saja, Marco Reus yang memiliki akun Instagram bernama marcinho11. Ya, pesepak bola yang sedang membela tim Borrusia Dortmund ini merupakan salah satu atlet yang cukup populer.

Nah, guna melindungi nama baik mereka, Instagram akan memverifikasi akun para atlet atau seniman. Dengan begini, pengguna Instagram akan mengetahui mana akun asli dan mana akun yang palsu.

3. Tokoh Masyarakat

Tokoh Masyarakat

Selain kedua hal di atas, tokoh masyarakat juga masuk dalam list akun penyandang centang biru di Instagram. Tokoh masyarakat yang dimaksud adalah Presiden, Menteri, Ahli, Wali Kota, Gubernur, Politikus, dan lainnya. Tujuannya pun sama, yaitu untuk melindungi sang tokoh dari pemalsuan akun.

4. Merk Produk Terkenal

Merk Produk Terkenal

Kebanyakan akun merk produk terkenal telah memverifikasi akun mereka di Instagram. Hal ini sangat membantu para konsumen agar terhindar dari tipuan akun bohongan. Misalnya, Anda dapat melihat merk produk ternama @bmw seperti gambar di atas.

5. Akun Hits di Instagram

Akun Hits di Instagram

Ternyata, akun Instagram yang sedang hits atau ramai diperbincangkan para pengguna Instagram lainnya berpotensi untuk mendapatkan simbol centang biru lho.

Nah, apabila Anda memiliki akun Instagram seperti demikian, tidak ada salahnya untuk melakukan verifikasi akun. Seperti contoh, Anda dapat melihat akun Instagram bernama @9gag yang telah mengantongi centang biru di profilnya.

6. Akun dengan Followers dan Like yang Meningkat Drastis

Akun dengan Followers dan Like yang Meningkat Drastis

Perlu Anda ketahui, akun Instagram dengan followers dan like yang meningkat drastis juga memiliki peluang besar untuk mendapatkan centang biru di Instagram. Ya, pihak Instagram akan mempertimbangkan akun dengan kasus seperti demikian.

Tujuannya pun sama, guna menghindari pemalsuan akun dengan mengatasnamakan akun yang dibanjiri followers dan like. Dengan begitu, tidak ada yang namanya parasitisme, yang mana salah satu pihak diuntungkan dan pihak lain dirugikan.

7. Akun Pribadi yang Banyak Diduplikasi

Akun Pribadi yang Banyak Diduplikasi

Salah satu cara mendapat centang biru di Instagram yaitu akun Anda harus banyak diduplikasi orang lain. Maksudnya adalah, apabila akun Instagram banyak diduplikasi orang lain, maka akan merugikan si pemilik akun aslinya bukan?

Untuk itu, Instagram akan mempertimbangkan untuk memberikan centang biru kepada si pemilik asli akun guna menghindari hal yang tidak diinginkan.

8. Selebgram

Selebgram

Cara terakhir yang dapat Anda lakukan untuk mendapat simbol centang biru di Instagram yaitu dengan menjadi selebgram. Seperti yang kita tahu, ketenaran dari seorang selebgram berpotensi untuk mendatangkan akun palsu lainnya.

Atas dasar itu, Instagram sendiri tidak sungkan untuk memverifikasi akun selebgram guna menghindari duplikat akun. Dengan begini, penggemar dari selebgram tersebut akan mengetahui mana akun asli dan mana akun palsu.

Demikian cara mendapat centang biru di Instagram dengan melakukan hal seperti diatas. Jika dirasa akun Instagram Anda sudah pantas untuk menyandang simbol centang biru, segera verifikasi akun Instagram Anda!

Galan Seseorang yang suka membaca, menulis, dan melakukan hal yang berkaitan dengan Dunia Teknologi. Saat ini menjadi SEO Editor di Berakal.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *