Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop

1 min read

Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop

Bluetooth merupakan peripheral penunjang yang biasa digunakan untuk proses pemindahan data dari satu perangkat ke perangkat lain. Saat ini bluetooth sudah mencapai versi 4, yang mana kecepatan akses baca tulis ini sudah lebih tinggi dibanding versi sebelumnya.

Salah satu alasan seseorang memasang Bluetooth pada laptop adalah lebih sederhana. Daripada menggunakan kabel USB yang notabene mudah rusak. Lalu bagaimana cara mengaktifkan bluetooth di laptop? Berikut beberapa cara mengaktifkan bluetooth di laptop di windows 7, 8, dan 10.

1. Proses Inisialisasi

Apakah laptop sudah memiliki built-in bluetooth device? Pengecekan dapat anda lakukan dengan cara melihat fisik laptop, apakah terdapat keterangan bluetooth atau tidak. Jika tidak, maka dipastikan fungsi bluetooth internal tidak disesuaikan dan anda harus membeli sebuah perangkat dongle USB untuk bluetooth.

2. Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop Melalui Tombol 

cara mengaktifkan bluetooth di laptop windows 10

Untuk laptop yang mendukung bluetooth, fungsi aktif / nonaktif bisa diakses melalui tombol. Untuk menggunakannya, anda tinggal menekan tombol kombinasi Fn dan tombol yang terdapat logo bluetooth. Terkadang berbeda merek laptop, tombol bluetooth nya pun akan berbeda.

Baca juga: (Terbukti) Cara Mempercepat Kinerja Laptop di Windows 7, 8, 10

3. Persiapkan Dongle USB Bluetooth

cara mengaktifkan bluetooth di laptop windows 8

Hal ini jika laptop anda tidak mendukung bluetooth internal. Untuk instalasi sendiri relatif mudah. Jika dalam pembelian dongle USB menyertakan CD driver, maka instal terlebih dahulu CD driver yang ada, baru anda masukkan dongle USB bluetooth ke laptop melalui port USB.

4. Instalasi Driver Bluetooth Melalui CD

Biasanya laptop dengan dukungan bluetooth internal, sudah menyediakan driver untuk download melalui website resminya, untuk dongle yang memiliki CD driver, instal terlebih dahulu. Cara instalasinya adalah sebagai berikut :

  • Akses Device Manager
  • Klik other devices pada tampilan system manager, lalu klik kanan ikon Bluetooth peripheral device
  • Klik update driver software
  • Pilih opsi browse my computer for driver software, lalu klik let me pick from a list of device drivers on my computer
  • Selanjutnya pilih button bluetooth radios
  • Pada list manufacturer, pilih microsoft corporation. Lalu pada list model, pilih windows Mobile-based device support
  • Jika muncul pesan yang menyatakan konfirmasi verifikasi signature driver, abaikan saja dengan mengklik Yes
  • Setelah proses instalasi selesai, kembali ke device manager, klik kanan ikon computer pada node device teratas, klik scan for hardware changes
  • Klik pada node bluetooth radios, jika muncul list device radio dengan tanda seru kuning yang sudah menghilang. Tandanya instalasi telah berhasil

5. Download Driver

Langkah ini dikhususkan jika anda menggunakan dongle USB bluetooth. Anda dapat mendownload driver di internet.

6. Install Driver

Intalasi bisa dilakukan melalui control panel di bagian device manager, atau menggunakan media setup.exe jika driver yang telah terdownload sudah menyertakan installer windows.

7. Taskbar Windows

Disini langkah terakhir cara mengaktifkan bluetooth di laptop, untuk aktivasi bluetooth dilakukan setelah sebelumnya diasumsikan bahwa proses instalasi driver bluetooth telah berhasil, dongle usb bluetooth telah bekerja, dan service bluetoth telah aktif. Ditandai dengan adanya ikon bluetooth di system tray dengan warna biru, tepatnya dibagian paling kanan taskbar windows.

8. Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop Windows 10

Pergi ke Action Center (Winkey + A). Lalu pilih opsi Bluetooth untuk mengaktifkan atau menonaktifkannya.

cara menghidupkan bluetooth di laptop window 10

Cara kedua, anda bisa melalui menu Airplane Mode di pengaturan. Buka pengaturan kemudian pergi ke Network & Internet – Airplane Mode. Lalu ubah status off menjadi on.

cara mengaktifkan bluetooth di laptop toshiba

Cara ketiga sekaligus terakhir yaitu dengan membuka menu Bluetooth di pengaturan. Buka pengaturan kemudian ke Device – Bluetooth. Di panel kanan, pindah status Bluetooth yang Off menjadi On.cara mengaktifkan bluetooth di laptop asus

Anda bisa menyesuaikan dan menggunakan cara yang paling mudah dan cepat.

Laptop Mati Sendiri

berakal
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *