Cara Mengembalikan File WhatsApp yang Terhapus

Share
Comment 0 reply
Cara Mengembalikan File WhatsApp yang Terhapus

Di era sekarang ini, untuk berhubungan dengan orang lain, baik teman, keluarga, rekan kerja sudah sangat di mudahkan dengan adanya media sosial.

Salah satu media sosial yang di gunakan adalah WhatsApp. Kita bisa melakukan percakapan baik lewat pesan, suara, maupun video.

Mengirim file data atau dokumen juga mudah dikirimkan melalui WhatsApp, baik secara individu maupun kelompok.

Namun, terkadang secara tidak sengaja mungkin kita bisa menghapus file penting di dalam handphone, termasuk percakapan-percakapan penting.

Untuk mengatasi tentang masalah kehilangan riwayat chat pada WhatsApp, kamu bisa memulihkannya melalui solusi dalam pembahasan kali ini.

Sebaiknya jangan logout dari akun WhatsApp kamu atau mengatur ulang handpone kamu dan memperbarui apapun setelah kamu mengetahui data yang kamu miliki hilang.

Karena bisa jadi file cadangan kamu akan ditimpa atau mungkin terhapus tanpa sengaja dan tidak dapat diekstraksi kembali.

1. Mengembalikan Data WhatsApp dari Google Drive

Cara ini bisa digunakan jika kamu sudah pernah mencadangkan pesan WhatsApp dengan Google Drive.

Cara mengembalikan file WhatsApp yang terhapus bisa di kembalikan melalui salinan backup.

Berikut langkah untuk mengambailkan data WhatsApp:

  1. Uninstall aplikasi WhatsApp di perangkat kamu.
  2. Instal ulang dan masuk akun mu menggunakan nomer yang sama.
  3. Kamu akan diminta untuk memulihkan cadangan kamu. Kemudian klik “Restore“/”Pulihkan“.cara mengembalikan file whatsapp yang terhapus di android

  4. Tunggu hingga proses selesai.

catatan:

  • Pastikan nomer yang kamu gunakan belum hangus dan masih aktif.
  • Hanya bisa melakukan backup dan memulihkan di perangkat dan sistem operasi yang sama.
  • Jika kamu belum pernah mencadangkan sebelumnya, kamu tidak bisa mengembalikan data yang tidak sengaja terhapus.
  • Semua data yang terbackup akan di pulihkan, kamu tidak bisa memilih file tertentu.
  • Jangan lewatkan langkah pemulihan saat menginstal ulang WhatsApp, karena kamu tidak bisa mengulanginya.

Jika cara ini belum berhasil, silakan untuk melanjutkan membaca dan Anda disarankan untuk memulihkan data dengan software Pemulihan Data Android.

2. Mengembalikan Data WhatsApp yang Belum di Cadangkan

Cara mengembalikan file WhatsApp yang terhapus ini kamu perlu menggunakan bantuan dari pihak ke 3, kamu bisa menggunakan aplikasi FonePaw.

Aplikasi ini dapat memulihkan data Android yang hilang seperti kontak, pesan, riwayat panggilan, foto, riwayat WhatsApp, video, dan lainnya.

FonePaw juga mendukung hampir semua perangkat Android. Kamu bisa men-download aplikasi ini di komputer kamu dan langsung mencobanya.

  • Download dan install aplikasi terlebih dahulu di PC kamu.cara mengembalikan file whatsapp yang terhapus lama
  • Kemudian, kamu akan diminta untuk menghubungkan perangkat kamu ke PC, sambungkan menggunakan kabel USB.
  • Aktifkan Debugging USB di ponsel kamu, karena Android kamu sedang dicari oleh komputer agar data pada handphone bisa terbaca.cara mengembalikan chat whatsapp yang terhapus lama
  • Setelah mengaktifkan USB debugging, perangkat akan terdeteksi oleh aplikasi. Jika hanya ingin mengembalikan file WhatsApp saja, bila pilih “WhatsApp“. Kemudian klik “Next/Selanjutnya“.cara mengembalikan foto chat whatsapp yang terhapus
  • Program aplikasi akan memindai file-file yang berhubungan dengan WhatsApp, namun sebelumnya pastikan untuk meng-klik tombol “Allow/Ijinkan/Berikan/Otorisasi“. Pilihan akan berbeda tergantung merk handphone yang kamu gunakan.whatsapp recovery
  • Memindai data membutuhkan waktu. Setelah proses selesai kamu bisa melihat data yang bisa dipulihkan. Jika tadi kamu sudah memilih WhatsApp selanjutnya kamu tinggal meng-klik tombol “Recover“. Tunggulah beberapa saat dan file kamu yang hilang akan kembali.whatsapp recovery

 

Catatan: Jika kamu tidak dapat menemukan apa yang ingin kamu pulihkan dalam daftar, kamu bisa meng-klik Deep Scan untuk memindai file telepon Anda lagi.

Dalam mode ini, aplikasi akan mendeteksi lebih banyak item. Cara ini juga bisa digunakan untuk pengguna WhatsApp Mod. Silahkan mencoba, semoga membantu!

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.