Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop

1 min read

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop

Anda yang membaca artikel ini tentu ingin agar file yang terhapus dikembalikan lagi. File dapat terhapus karena virus atau bahkan karena kita tidak sengaja menghapusnya. Tentu sangat menyebalkan, apalagi ketika file tersebut sangatlah penting. Tetapi tenang saja karena ada cara mengembalikan file yang terhapus di laptop dengan mudah.

Seiring berkembang pesatnya teknologi saat ini, bukan hal yang sulit untuk mengembalikan file yang telah terhapus di komputer. Karena pada dasarnya, file tersebut tidak benar-benar hilang dari pc. Hanya saja, anda perlu mencoba agar file tersebut kembali seperti sedia kala.

Anda dapat memilih sesuai dengan kondisi yang terjadi pada laptop, berikut cara mudah untuk mengembalikan file yang hilang:

Periksa Folder Recycle Bin

Saat data pada Windows terhapus, file tersebut sebenarnya tidak benar-benar terhapus dari pc anda. Windows menampungnya di dalam folder Recycle Bin. Recycle Bin merupakan fitur bawaan yang secara otomatis terpasang di pc jika anda menggunakan sistem operasi Windows.

Folder ini merupakan kumpulan file atau data yang terhapus secara sengaja maupun tidak. Jika file tersebut masih terdapat di Recycle Bin, anda dapat menghelakan nafas dengan lega. Cukup dengan klik kanan lalu pilih Restore, maka data akan kembali ke tempat awal file tersebut disimpan, dan anda dapat menggunakan data tersebut kembali.

cara mengembalikan file yang terhapus di recycle bin

Fitur Restore Previous Versions

Setelah di periksa di Recycle Bin namun sudah terhapus? Sekali lagi jangan panik, anda masih dapat menggunakan fitur restore previous versions untuk mengembalikan data yang hilang.

Cara ini tergolong mudah, karena anda tidak perlu menginstall software khusus untuk recovery file. Namun, pastikan anda sudah mengaktifkan restore point pada laptop.

Laptop Anda kena virus?: Baca Cara Menghilangkan Virus di Laptop

Berikut merupakan cara mengembalikan file yang terhapus dengan menggunakan Restore Previous Versions. Buka folder yang dimana data telah terhapus sebelumnya, Lalu klik kanan kemudian pilih “Restore Previous versions”. Setelah terbuka kemudian pilih tab “Previous versions”, kemudian pilih folder terakhir yang ingin anda restore. Selanjutnya restore ke posisi terakhir sebelum data tersebut terhapus.

Gunakan Software Khusus Jika Diperlukan

Jika cara yang telah dijelaskan diatas tidak dapat mengembalikan data anda, cara terakhir adalah dengan menggunakan software khusus recovery data. Terdapat banyak software yang dapat anda gunakan, baik itu tersedia secara gratis maupun berbayar, seperti:

  1. MiniTool Partition Recovery,
  2. Recuva,
  3. Wise Data Recovery,
  4. dan PC Inspector File Recovery.

Agar data anda lebih terjaga, disini berakal.com akan membagikan tips supaya data anda terlindungi dari kemungkinan terhapus maupun hilang.

Tips Melindungi Data

Terhapus atau hilangnya data merupakan hal diluar dugaan yang sering terjadi. Terutama bagi anda yang aktif menggunakan pc dalam kegiatan sehari-hari. Ada baiknya anda mengikuti tips berikut agar data anda lebih terjaga dari kemungkinan yang tidak diinginkan.

Jadikan komputer ringan: Cara Menghapus Cache Windows

1. Back-up data secara berkala di tempat berbeda dari pc

Hal yang biasa diremehkan, manfaat dari melakukan back-up data secara berkala. Namun, hal tersebut merupakan hal penting jika data-data yang anda miliki merupakan data krusial seperti data penting perusahaan, data skripsi, dll.

cara mengembalikan file yang terhapus permanen

2. Gunakan teknologi Cloud Computing

Dengan Cloud Computing, data anda akan tersimpan di server online sehingga tercegah dari hilangnya data akibat virus, system error, bencana alam, dll.

cara mengembalikan file yang terhapus di laptop windows 8

Itulah cara mengembalikan file yang terhapus di laptop secara disengaja, tidak disengaja, ataupun yang terkena virus. Jangan lupa gunakan tips untuk meminimalisir hilangnya data. Semoga dapat bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *