Cara Mengetahui HP Disadap

Share
Comment 0 reply
Cara Mengetahui HP Disadap

Advertisements

Loading...

Keamanan berkomunikasi lewat Smartphone hingga kini masih jadi masalah pelik di dunia teknologi, termasuk pada smartphone yang kamu digunakan.

Kasus hacking dan penyadapan masih banyak terjadi dan bukan tidak mungkin menimpa kamu.

Smartphone yang di-sadap bisa dibilang sebagai sebuah bencana. Karena memang banyak cara sadap hp yang bisa dipakai.

Oknum yang tidak bertanggung jawab jadi bisa mengetahui percakapan kamu, mencuri data-data penting, hingga melakukan transaksi atau aktivitas tertentu tanpa se-pengetahuan kamu.

Untuk itu kamu perlu mengetahui ciri-ciri yang menunjukkan HP kamu telah atau sedang disadap orang lain.

Cara Mengetahui HP Sedang Disadap

1. Suara aneh selama panggilan

Ciri-cirinya yang pertama adalah adanya suara atau bunyi aneh selama panggilan telepon berlangsung yang bukan berasal dari kamu atau dari lawan bicara kamu di telepon.

Bukan hanya bunyi aneh tetapi suara lawan bicara kamu yang akan terdengar seakan dia berada di sebuah lorong yang bergema.

Kamu juga akan beberapa kali mengalami salah sambung yaitu ketika kamu ingin menelepon seseorang, malah tersambung ke nomor orang lain.

Kamu harus waspada ketika beberapa ciri diatas muncul saat kamu sedang telepon dengan seseorang.

2. Baterai Boros

Indikasi lain ponsel yang disadap adalah kinerja baterai yang berkurang.

Jika ponsel disadap, aktivitas kamu akan terekam dan mengirimkannya ke pihak ketiga.

itu sangat berpengaruh dalam bentuk peningkatan penggunaan daya baterai dan akibatnya baterai akan lebih boros dari biasanya.

Ponsel yang disadap juga dapat terus merekam percakapan di dalam ruangan, bahkan saat ponsel tampak diam. tentunya itu akan menguras daya tahan baterai.

Kamu dapat mengujinya dengan menggunakan baterai di telepon lain dengan model yang sama dan membandingkan hasilnya.

Advertisement

Jika hasil yang ditunjukan sangat berbeda antara ponsel milik kamu dan orang lain maka kamu perlu curiga.

3. Aktivitas ponsel ketika tidak digunakan

Jika ponsel kamu mengeluarkan suara atau layar yang terang sendiri saat kamu tidak menggunakannya

Atau peringatan, panggilan dan pesan di satu sisi ponsel kamu berada di mode senyap, Bahkan ponsel yang tiba-tiba reboot sendiri

Kamu harus curiga dengan aktivitas yang aneh pada ponsel kamu.

4. membutuhkan waktu lama untuk mematikan hp

Sebelum Smartphone dimatikan, ia harus menyelesaikan semua tugas yang sedang diproses.

Jika ponsel kamu mengirimkan data ke seseorang, maka Smartphone harus menyelesaikan prosesnya sebelum dimatikan.

Akibatnya ponsel membutuhkan waktu yang lebih lama dari biasanya untuk dimatikan, karena setelah panggilan, SMS, email, atau penjelajahan web, ponsel harus mengirimkan informasi ke pihak ketiga.

5. Suhu baterai yang panas

Jika baterai ponsel sangat panas saat ponsel tidak digunakan dan kamu tidak tahu penyebabnya, mungkin ada program penyadap yang sedang berjalan dan menyebabkan baterai ponsel terkuras.

Tentu saja, baterai yang panas bisa menjadi pertanda bahwa ponsel telah digunakan berlebihan.

Hal ini berlaku terutama untuk ponsel yang sudah lawas, karena kualitas sel baterai cenderung menurun dari waktu ke waktu.

6. Pesan kode yang mencurigakan

Jika kamu menerima pesan teks SMS berisi teks huruf atau angka acak dari pengirim yang tak dikenal, pesan ini adalah pertanda besar ada penyadapan amatir di ponsel.

Beberapa program digunakan untuk mengirim pesan SMS ke ponsel sasaran.

Jika kamu menerima pesan kode yang mencurigakan segeralah mengecek apakah ciri-ciri yang lainya juga muncul pada ponsel.

7. Peningkatan penggunaan data

Jika tagihan data melonjak dan kamu tidak menggunakan data sebanyak itu, mungkin ada orang lain yang menggunakan data melalui penyadapan.

Banyak program mata-mata yang mengirim log catatan ponsel kamu ke server daring dan menggunakan plan data kamu untuk melakukannya.

Program-program lawas menggunakan data dalam jumlah besar yang membuatnya lebih kentara, tetapi program baru kini lebih tersamar karena hanya menggunakan sedikit data.

Advertisement

Cara Menemukan Software Penyadap

1. iPhone

Umumnya jika kamu memiliki iPhone dan seseorang ingin menginstal Aplikasi mata-mata, mereka harus melakukan jailbreak pada ponsel terlebih dahulu.

Kelemahan tersebut telah ditemukan di masa lalu yang memungkinkan seseorang dengan akses jaringan yang digunakan oleh perangkat untuk mengunduh sejumlah besar data pribadi.

Masalah ini telah diperbaiki tetapi bisa jadi kerentanan baru yang akan muncul kembali.

Terkadang kamu menemukan aplikasi di iPhone yang tidak pernah kamu unduh.

kamu dapat memeriksa App Store dan melihat apakah Aplikasi  itu tersedia dan jika tidak, kemungkinan ponsel kamu telah di-jailbreak.

Melihat lebih dalam ke dalam direktori iPhone lebih sulit daripada dengan Android tetapi ada cara mudah untuk menghapus perangkat lunak mata-mata dari iPhone.

Cukup tingkatkan ke versi OS terbaru maka iTunes akan menghapus jailbreak dan perangkat lunak eksternal apa pun yang bukan dari Apple.

Tetapi pastikan untuk mencadangkan data penting di ponsel sebelum kamu melakukan ini.

2. Android

Kamu dapat menemukan Aplikasi mata-mata di Android dengan meliha file di ponsel.

Buka PengaturanAplikasiAplikasi Manager atau Runing Service, kamu dapat melihat file yang tampak mencurigakan.

Advertisement

Aplikasi mata-mata yang baik biasanya menyamarkan nama file sehingga tidak menonjol, tetapi terkadang dapat berisi istilah seperti mata-mata, monitor, stealth, dan sebagainya.

Beberapa program Aplikasi berkualitas rendah masih cukup mudah dikenali.

Jangan khawatir, jika kamu hanya mencari konfirmasi dari file manager, kamu tidak akan melakukan kerusakan pada ponsel, tetapi mungkin lebih baik tidak menghapus atau menghapus file apa pun kecuali benar-benar tahu apa yang sedang kamu lakukan.

Dan jika kamu menemukan aplikasi yang mencurigakan, ada baiknya untuk membawa perangkat kamu ke seseorang yang Profesional.

3. Factory Resets

Mengembalikan ponsel kamu ke pengaturan pabrik, baik Android atau iPhone, akan menghapus perangkat lunak mata-mata apa pun, tetapi sekali lagi pastikan untuk mencadangkan data seperti kontak, foto, dan musik atau jika tidak ingin kehilangannya.

Jika kamu melakukan cara ini,pastikan menggunakan kode sandi yang kuat untuk mencegah akses tidak sah ke perangkat di masa mendatang.

Untuk perangkat Android, kamu juga dapat memasang aplikasi, seperti AppNotifier yang akan mengirimi kamu email saat program dimuat ke ponsel, memberi tahu jika seseorang mencoba melakukan sesuatu yang seharusnya tidak mereka lakukan.

Kesimpulan

Mengejutkan mengetahui bahwa seseorang memantau kamu dengan aplikasi mata-mata.

Sebagian besar target perangkat lunak mata-mata bahkan tidak menyadari bahwa jenis aplikasi ini terpasang.

Tetapi jika telah mendeteksi salah satu ciri-ciri di atas, Kamu harus waspada.

Dan jika kamu telah menguasai bagaimana cara mengetahui hp disadap, maka kamu akan lebih nyaman dalam menggunakan ponsel.

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.

Advertisements