Manarul Seorang muslim, dreamer, dan blogger. Tertarik dengan teknologi dan dunia digital khususnya Search Engine Optimization. Saat ini menjadi Chief Executive Officer di Berakal.com

Cara Mengganti Nomor WhatsApp

2 min read

Cara Mengganti Nomor WhatsApp

Sebenarnya cara mengganti nomor whatsapp ini bisa dilakukan dengan beberapa langkah saja, anda hanya tinggal masuk ke pengaturan aplikasi whatsapp dan mengganti nomornya.

Tetapi apa saja efek mengganti nomor wa? apakah akan menghapus kontak, keluar dari group, atau menyebabkan kontak hilang? Kita akan bahas selengkapnya.

Di tahun 2018 ini, WhatsApp meluncurkan fitur baru yaitu ketika anda ingin mengganti nomor whatsapp, anda bisa memilih memberikan informasi pergantian nomor anda ke daftar kontak atau memilih untuk tidak membagikannya.

Apabila anda ingin menggunakan 2 whatsapp dalam satu hp, baca cara menggunakan 2 whatsapp sekaligus yang pernah kami bahas.

Perhatian: Sebelum mengganti nomor whatsapp, sebaiknya backup terlebih dahulu semua chat yang ada untuk menghindari chat hilang. Walaupun sebenarnya kemungkinan chat hilang sangat kecil.

Cara Mengganti Nomor WA Tanpa Menghapus Kontak

cara mengganti nomor wa baru

  1. Buka aplikasi WhatsApp, lalu tap menu burger di bagian kanan atas aplikasi.
  2. Kemudian pilih menu Setelan.
  3. Pilih Akun dan Ganti nomor.cara ganti nomor whatsapp
  4. Akan muncul halaman yang memastikan anda ingin lanjut mengganti nomor whatsapp atau tidak, tap LANJUT.
  5. Lalu masukkan nomor WA lama dibagian atas dan nomor WA baru dibagian bawah.
  6. Lalu pilih ingin memberitahukan ke daftar kontak anda atau tidak.
  7. Terakhir, tap SELESAI.

Perhatian: Apabila nomor whatsapp yang baru berada di hp lain maka anda perlu melakukan verifikasi secara manual terlebih dahulu.

Bosan dengan tampilan wa yang gitu-gitu aja? Coba beberapa Tema WhatsApp yang bisa langsung anda pakai.

Hanya beberapa langkah diatas nomor whatsapp telah berhasil diganti. Karena sayang jika nomor wa yang sudah tidak aktif tetapi tetap digunakan.

Perlu diperhatikan bahwa mengubah nomor whatsapp dengan cara diatas tidak akan menghapus chat atau file yang tersimpan di hp seperti foto dan video yang pernah diterima atau dikirim.

Sebelum menerapkan cara mengganti nomor whatsapp baru diatas, ketahui terlebih dahulu pertanyaan yang sering ditanyakan mengenai apa saja efek ganti nomor whatsapp.

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan

Apakah kontak yang diblokir di nomor lama tetap ada di nomor baru?

Tidak, ketika anda telah mengganti nomor whatsapp maka kontak yang sudah diblokir tidak ikut terblokir di nomor yang baru, tetapi tenang saja karena nomor yang kita blokir tidak akan tahu kalau kita sudah mengganti nomor whatsapp.

Apakah akan menyebabkan kita keluar dari grup?

Tidak, apabila anda sudah tergabung di sebuah atau beberapa group maka tenang saja karena anda tidak akan keluar dari grup secara otomatis.

Apakan akan menghapus kontak?

Daftar kontak teman-teman anda di aplikasi whatsapp tidak akan terpengaruh selama nomor teman-teman anda masih tersimpan di hp. Tetapi berbeda kasusnya apabila anda menyimpan nomor teman-teman anda di sim card, apabila simcard diganti maka nomor yang tersimpan juga akan hilang. Jadi sebaiknya simpan nomor teman anda di perangkat.

Apakah bisa kembali lagi menggunakan nomor lama?

Tentu saja bisa, asalkan nomor lama masih aktif.

Jika ada yang mengirim chat ke nomor lama apakah masuk ke nomor baru?

Tentu saja tidak, karena anda sudah mengganti nomor whatsapp, maka dari itu sebaiknya beritahukan kontak anda ketika anda melakukan pergantian nomor wa.
Tidak ingin tema WA karena hanya ingin mengubah background whatsapp saja? Pakai cara mengganti background whatsapp

Apa yang terjadi jika ada yang menelpon ke nomor whatsapp yang lama?

Tidak akan bisa melakukan panggilan via whatsapp ke nomor yang lama, namun secara otomatis akan diarahkan ke menu panggilan telepon biasa.

Jika saya admin group, apa yang terjadi?

Tenang saja karena tidak akan terjadi apa-apa walaupun nomor whatsapp anda berubah.

Apakah teman kita akan tahu jika kita mengganti nomor whatsapp?

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa anda dapat memilih memberitahukan kepada kontak anda atau tidak. Tergantung pilihan anda.

Kesimpulan

Jadi mengganti nomor whatsapp tidak akan banyak berpengaruh bagi data-data yang ada seperti file, foto, dan video, karena semuanya tetap ada di perangkat.

Kami sarankan agar anda mengaktifkan pemberitahuan ganti nomor whatsapp kepada daftar kontak, agar suatu waktu teman anda ingin menghubungi anda maka tidak terlalu susah. Oh ya! cara mengganti nomor whatsapp bisa dilakukan tanpa verifikasi jika nomor yang baru ada di hp yang sama.

Manarul Seorang muslim, dreamer, dan blogger. Tertarik dengan teknologi dan dunia digital khususnya Search Engine Optimization. Saat ini menjadi Chief Executive Officer di Berakal.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *