Nur Rahman Seseorang yang suka dengan dunia Fotografi dan Teknologi. Sering memotret momen indah dan mempelajari teknologi terbaru.

Cara Menggunakan Twitter

2 min read

cara menggunakan twitter

Twitter merupakan layanan jejaring sosial yang memungkinkan para penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan teks hingga 280 karakter. Pesan yang anda bagikan biasa disebut dengan kicauan (tweet).

Sejak kemunculan pertamanya pada tahun 2006, Twitter langsung dibanjiri pengguna dari berbagai negara tak terkecuali dari Indonesia sendiri. Selain dengan mengunjungi situs resmi twitter, saat ini anda juga bisa akses melalui aplikasi yang tersedia di playstore.

Kepopuleran twitter terbukti dengan banyaknya pengguna yang terdaftar pada layanan jejaring sosial yang satu ini. Bahkan pada tahun 2013, terdapat lebih dari 500 juta pengguna yang terdaftar di twitter. Sebanyak 200 Juta pengguna aktif yang terdata pada tahun itu masih mengalami lonjakan yang sangat derastis.

Apalagi dengan terjadinya peristiwa-peristiwa populer, pengguna twitter semakin banyak dijumpai. Contohnya saja pada awal tahun 2013, para pengguna twitter sudah mengirimkan lebih dari 500 juta kicauan perhari.

Dan untuk anda yang baru akan menggunakan twitter simaklah cara-cara untuk berjelajah di twitter yang akan berakal bahas kali ini.

Cara Menggunakan Twitter

Sebelum anda mulai untuk menggunakan Twitter, berikut ini yang perlu anda ketahui.

Membuat Akun Twitter

Halaman awal Twitter

Untuk menggunakan twitter tentu anda harus mempunyai akun terlebih dahulu. Cara membuat akun twitter, bisa anda temukan dengan membaca postingan disini.

Jika anda sudah memiliki akun untuk berjelajah, maka selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah mengelola profil yang anda miliki.

Mengelola Profil Twitter

Cara Mengisi profil di twitter

Mengelola profil twitter akan berguna untuk anda, dengan lengkapnya biodata dan foto yang ada akan memudahkan pengguna lain mengenali anda. Langkah ini sebenarnya bisa anda lewati jika anda tidak ingin data diri diketahui oleh orang lain. Akan tetapi, saran kami lebih baik jika anda isi meskipun tidak sesuai dengan data asli yang anda miliki.

Mulai Memposting Tweet

posting tweet di twitter

Memposting tweet pada twitter sama halnya dengan mengupdate status di Facebook. Disini anda juga bisa memposting tentang berita, informasi terbaru atau kegiatan sehari-hari jika anda suka. Posting tweet yang anda kirim akan memungkinkan orang lain untuk membaca tweet yang anda kirim pada saat itu.

Mulai Berdiskusi dengan Orang Lain

Anda juga bisa membahas hal yang sedang hangat dibicarakan dengan orang lain, anda bisa memanfaatkan hashtag  atau # di twitter. Misalkan anda ingin membahas tentang berita politik saat ini maka anda cukup mengetik #BeritaPolitik pada kolom pencarian.  Anda juga bisa menambah hashtag pada postingan, sehingga orang yang tidak mengikuti anda juga bisa melihat postingan yang anda bagikan.

Langkah diatas bisa mulai anda praktekan saat menggunakan twitter. Bijaklah dalam menggunakan sosial media karena saat ini juga ada undang-undang yang bisa menjerat anda.

Selain hal diatas, perlu diketahui juga istilah yang biasa ada di twitter agar anda tidak kebingungan ketika menemui istilah tersebut.

Istilah Yang ada di Twitter

@ (Mention)

logo mention di twitter

Istilah @ atau mention berfungsi sebagai tanda memberikan pesan atau seruan yang ditujukan kepada seorang pengguna yang sudah mengikuti anda. Misalkan anda ingin mention pengikut anda dengan status, “@NamaPengguna sekarang kerja dimana?” dengan mention tersebut pengguna yang anda beri tanda @ akan menerima notifikasi dari twitter.

# (Hashtag)

hashtag logo

Hashtag atau tanda # merupakan tanda yang berfungsi untuk menandai suatu peristiwa yang sedang dibahas. Jika ada banyak orang menggunakan hashtag pada satu topik, maka hashtag tersebut bisa menjadi trending di negaranya bahkan seluruh dunia.

Followers

Followers jika dalam bahasa Indonesia berarti pengikut atau teman yang mengikuti di akun twitter anda. Followers ini yang bisa melihat posting tweet anda apabila anda tidak memberi hashtag pada postingan anda. Berbeda dengan postingan yang anda beri hashtag, itu akan bisa dilihat oleh pengguna lain meskipun tidak mengikuti anda.

Following

Following atau yang berati mengikuti artinya anda akan mendapatkan update terbaru postingan yang dibagikan oleh akun yang anda ikuti. Anda bisa mengikuti pengguna lain dengan cara menekan tombol follow yang ada dibawah nama pengguna.

Reply

Reply adalah istilah yang digunakan ketika anda ingin membalas atau merespon sebuah tweet yang orang lain bagikan. Apabila anda ingin me-reply atau merespon tweet pengguna lain, anda bisa klik pada menu reply yang ada dibagian bawah tweet.

Retweet

Istilah Retweet merupakan fitur untuk mengulang tweet yang sudah dibagikan oleh pengguna lain. Penggunaan Retweet ini biasanya dilakukan pada postingan yang dirasa  bermanfaat bagi orang lain. Dan yang perlu anda ketahui Retweet juga biasa disingkat menjadi RT oleh banyak para pengguna Twitter.

Direct Message (DM)

Direct Message atau sering dikenal dengan istilah DM adalah salah satu fitur yang disediakan twitter untuk mengirim pesan secara pribadi. Fitur DM ini bisa anda temukan pada logo bersimbol Amplop atau kotak pesan. Dengan cara DM anda bisa bertukar pesan secara pribadi tanpa harus menyebarnya di beranda Twitter.

Favorites

Favorites  ini bisa anda jumpai pada setiap kicauan pengguna twitter. Jika Anda menemukan yang bermanfaat anda bisa memberi tanda favorites dengan mengetuk tanda hati .

Itulah beberapa tips cara menggunakan twitter dan istilah yang perlu anda ketahui saat sedang menggunakan twitter. Harus anda ingat, bijaklah dalam menggunakan sosial media untuk menghindari dari jeratan undang-undang yang ada di negara kita ini.

Nur Rahman Seseorang yang suka dengan dunia Fotografi dan Teknologi. Sering memotret momen indah dan mempelajari teknologi terbaru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *