Manarul Seorang muslim, dreamer, dan blogger. Tertarik dengan teknologi dan dunia digital khususnya Search Engine Optimization.

Cara Menghapus Halaman di Facebook

2 min read

Cara Menghapus Halaman di Facebook

Halaman facebook atau fanpage yang sudah lama tidak digunakan sebaiknya dihapus agar tidak menjadi sampah. Sekaligus agar tidak membuat orang menjadi bingung dan salah paham. Namun seringkali hal itu tidak dilakukan, baik karena lupa ataupun tidak tahu bagaimana cara untuk menghapus halaman facebook tersebut.

Halaman facebook berbeda dari profil facebook biasa. Profil biasanya hanya mewakili Anda sebagai individu yang dapat berinteraksi dengan teman dan mempertahankan kontrol atas informasi yang dibagikan.

Sedangkan halaman adalah representasi publik dari seseorang, organisasi, tempat, grup. Atau bahkan sesuatu diluar itu seperti hal yang disukai oleh banyak orang.

Pastikan Anda adalah admin dari halaman yang ingin dihapus

Mengapa harus? Karena hanya pengguna yang memiliki akses admin yang dapat menghapus halaman Facebook. Jika awalnya Anda yang membuat halaman, maka secara otomatis Anda yang menjadi admin secara default.

Namun, jika anda bukan orang yang membuat halaman tersebut. Maka sebelum menghapusnya harus mendapat izin dari admin halaman lain untuk menjadikan anda sebagai admin.

Alternatif Lain

Sebelum anda menghapus halaman Facebook. Coba pertimbangkan beberapa opsi alternatif berikut:

1. Tidak menerbitkan halaman sebagai gantinya

Anda tidak perlu mempublikasikan halaman anda sehingga tidak bisa diakses oleh publik, termasuk orang-orang yang menyukai halaman itu. Satu-satunya orang yang masih bisa melihat isi dari halaman tersebut adalah mereka yang memiliki akses admin.

2. Menggabungkan halaman dengan halaman yang serupa

Jika anda adalah admin dari halaman lain dengan nama dan sepresentasi yang serupa. Facebook memungkinkan anda untuk menggabungkannya dengan halaman yang tidak ingin anda pertahankan lagi.

Ingin menghapus akun pribadi juga? Gunakan cara menghapus akun facebook pribadi.

3. Download salinan data halaman Anda sebelum menghapusnya

Berakal menyarankan anda untuk memiliki semua salinan posting, video, foto, dan info halaman Anda.

Masing-masing cara diatas bisa dilakukan di tab Halaman. Cari bagian Visibilitas Halaman untuk membatalkan publikasi halaman.

Bagian Gabung Posting / Merge Posts untuk menggabungkan halaman tersebut dengan halaman yang serupa. Serta bagian Unduh Halaman / Download Page untuk mengunduh salinan halaman.

Jika sudah yakin tetap ingin menghapusnya. Berikut ini kami akan berbagi cara untuk menghapus halaman atau fanpage facebook yang dapat dilakukan dengan dua cara.

Catatan: Cara ini bersifat permanen dan tidak bisa dipulihkan kembali, jadi sebelum melakukan sebaiknya pertimbangkan dengan matang-matang.

1. Cara Menghapus Halaman di Facebook Lewat Android

  1. Buka aplikasi Facebook yang telah terinstall di hp kita dan pastikan akun kita lah yang login ke aplikasi facebook tersebut.  login facebook via hp

  2. Masuk ke halaman facebook atau fanpage yang akan kita hapus, kemudian pilih tanda titik-titik () di pojok kanan atas.halaman facebook yang akan dihapus
  3. Akan muncul pop up secara otomatis setelah itu pilih Edit Page, kemudian masuk ke menu Settings.menu setings
  4. Pilih menu General kemudian scroll kebawah sampai ketemu Remove Page, lalu pilih Permanently delete *nama_halaman_facebook.cara menghapus halaman di facebook lewat android
  5. Kemudian akan muncul konfirmasi apakah kita benar benar akan menghapus secara permanen halaman facebook kita. Jika sudah mantap halaman tersebut akan dihapus, maka pilih Delete Page.menu konfirmasi
  6. Dan hasilnya, halaman facebook kita yang tadi sudah di hapus secara permanen.hasil akhir

2. Cara Menghapus Fanpage Facebook Lewat Laptop

  1. Buka link https://www.facebook.com/ pada web browser kita kemudian login menggunakan akun facebook kita.
    login facebook via laptop
Jika terjadi masalah ketika login karena lupa kata sandi facebook silahkan dibaca artikel berikut Cara Mengatasi Lupa Kata Sandi Facebook.
  1. Setelah masuk ke beranda facebook kita lalu pilih menu Halaman yang terletak disisi kiri laman web.
    beranda facebook
  2. Pilih halaman atau fanpage yang ingin kita hapus, kemudian masuk ke menu Pengaturan.
    halaman facebook yang akan dihapus
  3. Kemudian scroll ke bawah sampai ketemu Hapus Halaman dan pilih Hapus *nama_halaman_facebook secara permanen. .
    hapus halaman facebook
  4. Selanjutnya akan muncul pop up konfirmasi apakah kita telah yakin akan menghapus halaman facebook tersebut. Jika sudah yakin ingin menghapus maka pilih Hapus.
    muncul konfirmasi
  5. Akhirnya halaman facebook kita sudah ter hapus secara permanen.
    hasil akhir

Info tambahan:

  1. Untuk menghapus halaman facebook, kita harus terdaftar sebagai pembuat atau sebagai administrator di halaman tersebut.
  2. Halaman akan selalu tersedia dan bisa diakses jika tidak dihapus secara manual.

Sekali lagi kami mengingatkan penghapusan ini bersifat permanen. Jadi setelah halaman sudah kita hapus maka tidak bisa bisa kita buka atau akses kembali. Demikian artikel mengenai cara menghapus halaman atau fanpage facebook via hp android maupun via laptop.

Manarul Seorang muslim, dreamer, dan blogger. Tertarik dengan teknologi dan dunia digital khususnya Search Engine Optimization.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *