Cara Menghilangkan Virus di Laptop

3 min read

Cara Menghilangkan Virus di Laptop

Virus menjadi momok yang menakutkan bagi sebagian besar pengguna laptop, dikarenakan virus dapat merusak kinerja laptop, dapat menyebabkan hilangnya data – data penting, dan masih banyak kerugian lainnya. Untuk itulah kita harus mengetahui cara menghilangkan virus di laptop sehingga perangkat komputer kita bebas dari virus.

Salah satu contoh penyebab masuknya virus pada perangkat, ketika anda mendownload sebuah film maupun lagu namun di dalamnya telah tertanam virus yang dapat masuk pada perangkat anda.

Berikut jenis – jenis virus yang sering ditemukan oleh pengguna laptop, antara lain:

1. Worm

Worm merupakan jenis virus yang dapat menyebar tanpa memerlukan interaksi khusus dari penggunanya. Kebanyakan jenis worm bermula dari infeksi yang berasal dari kiriman lampiran email yang diterima oleh seorang pengguna komputer, ketika file tersebut dijalankan maka virus komputer jenis worm ini mulai menyebar pada perangkat pengguna tersebut.

2. Spyware

Spyware merupakan program virus yang dapat menginstall dirinya sendiri pada perangkat yang telah terinfeksi tanpa sepengetahuan korban. Program jenis ini dapat melakukan tindakan berupa merubah konfigurasi komputer maupun mengumpulkan data – data pribadi milik sang korban.

3. Trojan

Virus Trojan merupakan virus yang memiliki kemampuan untuk menyembunyikan dirinya di dalam program lainnya yang terdapat di dalam perangkat. Virus ini memiliki kemampuan untuk memasuki perangkat korban tanpa perlu memiliki interaksi penuh dari penggunanya.

Cara Menghilangkan Virus di Laptop

Lalu bagaimana langkah untuk menghilangkan virus yang telah bersarang di dalam perangkat? Simak keterangan dibawah ini.

1. Gunakan Command Prompt

Menggunakan Command Prompt menjadi salah satu alternatif karena anda tidak perlu menggunakan aplikasi anti virus sebelumnya. Perhatikan cara dibawah ini agar tidak terjadi kekeliruan saat mengaplikasikan cara tersebut.

  • Pertama, klik Start dan ketik cmd. Jika sudah, klik kanan untuk menjalankan sebagai administrator. Jadi, Run as administratorCara Menghilangkan Virus di Laptop Menggunakan CMD

  • Misalkan, yang akan anda tuju adalah drive D, maka ketik dir D: attrib -s -h /s /d . dan tekan enter. Jika anda ingin memeriksa drive selain D, maka tinggal ganti saja huruf D dengan lokasi drive yang akan anda periksa. cara menghilangkan virus di pc
  • Setelah itu, maka command prompt akan mengeksplorasi drive yang dipilih dan memuat semua file pada drive tersebut. cara menghapus virus di komputer windows 7
  • Kemudian, cari file yang menurut anda asing dengan format .EXE, yang dimana anda tidak pernah menginstall sebelumnya, hapus melalui command prompt ini. cara menghilangkan virus di laptop windows 8
  • Jika tidak dapat dihapus, anda dapat search melalui Run, dan hapus file tersebut. Anda juga dapat menggunakan REGEDIT dengan cara Start > Run > Regedit > Edit > Find > masukkan nama file virus yang anda temukan di command prompt, dan hapus semua registry yang ada, termasuk folder sekalipun. cara menghilangkan virus di laptop windows 10

2. Matikan Layanan Mencurigakan Melalui Task Manager

Selanjutnya, anda dapat mengecek adanya virus menggunakan task manager, hal ini juga tidak menggunakan aplikasi anti virus sebelumnya. Simak cara penggunaannya berikut.

  • Pertama, buka task manager dengan menekan CTRL + SHIFT + ESCAPE. Lihat, jika terdapat layanan yang mencurigakan, segera matikan! cara menghapus virus trojan di laptop
  • Kemudian, jalankan MSConfigcara menghilangkan virus di laptop menggunakan task manager
  • Langkah berikutnya, setelah masuk System Configuration, masuklah ke opsi Service. Anda diharuskan menghapus semua kolom centang yang mencurigakan. Misal, yang tidak pernah anda install namun terdapat pada pilihan tersebut. cara menghilangkan malware pada laptop
  • Setelah itu, masuk ke Startup. Di sini anda akan melihat file yang menurut anda mencurigakan. Tandai file yang mencurigakan. cara menghapus virus di laptop secara manual
  • Sekarang, buka command prompt, kemudian cari file dengan nama yang mencurigakan. Hapus file tersebut melalui CMD, sama seperti cara pertama.

3. Cara Menghilangkan Virus di Laptop dengan Anti Virus

Selain dengan cara manual seperti yang telah disebutkan diatas, anda juga dapat menggunakan antivirus untuk menghilangkan virus berbahaya.

Misalnya, anda dapat menggunakan antivirus Smadav, Avast, AVG, Avira, Norton, Kaspersky dan lain-lain. Gunakan satu antivirus yang anda anggap terbaik, dan jangan lupa untuk melakukan update secara rutin, dan juga lakukan scaning dengan menjalankan antivirus. Jadi, bilamana virus menyusup, antivirus akan mendeteksi dan membersihkan file – file jahat tersebut.

4. Format Partisi

Selanjutnya adalah dengan cara melakukan format terhadap partisi yang telah diduga terkena virus. Cara yang satu ini tergolong beresiko dan tidak menjamin kesuksesan yang dapat anda raih. Akan tetapi, hal ini dapat dicoba dengan catatan virus yang anda alami adalah virus yang bersemayam di flashdisk atau memory card.

5. Install Ulang

Langkah lain yang dapat anda lakukan untuk menghapus virus di laptop dan mungkin merupakan salah satu opsi terakhir adalah dengan cara melakukan install ulang pada laptop.  Install ulang dapat anda lakukan apabila infeksi yang terjadi pada windows telah sedemikian parah sehingga aplikasi anti virus pun tidak dapat mengatasinya dengan baik.

Sebelum memutuskan untuk melakukan cara yang satu ini, pastikan bahwa anda telah membackup data – data penting dari laptop. Dengan demikian, ketika anda melakukan instalasi ulang, data penting pada laptop tidak akan terhapus.

Silahkan terapkan cara menghilangkan virus di laptop yang menurut anda paling sesuai, semoga dengan menghapus virus yang ada, performa perangkat akan lebih meningkat.

Cara Menghilangkan Virus Shortcut

Sebelum lebih jauh, kenali terlebih dahulu apa itu virus shortcut. Virus shortcut bekerja dengan cara menyembunyikan file asli pada komputer ataupun flashdisk. Proses menyembunyikannya dilakukan dengan cara mengubah file attribut menjadi supper hidden. Selanjutnya, virus ini akan membuat duplicate file tersebut dalam bentuk shortcut.

Berbeda dengan cara kerja virus lain, virus ini sebenarnya tidak merusak file. Hanya saja disembunyikan dalam bentuk supper hidden. Jadi, jika komputer tidak di setting untuk menampilkan file yang memiliki attribut supper hidden, maka seolah – olah file yang asli tidak terlihat atau hilang.

Virus ini dapat timbul karena Flashdisk yang terinfeksi dari perangkat lain. Bisa juga dari komputer yang awalnya bersih dari virus, namun ditancapkan flashdisk yang telah mengidap virus tersebut. Jika itu terjadi, bagaimana cara menghilangkan virus shortcut? Simak ulasan dibawah ini.

Berikut cara mengatasi virus shortcut tanpa aplikasi :

  1. Tancapkan flashdisk ke komputer terlebih dahulu
  2. Setelah itu buka command prompt (CMD). Caranya, tekan tombol dengan lambang Windows + Rcara menghilangkan virus shortcut di windows 7
  3. Jika sudah masuk di halaman command prompt, lalu cek posisi flashdisk. Misal Flashdisk berada di partisi G, maka anda harus mengetikkan G. Kemudian enter. cara menghilangkan virus di flashdisk dengan cmd
  4. Kemudian ketikkan perintah attrib -s -h -r -a * . * /s /d dan tunggu proses hingga selesai. cara menghapus virus shortcut di laptop secara permanen
  5. Setelah itu, lakukan cek pada flashdisk. Apakah semua folder sudah kemabali normal? Jika sudah, maka hapus folder yang menurut anda aneh dan tidak jelas.

Mudah bukan? Jika anda mengalami hal tersebut, lakukan sesuai dengan cara diatas.

Tinggalkan Balasan