Cara Mengubah Format Video

Share
Comment 0 reply
Cara Mengubah Format Video

Seperti yang kita tahu bahwa terdapat berbagai macam format video yang tersedia, saya pribadi lebih sering memutar video dengan format mp4 di komputer dan handphone. Sayangnya, tidak semua perangkat bisa mendukung format video yang sudah ada.

Misalnya saat saya download video dari youtube dengan format mp4, ternyata video tersebut tidak bisa dibuka di handphone adik saya karena tidak mendukung format mp4 melainkan hanya mendukung 3gp. Jadi mau tidak mau kita harus mengubah format video dari mp4 ke 3gp.

Selain contoh tersebut, alat perekam video juga akan mempengaruhi format video yang dihasilkan. Dan kami yakin banyak alat perekam yang mempunyai format berbeda dari yang lain.

Selain dari alat perekam seperti cam recorder, aplikasi perekam layar pc bagi anda yang suka recording game dan tutorial juga berpengaruh.

Kita bisa mengubah format video menjadi format apapun yang kita inginkan dengan memanfaatkan software atau jika anda tidak ingin ribet melakukan download software maka kami juga sediakan cara mengubah format video tanpa software alias secara online.

Oh iya! apabila anda ingin menyimpan video dari facebook dengan bebas memilih format video nya maka anda bisa gunakan cara download video di facebook yang pernah kami bagikan.

Cara Mengubah Format Video Tanpa Software Secara Online

Setelah berseluncur di internet, kami menemukan sebuah situs yang bisa dimanfaatkan untuk mengganti format video.

Selain berfungsi mengubah format, situs tersebut juga menyediakan fitur seperti audio converter, image conventer, document conventer, ebook conventer, archive conventer, dan hash generator.

Berikut cara mengubah format video secara online:

  1. Kunjungi situs online-convert.com.cara mengubah format video tanpa software

  2. Pilih format yang diinginkan.
  3. Klik Go setelah memilih format.
  4. Upload video yang akan diconvert.cara convert format video
  5. Klik Convert file untuk memulai mengubah format videocara mengubah format video online
  6. Tunggu hingga proses selesai.
  7. Download video yang telah diubah formatnya.
  8. Selesai.

Sebenarnya kamu bisa memilih “size of video” dan juga pengaturan optional lainnya seperti pilihan change video bitrate, disable audio track, select audio codec, change frame rate.

Bisa juga memotong video serta melakukan mirror/flip video.

Sesuaikan saja sesuai kebutuhan, karena contoh yang kami lakukan langsung melakukan convert tanpa mengisi optional setting.

Cara Merubah Format Video dengan Aplikasi Format Factory

Aplikasi format factory memang sudah terkenal kegunaannya untuk mengganti format video, suara, gambar, maupun fitur lainnya seperti menggabungkan video dan suara.

Ukuran aplikasi ini juga tidak terlalu besar sehingga tidak akan terlalu memberatkan laptop atau komputer. Mari kita coba mengubah satu format video dari mp4 ke 3gp lagi.

Download aplikasi Format Factory dan install terlebih dahulu jika kamu belum punya.

Cara mengubah format video dengan Format Factory:

  1. Buka aplikasi Format Factory.cara mengubah format video di pc
  2. Pilih format yang diinginkan.
  3. Tambahkan File video.
  4. Klik Ok jika video sudah ditambah.cara mengubah format video ke mp4
  5. Klik Mulai untuk mengubah format video.
  6. Tunggu hingga proses selesai berjalan.cara merubah format video avi ke mp4
  7. Selesai.

Kamu bisa juga menentukan folder keluaran file yang akan di convert, contoh disini kami meletakkan di D:\FFOutput.

Kami mencoba dengan format factory versi lawas (dahulu), sehingga mungkin versi yang lebih baru akan terdapat sedikit perbedaan fitur dan tampilan.

Jika terdapat kendala saat melakukan cara mengubah format video tanpa software dan dengan software ini dan tidak bisa mengatasinya, silahkan ditanyakan melalui komentar dibawah dan kami akan membantu menyelesaikan masalah tersebut.

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.