Daffa Pemuda yang lagi pengin nikah muda

Cara Menyambungkan WiFi ke Laptop

2 min read

Cara Menyambungkan WiFi ke Laptop

Sekarang ini semua laptop ataupun notebook sudah dibekali dengan fitur Wireless. Namun sayangnya tidak semua orang tahu bagaimana cara untuk menyambungkan WiFi ke laptop mereka.

Disaat kita mendengar kata WiFi, sebagian besar dari kita pasti akan memikirkan internet. WiFi merupakan singkatan dari Wireless Fidelity yaitu sebuah jaringan tanpa kabel (nirkabel) yang bisa kita gunakan untuk mengakses internet.

Dengan menggunakan jaringan WiFi, kita tidak perlu lagi menghubungkan komputer kita ke internet menggunakan kabel Lan atau RJ45. Yang tentunya akan membuatnya semakin ringkas.

Selain itu jaringan WiFi juga memiliki cakupan yang luas. Namun cakupan tersebut tentunya tergantung dengan router yang digunakan.

Selain digunakan untuk mengakses internet. WiFi juga dapat kita gunakan untuk melakukan komunikasi data antar perangkat. Salah satunya adalah untuk melakukan transfer file dari satu perangkat ke perangkat lain tanpa menggunakan kabel, flashdisk, ataupun bluetooth.

Nah, pada kesempatan kali ini. Berakal akan memberikan beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk menghubungkan laptop kita dengan jaringan WiFi.

Cara Menyambungkan WiFi ke Laptop dengan Tombol

cara menyambungkan wifi ke laptop lenovo

Beberapa merk laptop seperti Lenovo, Acer, dan HP dengan seri tertentu. Terdapat sebuah tombol khusus untuk mempermudah penggunanya yang akan menghubungkan laptop mereka dengan WiFi.

Untuk menyambungkan laptop kita dengan WiFi kita cukup dengan menekan atau merubah tombol tersebut ke posisi ON.

Jika lampu indikator WiFi sudah menyala atau logo WiFi yang ada di taskbar telah aktif. Maka laptop tersebut siap untuk disambungkan dengan WiFi.

Lupa dengan Password WiFi kamu? Simak Cara Mengatasi Lupa Password WiFi.

Untuk menonaktifkan atau mematikanya juga cukup mudah. Kita hanya perlu menekan kembali tombol tersebut ke atau merubahnya ke posisi OFF.

Cara Menyambungkan WiFi ke Laptop dengan Tombol Fn

tombol wifi

Apabila laptop kita tidak memiliki tombol khusus untuk menghidupkan dan mematikan WiFi. Maka tentunya terdapat tombol WiFi yang dapat kita gunakan dengan mengkombinasikanya dengan tombol Fungsi atau Fn. Cara ini biasanya dapat kita gunakan di laptop dengan merk Asus dan Toshiba.

Untuk menghubungkan WiFi tersebut cukuplah mudah, kita hanya perlu menekan tombol Fn disertai dengan tombol yang terdapat ikon WiFi.

Pada umumnya ikon WiFi terdapat di tombol F1, F2, F3, F5, F10, F11, dan F12. Tentunya setial laptop memiliki tombol dengan ikon WiFi yang berbeda, tergantung dengan merk dan seri laptop yang kita gunakan.

Menghubungkan WiFi lewat Control Panel

Cara yang ketiga adalah menggunakan Control Panel. Cara yang satu ini bisa kita gunakan untuk Laptop dengan sistem operasi Windows. Baik itu Windows 7, Windows 8, dan Windows 10.

Cara menghubungkan laptop dengan internet :

  1. Jalankan Control Panel yang ada di PC kita.
  2. Setelah itu buka menu Network and Internet. Kemudian buka Network and Sharing Center.control panel
  3. Selanjutnya pada bagian kiri layar pilih Change Adapter Setting.
  4. Langkah terakhir adalah klik kanan pada bagian jaringan Wireless. Setelah itu pilih Connect / Disconnect.cara menyambungkan wifi ke laptop windows 8
  5. Akan muncul daftar Wireless di bagian kanan layar. Sambungkan ke jaringan WiFi kita.
  6. Maka akan muncul jaringan WiFi yang terdeteksi oleh laptop kita. Hubungkan dengan salah satu WiFi yang tersedia.

Menghubungkan laptop ke WiFi Melalui Taskbar

wifi taskbar

Cara ini sebenarnya hampir sama dengan menggunakan Control Panel. Namun tentunya dengan menggunakan cara ini akan terasa lebih mudah dan simpel.

Untuk menyambungkanya kita cukup klik logo WiFi atau sinyal yang ada di taskbar laptop kita. Setelah itu maka akan muncul daftar jaringan WiFi yang siap untuk kita gunakan.

Klik jaringan WiFi yang akan kita gunakan, setelah itu klik tombol Connect atau Sambungkan. Tunggu hingga proses menghubungkan selesai. Apabila gagal ulangi langkah tersebut dan pastikan password yang kita masukkan sudah benar.

Sudah melakukan semua cara diatas namun masih belum bisa juga? Simak Laptop Tidak Bisa Connect Wifi.

Demikian artikel mengenai Cara Menyambungkan WiFi ke Laptop. Semoga semua cara diatas dapat membantu kalian semua yang mengalami kesulitan untuk menyambungkan laptop kalian dengan WiFi. Semoga berhasil!

Daffa Pemuda yang lagi pengin nikah muda

Cara Logout LINE

Galan
2 min read

Cara Memotong Lagu

Manarul
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *