Nur Rahman Seseorang yang suka dengan dunia Fotografi dan Teknologi. Sering memotret momen indah dan mempelajari teknologi terbaru.

Cara Merestore iPhone

3 min read

cara merestore iphone

Mengembalikan data yang hilang di iPhone dapat kita lakukan dengan cara merestore data tersebut. Restore data manual dapat kita lakukan secara offline.

Kebanyakan orang menyimpan banyak hal di ponselnya. Terutama foto-foto yang belum pasti anda cetak semuanya, juga pesan yang dari dulu tidak pernah anda hapus.

Membuat cadangan reguler adalah cara terbaik untuk memastikan semua kenangan itu tidak hilang. Anda pasti tidak ingin kehilangan semua data  ketika ponsel anda mengalami kerusakan, dicuri, atau akan mengganti dengan perangkat terbaru.

Maka dari itu pastikan anda mengaktifkan pencadangan otomatis yang tersedia di menu iPhone anda.

Anda sangat beruntung Apple membuat cara merestore data lama anda menjadi sangat mudah, tetapi ada beberapa cara untuk melakukannya, yaitu:

Sebelum Memulihkan Data iPhone

Apa yang anda bisa lakukan dengan file-file didalam iPhone anda jika iPhone anda dicuri atau rusak? tentu masih ada harapan. iCloud mungkin memiliki cadangan file anda.

Banyak orang yang mengaktifkan fitur ini pada iPhone ketika pertama kali menggunakannya.

Anda akan melihat opsi untuk mengatur ponsel anda dari pencadangan iCloud ketika anda mengatur iPhone baru atau dari factory reset, pada layar aplikasi & data.

Namun sebelum itu anda harus masuk ke akun Apple ID anda agar anda bisa mencadangkan file-file didalam iPhone ke iCloud. Untuk cara backup data ke iCloud anda bisa baca di artikel cara backup iphone.

Begitu juga jika anda akan memulihkan data yang ada di iCloud, anda harus masuk dengan akun Apple Id terlebih dahulu.

1. Cara Restore iPhone Menggunakan iCloud

Cara restore iPhone lewat iCloud:

  1. Pada perangkat iOS anda, buka Pengaturan > Umun > Pembaruan perangkat lunak. Jika tersedia versi iOS terbaru, ikuti instruksi yang ada pada layar untuk mengunduh dan menginstalnya.
  2. Pastikan anda memiliki data pencadangan terbaru yang bisa digunakan untuk merestore kembali data di iCloud.
  3. Di iOS versi 11 atau lebih baru : Buka Pengaturan > Nama perangkat anda > iCloud > Kelola Penyimpanan > Cadangan.
  4. Pada iOS versi 10.3 : Buka Pengaturan > Nama perangkat anda > iCloud. Dan Ketuk pada grafik yang menunjukkan penggunaan iCloud, kemudian ketuk kelola penyimpanan.
  5. Untuk iOS versi 10.2 atau versi yang lebih lama : Buka Pengaturan  > iCloud > Kelola Penyimpanan.cara restore iPhone dengan iCloud

  6. Langkah selanjutnya pilih data pencadangan terbaru dengan cara melihat tanggal dan ukuran file yang terbaru.

Yang perlu anda ketahui iCloud memiliki keterbatasan ruang kapasitas. Maka belum tentu semua data yang ada di iPhone benar- benar bisa dikembalikan. Data-data penting yang anda miliki seperti daftar kontak dan app data seharusnya pasti tercadangkan. Sedangkan untuk data seperti foto dan musik hanya akan sebagian tergantung seberapa banyak kapasitas yang kamu miliki.

2. Cara Merestore iPhone Menggunakan iTunes

Kemudahan yang diberikan oleh Apple selain dengan iCloud anda juga bisa memulihkan atau merestore iPhone anda menggunakan iTunes. Apabila anda ingin merestore Iphone dengan iTunes, Anda perlu menggunakan laptop / PC.

Cara memulihkan lewat iTunes:

  1. Jalankan program iTunes di komputer atau laptop.
  2. Hubungkan iPhone dengan kabel USB atau wifi hingga terdeteksi di iTunes.
  3. Tekan gambar device yang ada disamping kategori.
  4. Dari daftar kolom yang ada, pilih menu summary.Tampilan menu iTunes
  5. Jika kamu pernah melakukan backup lewat itunes maka tombol restore backup akan menyala.
  6. Tekan tombol restore backup dan pilih model perangkat yang akan anda pulihkan.cara restore iPhone dengan iTunes
  7. Masukkan password jika dibutuhkan kalau kamu pernah mengenkripsi dan backup sebelumya.

Ikutilah langkah diatas jika anda merestore data dengan iTunes. Hal penting yang perlu anda ketahui adalah dua cara diatas mengharuskan anda untuk mematikan fitur Find My iPhone terlebih dahulu. Anda pasti bertanya mengapa itu harus dilakukan? Tindakan mematikan fitur Find My iPhone bertujuan untuk memastikan keamanan ponsel anda. Dan data pribadi didalam iPhone tidak mudah dihapus dengan langkah sederhana apabila hilang atau dicuri.

Catatan : Matikan fitur Find My iPhone hanya pada saat akan merestore data, setelah itu silahkan hidupkan kembali fitur tersebut.

Lalu apakah ada cara selain kedua cara diatas?.

Jawabanya adalah ada, Selain menggunakan iCloud dan iTunes. Anda juga bisa menggunakan aplikasi iMazing.

iMazing adalah software yang juga bisa anda gunakan untuk memulihkan data dari iPhone. Lalu bagaimana caranya?.

3. Cara Merestore iPhone dengan iMazing

Sama seperti iTunes, software yang satu ini memungkinkan anda untuk memulihkan dan mencadangkan data dari iPhone anda. Apabila anda ingin mereset iPhone dikarenakan sudah sangat lemot atau sering hang. Aplikasi ini sangat cocok untuk anda jika anda tidak mempunyai aplikasi lain seperti iTunes. Cara untuk mengembalikan data pada perangkat iPhone pun sangat mudah.

  1. Buka Aplikasi iMazing pada Laptop / PC anda.
  2. Sambungkan perangkat anda ke Laptop / PC menggunakan kabel USB.
  3. Pastikan sebelum anda mereset iPhone semua data sudah dicadangkan di aplikasi iMazing.
  4. Pada sisi kiri, pilih perangkat anda lalu klik Restore Backup.cara merestore iPhone dengan iMazing
  5. Pilihlah pencadangan yang akan dipulihkan.
  6. Klik tombol Customize untuk memilih data yang akan dipulihkan kemudian klik Next.
  7. iMazing akan meminta anda untuk konfirmasi. Klik restore untuk melanjutkan.restore data
  8. Jika pencadangan anda dienkripsi, Mungkin anda akan memerlukan kata sandi untuk memulai proses restore, masukkan kata sandi dan klik OK.
  9. iMazing akan memulai proses restore, perangkat anda akan restart dengan sendirinya tapi tenang itu adalah bagian dari proses restore data.
  10. Tunggu hingga proses selesai. untuk mengecek proses restore anda bisa melihat pada bilah atas iMazing di menu pertama.

Saran kami silahkan anda menggunakan aplikasi yang sama dari Apple yaitu iCloud & iTunes untuk mecegah hal yang tidak diinginkan.

Itulah 3 cara untuk merestore di iPhone. Semoga artikel ini dapat membantu anda untuk mengetahui cara merestore data pada perangkat iPhone yang lama.

Nur Rahman Seseorang yang suka dengan dunia Fotografi dan Teknologi. Sering memotret momen indah dan mempelajari teknologi terbaru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *