Nur Rahman Seseorang yang suka dengan dunia Fotografi dan Teknologi. Sering memotret momen indah dan mempelajari teknologi terbaru.

Cara Merubah Tampilan Windows

3 min read

cara merubah tampilan windows

Memiliki tampilan windows yang berbeda tentu menjadi kesan tesendiri bagi penggunanya. Terkadang tampilan windows yang biasa membuat kita bosan saat menggunakanya. Untuk mengatasinya, anda bisa merubah setiap detail dari tampilan  windows yang anda gunakan.

Cara merubah tampilan Windows bisa anda lakukan dengan banyak cara sesuai dengan keinginan anda. Anda bisa memanfaatkan fitur yang sudah tersedia di windows yang anda gunakan atau dengan menambah aplikasi didalamnya.

Tampilan windows tentu berbeda disetiap versinya, jika ingin mendapatkan tampilan terbaru anda bisa gunakan windows 10. Tapi jika anda masih nyaman dengan windows 7 yang digunakan, anda bisa merubah tampilan seperti windows 10. Anda bisa menggunakan cara yang ada pada artikel ini.

Cara Merubah Tampilan Cursor Windows

Untuk merubah tampilan, anda bisa mulai dari yang paling kecil yaitu merubah tampilan cursor di windows yang anda gunakan. Cara merubah cursor juga sangat mudah, anda bisa gunakan stok tampilan yang ada di windows.

Untuk mulai merubah tampilan cursor, anda bisa ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Klik kanan pada layar dekstop anda kemudian klik pada bagian Personalize.
  • Setelah di menu Personalize, anda bisa langsung masuk ke menu Themes atau Tema.
  • Pada menu Themes atau Tema, disini anda bisa klik pada bagian Mouse Cursor Setting.cara mengganti mouse cursor di windows 10

  • Setelah itu pilih tampilan cursor yang akan digunakan, anda bisa memilih stok yang ada atau menambah file yang sudah didownloadmemilih sample cursor di windows
  • Selesai.

Cara Merubah Warna Start dan Taskbar

Anda juga bisa mengganti tampilan dari Start menu dan Taskbar yang ada di windows. Selain bisa menambah kesan apik saat dipandang, mengubah tampilan start menu dan taskbar  akan mendapatkan kesan baru pada tampilan layar.

Jika anda menggunakan windows 10, mengubah warna start menu dan taskbar semakin mudah untuk dilakukan. Anda bisa lakukan dengan cara berikut ini.

  • Buka menu setting dengan klik tombol windows atau klik kanan pada layar dekstop.
  • Klik pada Personalize, untuk mengubah warna start menu dan taskbar anda bisa akses di tab Colors.
  • Anda bisa merubah warna secara otomatis mengikuti background yang anda gunakan. Dengan cara memberi centang dibagian “Automactically pick an accent color from my background”.cara mengubah tampilan warna taskbar windows 10
  • Beri centang pada bagian “Show accent color on the following surface”. Untuk meng-aplikasikan warna yang dipilih ada di Start dan Taskbar. ( Jika anda tidak memberi centang pada kolom ini, maka tampilan taskbar dan start akan berubah hitam)

Anda juga bisa memberi warna pada Title Bars dengan klik kolom titles bars yang ada dibawah kolom start dan taskbar.

Lindungi Komputer anda dengan cara Mengaktifkan Windows Defender

Merubah Tema di Windows

Selain dengan mengubah cursor dan warna pada start menu atau taskbar. Anda juga bisa mempercantik tampilan windows anda dengan cara mengubah tema di windows yang anda gunakan.

Untuk merubah tema, anda bisa mendownload tema yang akan digunakan atau bisa juga dengan mengunjungi situs resmi microsoft. Pihak Microsoft juga menyediakan banyak tema untuk anda bagi para penggunanya.

Jadi anda tidak perlu bingung untuk memilih tema yang akan digunakan.

  • Pertama Download tema yang akan digunakan. Seperti yang sudah dikatakan diatas, anda bisa download di situs-situs yang banyak beredar atau kunjungi situs Microsoft.
  • Jika anda ingin mendownload di situs Microsoft, anda bisa gunakan Microsoft store yang sudah ada di sistem windows 10.
  • Ketik Tema pada kolom pencarian, kemudian klik pada tema yang anda sukai. Ada banyak tema gratis yang disediakan oleh Microsoft. Anda bisa mengetahuinya dengan melihat tanda Free dibawah nama tema. Tema gratis di Microsoft Store
  • Setelah selesai download, anda bisa langsung klik apply. Atau bisa juga dengan melihat pada pengaturan tema.
  • Klik tema yang sudah ana download, kemudian tema akan berubah sesuai dengan yang anda pilih.Tema yang terpasang di windows 10
  • Anda bisa melihat koleksi tema yang ada di PC anda dengan melihat menu tema.

Pada menu personalize, anda akan melihat beberapa tema yang terinstall di windows anda. Pada menu ini, anda juga bisa melihat pengaturan Dekstop Background, Window color, Sound atau Screen Saver.  Anda bisa ubah setiap menu sesuai dengan keinginan anda.

Jika anda ingin menggunakan background dengan gambar pilihan, anda bisa mengubahnya dengan klik pada bagian Dekstop Background.

Klik Browse untuk memilih gambar yang akan digunakan sebagai background Dekstop.

Catatan : Cara ini juga bisa anda gunakan di windows 7

Cara selanjutnya untuk anda yang ingin merasakan tampilan windows 10 tapi masih nyaman dengan windows 7 yang sedang digunakan.

Cara merubah tampilan windows 7 ke windows 10 tanpa install ulang bisa anda lakukan dengan cara berikut ini.

Cara Merubah Tampilan Windows 7 ke Windwos 10 Tanpa Install Ulang

Cara yang bisa anda gunakan yaitu dengan bantuan Windows Transformation Pack atau Windows 10 Skin Pack.

Sebelum mulai merubah tampilan dengan Skinpack, spesifikasi sistem yang bisa untuk menggunakan cara ini adalah sebagai berikut

  • Microsoft.NET 4,5
  • Prosesor: 1 GHz atau lebih tinggi
  • Memory: 512 Mb RAM atau lebih tinggi

dengan spesifikasi sistem seperti diatas, anda bisa menggunakan meskipun komputer/laptop anda memiliki spek rendah.

Cara merubah tampilan di windows dengan skinpack bisa anda lakukan dengan cara berikut ini.

  • Download skinpack windows 10 yang ada di banyak situs.
  • Jika sudah selesai, Ekstrak file skinpack jika berbentuk RAR.
  • Selanjutnya klik dua kali pada file instalasi skinpack tersebut.Hasil download skinpack windows 10

Atur konfigurasi untuk jenis font. Pada kolom Immersive UI jaga tetap di disable jika perangkat yang anda gunakan adalah dengan spek rendah. Anda bisa rubah ke enable apabila pc/laptop yang digunakan memiliki spek yang mumpuni.

Hilangkan centang pada Set Windows X’s Live as default homepage jika anda ingin tetap menggunakan Chrome sebagai browser utama.

Jika sudah, klik tombol Install yang ada di kanan bawah. Tunggu hingga proses install selesai. Apabila proses install selesai, maka tampilan laptop/komputer anda akan berubah menjadi seperti windows 10.

Selamat, windows 7 anda sekarang memiliki tampilan seperti windows 10 tanpa harus install ulang.

Cara diatas bisa menjadi solusi bagi anda yang sudah bosan dengan tampilan windows yang biasa-biasa saja.

Nur Rahman Seseorang yang suka dengan dunia Fotografi dan Teknologi. Sering memotret momen indah dan mempelajari teknologi terbaru.

Tema Windows 7

Manarul
5 min read

Cara Menggunakan VPN di PC

Manarul
2 min read

Cara Membuat Brosur di Word

Manarul
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *