Daffa Seseorang yang suka utak-atik hal yang berkaitan dengan teknologi terutama mengenai Android, Komputer, dan Internet. Saat ini menjadi Content Manager di Berakal.com

Cara Screenshot Xiaomi

2 min read

Cara Screenshot Xiaomi

Xiaomi saat ini memang menjadi salah satu smartphone dengan pengguna yang cukup banyak di Indonesia. Namun bagi sebagian pengguna baru mungkin belum mengetahui bagaimana cara screenshot HP Xiaomi.

Seperti yang kita tahu bahwa di firmware OS bawaan Xiaomi atau yang biasa dikenal dengan MIUI OS sudah di lengkapi dengan fitur Screenshot.

Sehingga dengan adanya fitur tersebut kita sebagai pengguna Xiaomi tidak perlu menginstall aplikasi tambahan untuk melakukan Screenshot.

Screenshot atau Screen Capture adalah sebuah fitur untku mengambil gambar yang ditampilkan pada layar display sebuah perangkat.

Screenshot sendiri sudah dikenal terlebih dahulu dikalangan pengguna komputer. Namun saat ini Screenshot tersebut tidak hanya tersedia di PC saja.

Namun sudah tersedia di berbagai perangkat pintar seperti Android, iPhone, dan Windows Phone.

Pada dasarnya untuk melakukan Screenshot di semua tipe Xiaomi sama saja. Baik itu Xiaomi redmi note 5, redmi 6a, mi a1, mi a2, dan tipe Xiaomi lainnya.

1. Cara Screenshot Xiaomi dengan 3 Jari

Cara Screenshot Xiaomi dengan 3 Jari

Cara screenshot Xiaomi yang pertama sangatlah mudah, pasalnya kita dapat melakukan screenshot dengan menggunakan jari kita.

Caraya cukup mudah, letakkan 3 jari kita diatas layar yang akan kita tangkap, setelah itu usap atau geser tangan kita kebawah. Maka secara otomatis HP Xiaomi yang kita gunakan akan langsung memproses screenshot tersebut.

Cara ini sangatlah cepat untuk dilakukan, namun sayangnya masih banyak pengguna yang belum mengetahui cara ini. Namun, cara schreenshot ini hanya dapat dilakukan apabila kita sudah mengaktifkan mode slide three fingers to take a screen shot.

Cara mengaktifkan mode screenshot dengan menggunakan 3 jari tidaklah sulit. Pertama kita buka menu pengaturan atau settings Xiaomi.

Setelah masuk ke menu pengaturan pilih Additional Settings atau Pengaturan Tambahan. Kemudian terakhir pilih Sceenshot kemudian aktifkan fitur slide three fingers to take a screen shot.

Setelah fitur tersebut aktif maka kita dapat mencoba melakukan screenshot dengan mengusapkan 3 jari kita ke bawah.

Saat awal mencobanya mungkin terasa sulit dan ribet, namun jika kita telah terbiasa tentu saja akan terasa lebih simpel dan cepat dibanding dengan menggunakan cara lainnya.

2. Cara Screenshot Xiaomi dengan Shrotcut Menu

Cara Screenshot Xiaomi dengan Shrotcut Menu

Cara screenshot yang kedua adalah dengan menggunakan fitur menu pintasan atau shortcut menu. Untuk dapat menggunakan fitur menu pintasan Xiaomi, kita harus mengaktifkannya terlebih dahulu.

Cara mengaktifkan shortcut menu di Xiaomi sangat mudah. Pertama buka menu Settings, setelah itu pilih Additional Settings, lalu pilih shortcut menu atau menu pintar.

Setelah itu aktifkan fitur tersebut, jangan lupa juga untuk menambahkan menu screenshot pada select shortcuts.

Kita juga dapat menghilangkan pintasan lain jika kita merasa terlalu banyak pilihan yang terdapat di menu pintasan tersebut.

Setelah fitur tersebut aktif, maka kita dapat melakukan screenshot dengan cara menekan tombol pintasan lalu tekan logo screenshot. Dengan begitu maka layar akan otomatis ditangkap.

3. Cara Screenshot Xiaomi dari Status Bar

Cara Screenshot Xiaomi dari Status Bar

Cara menangkap layar Xiaomi yang selanjutnya adalah dengan memanfaatkan menu status bar atau notification bar.

Untuk melakukannya tidaklah sulit. Buka status bar dengan cara usapkan jari kita dari sudut layar atas Xiaomi kebawah. Kemudian cari dan tekan quick menu screenshot. Secara otomatis Xiaomi akan melakukan screenshot dan menyimpannya di galeri HP kita.

Untuk kamu yang ingin mengotak-atik Xiaomi. Simak artikel tentang fastboot xiaomi yang pernah kami ulas.

4. Screenshot Xiaomi dengan Tombol Power dan Volume

Screenshot Xiaomi dengan Tombol Power dan Volume

Cara screenshot yang satu ini tentu saja sudah sangat populer dikalangan pengguna HP android. Pasalnya cara ini tidak hanya dapat dilakukan di Xiaomi saja, melainkan juga dapat dilakukan di hampir semua HP Android.

Kita dapat dengan mudah menangkap tampilan layar dengan menekan dan menahan tombol Power dan Volume Down secara bersamaan.

5. Screenshot Xiaomi dengan Tombol Volume dan Menu Key

Screenshot Xiaomi dengan Tombol Volume dan Menu Key

Selain dengan menggunakan tombol power dan volume down. Screenshot juga dapat kita lakukan dengan menggunakan tombol volume down dan menu key.

Cara yang satu ini mungkin masih banyak yang belum mengetahuinya. Namun menurut saya pribadi cara ini lebih simpel dibandingkan dengan menggunakan tombol volume down dan power.

Pasalnya jika menggunakan tombol power dan volume down kita harus menahan tombol tersebut beberapa saat. Namun jika menggunakan tombol volume down dan menu key kita cukup menekannya secara bersamaan dan tidak perlu untuk menahannya.

Kadang kita ingin merekam layar hp sendiri? Gunakan rekomendasi aplikasi perekam layar hp dari berakal

6. Cara Screenshot Panjang Xiaomi

Cara Screenshot Panjang Xiaomi

Screenshot panjang biasa digunakan untuk menangkap riwayat chat atau sebuah artikel di website. Namun, dari sekian banyak pengguna Xiaomi tidak sedikit yang masih belum tahu bagaimana untuk melakukan screenshot panjang ini.

Screenshot panjang dapat kita lakukan dengan melakukan screenshot dengan berbagai cara diatas.

Kemudian setelah layar tertangkap tekan hasil screenshot tersebut yang muncul di layar Xiaomi kita. Setelah itu pilih opsi Sroll kemudian gulirkan layar hingga semua bagian yang ingin kita screenshot tertangkap.

7. Cara Schreenshot Xiaomi dengan Aplikasi

Jika kita belum merasa puas dengan fitur screenshot bawaan Xiaomi maka kita dapat menggunakan aplikasi tambahan. Aplikasi screenshot sendiri sangat mudah kita temukan di Google Play Store, bahkan mungkin ada pulusan hingga ratusan aplikasi screenshot yang tersedia di Android.

Masing-masing aplikasi tersebut tentu saja memiliki kekurangan dan kelebihan sendiri. Bahkan tidak jarang ada aplikasi screenshot yang sekaligus menyediakan fitur screen recording atau merekam layar.

Sekian artikel mengenai cara screenshot Xiaomi dengan cepat. Silahkan gunakan cara yang menurut kalian paling sesuai untuk kalian gunakan.

Daffa Seseorang yang suka utak-atik hal yang berkaitan dengan teknologi terutama mengenai Android, Komputer, dan Internet. Saat ini menjadi Content Manager di Berakal.com

Cara Membuat Game Android

Manarul
2 min read

Cara Membuat Akun Mi

Nur Rahman
2 min read

Cara Ganti Font Xiaomi

Nur Rahman
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *