Manarul Seorang muslim, dreamer, dan blogger. Tertarik dengan teknologi dan dunia digital khususnya Search Engine Optimization. Ikuti saya di Facebook.

Cara Update Windows 10

2 min read

Cara Update Windows 10

Windows 10 menjadi salah satu sistem operasi yang banyak dipakai oleh pengguna komputer diseluruh dunia. Dirilis 3 tahun lalu tepatnya tahun 2015 bulan Juli, di tahun 2018 bulan April Windows 10 sudah update versi final resmi dari Microsoft. Bagi anda yang ingin menggunakan versi windows final, kami telah mempersiapkan beberapa cara update windows 10 yang bisa anda gunakan.

User Interface yang bagus dan nyaman di windows 10 membuat penggunanya mudah menggunakannya, walaupun masih pemula. Jika windows 10 anda belum diaktivasi, terapkan cara aktivasi windows 10 terlebih dahulu yang pernah kami bahas.

Ingin belajar instal windows 10 sendiri? Bisa belajar di seri cara instal windows 10 beserta gambarnya

Anda bisa update windows 10 dengan menggunakan Update Assistant, Media Creation Tool (MCT) dan Windows Update secara manual.

1. Update Assistant

Cara pertama yang bisa anda gunakan yaitu menggunakan bantuan Windows 10 Update Assistant, yang perlu anda persiapkan terlebih dahulu sebelum melakukan update yaitu:

  • Koneksi internet yang stabil dan kuota yang cukup (apabila anda tidak pakai wifi), disebabkan ukuran update windows 10 lumayan besar sekitar 2 – 4 GB
  • Download Windows 10 Update Assistant versi terbaru (Ukuran 5.47 MB)
  • Backup data yang penting (optional)
  • Buat recovery drive (optional)

Cara Update Windows 10 via Windows Assistant:

Setelah download dan install aplikasi Update Assistant di komputer anda maka kamu bisa langsung memulai proses update windows 10 yang paling baru.

Buka aplikasi Update Assistant dan klik “Update Now” untuk memulai proses download.

cara update windows 10 manual

Di langkah berikutnya windows akan mengecek kompatibilitas hardware, ketika semua sudah OK, klik “Next”.

Cara Update Windows 10 Terbaru

Tinggal menunggu saja hingga proses download dan update windows 10 selesai.

cara update windows 10 otomatis

Setelah proses selesai, Windows akan meminta untuk merestart komputer. Klik saja “Restart Now” untuk menyelesaikan proses update windows 10.

Kemudian ikuti wizard Windows 10 Fall Creators Update hingga seluruh proses selesai dan anda sudah menggunakan Windows dengan versi terbaru.

Untuk memastikan, coba ketik winver di kolom pencarian Windows 10, kemudian Enter. Windows 10 Final akan mempunyai versi 1803 (Build 17134).

cara update windows 10 original

2. Media Creation Tool

Berikut cara update windows 10 menggunakan bantuan MCT:

Masih bingung cara lihat password wifi di windows 10? Pakai cara melihat password wifi di windows 10 saja!

Download dan install Windows 10 
Media Creation Tool terlebih dahulu.

Pastikan komputer anda mempunyai ruang penyimpanan yang kosong minimal 5 GB (partisi tempat Windows 10 terinstall).

Saat melihat tampilan berikut, pilih “Upgrade this PC now” dan klik tombol “Next” untuk melanjutkan ke proses download file instalasi.

cara update windows 10 pro

Saat file sudah terdownload, akan muncul halaman License terms, pilih “Accept” untuk menyetujuinya.

cara update windows 10 offline

Lalu Media Creation Tool akan mengecek apakah ada pembaruan yang tersedia, jika ada maka akan otomatis mengunduh windows 10 terbaru.

cara update windows 10 online

Selanjutnya akan muncul jendela “Ready to install“, klik tombol “Install“.

cara update windows 10 2018

Pastikan opsi “Keep personal files and apps” dicentang supaya aplikasi dan file tidak ikut hilang.

cara mengupdate windows 10

Kemudian anda tinggal menunggu saja sampai proses update windows 10 selesai dilakukan.

Anda bisa memilih file apa saja yang disimpan dengan cara klik link “Change what to keep” kemudian pilih opsi yang diinginkan. Langkah terakhir klik tombol Install untuk memulai proses update windows 10.

cara memperbarui windows 10

3. Cara Update Windows 10 via Windows Update

Cara ketiga yang bisa anda gunakan tanpa mendownload software apapun yaitu melalui Windows Update. Meskipun metode yang disarankan untuk melakukan update windows menunggu hingga menerima pemeritahuan, tetapi tidak apa. Karena anda bisa melakukan Update Windows secara langsung karena sudah tersedia.

  • Untuk download dan install versi terbaru 1803 menggunakan Windows Update, langkah-langkahnya:
  • Buka Settings. Klik on Update & security.
  • Klik tombol Check for updates.
  • Setelah pembaruan selesai di download, klik tombol “Restart Now”.

cara update windows 10 ke versi terbaru

Setelah anda menyelesaikan langkah diatas, Windows 10 akan melanjutkan proses pembaruan secara otomatis, tetapi anda perlu bersabar karena membutuhkan waktu yang cukup lama.

Manarul Seorang muslim, dreamer, dan blogger. Tertarik dengan teknologi dan dunia digital khususnya Search Engine Optimization. Ikuti saya di Facebook.

Lupa Password Laptop

Manarul
2 min read

Cara Sharing Printer

Manarul
2 min read

8 Replies to “Cara Update Windows 10”

  1. Bang, ane mau tanya nih..

    Laptop ane kemarin kena virus tpi sekarang sudah bersih, cuma karena virus trojan itu bikin windows update saya “Error Encountered” this my help: (0x80080005).
    bagaimana ya jalan keluarnya bang?

    info : Windows 10 Pro Version 1809 (OS Build 17763.292).
    Last Checked 2/9/2019.

  2. waktu itu sudah pakai beberapa software mulai dari avast dll dinyatakan sehat gitu gan,dan aplikasi aneh yg berinisialkan exe di data c juga hilang dan sudah bisa diuninstall, kemudian task managerpun bbrapa kya account aneh juga sudah hilang …

    tapi masih aja tetep gabisa update deh, apa langkah sya ada yg kurang?

    1. Setelah mas damas yakin sudah tidak ada virus lagi. Silahkan lakukan beberapa cara dibawah ini untuk mengatasi error update windows 10.

      1. Bersihkan semua history update terlebih dahulu, lalu perbaiki database update yang bermasalah. Caranya dengan me-restart service update yang berjalan di windows 10.

      Langkahnya:

      Masuk ke menu Settings > menu Update & Security > menu Troubleshoot > Get up and running > pilih menu Windows Update > klik Run the troubleshooter > Tunggu prosesnya sampai selesai > Restart Komputer.

      2. Lakukan update secara Offline.

      Anda bisa melakukan update secara Offline dengan mendownload file update di website resmi Microsoft, link disini. Tinggal cari saja nomor build atau seri yang diinginkan di search bar, lalu pilih jenis bit sesuai komputer.

      3. Kunjungi pusat bantuan microsoft

      Terakhir, anda bisa mengunjungi pusat bantuan microsoft di link ini. Di halaman tersebut anda akan dipandu menganalisa kesalahan-kesalahan yang dilakukan ketika melakukan update windows dan memperbaikinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *