Cara Mengatasi Layar HP Berubah Warna

Share
Comment 0 reply
Cara Mengatasi Layar HP Berubah Warna

Salah satu hal yang paling diperhatikan oleh produsen dalam pembuatan HP adalah bagian layarnya.

Hal tersebut terbukti dengan banyaknya teknologi layar terbaru seperti layar antigores, layar dengan resolusi tinggi, hingga layar dengan jutaan warna agar gambar yang ditampilkan terlihat lebih nyata.

Namun kecanggihan tekonologi tersebut tidak menutup kemungkinan terjadinya kerusakan pada layar HP, salah satu yang sering terjadi adalah layar HP yang berubah warna secara tiba-tiba.

Penyebab Layar HP Berubah Warna

Sebelum masuk ke cara memperbaiki layar HP yang tiba-tiba berubah warna, kamu tentu harus mengetahui terlebih dahulu apa saja penyebabnya.

1. Kesalahan Sistem

Penyebab pertama yang tergolong ringan yaitu adanya kesalahan pada pengaturan sistem warna layar HP.

Hal ini sering terjadi karena beberapa hal, misalnya kamu mengaktifkan fitur reading mode atau mode baca yang bisa membuat warna HP berubah menjadi kekuningan (yellow tint) atau kecoklatan.

Namun sebenarnya itu bukanlah sebuah kerusakan, melainkan sebuah fitur yang memang bertujuan untuk mengganti warna layar menjadi lebih gelap atau kekuningan untuk mengurangi sinar biru pada HP.

Selain itu, warna HP yang berubah juga bisa terjadi karena kesalahan pengaturan warna, temperatur, dan kecerahan pada layar HP.

2. Kerusakan Hardware

Penyebab lain yaitu adanya kerusakan pada perangkat layar HP kamu, jika kamu mengalami masalah ini maka solusi satu-satunya adalah dengan mengganti layar tersebut.

Hal ini bisa saja terjadi karena HP terkena air atau bahkan HP sering mengalami suhu panas yang tinggi sehingga bisa menimbulkan kerusakan pada layar HP yang membuat tampilan warna menjadi berubah, bahkan muncul garis hijau.

Cara Mengatasi Layar HP Berubah Warna

Jangan terlalu buru-buru untuk membawa HP ke tukang service lalu mengganti layarnya dengan yang baru.

Di bawah ini terdapat beberapa cara mengatasi layar berubah warna yang bisa kamu lakukan sendiri.

1. Mematikan Fitur Reading Mode

Cara pertama yaitu dengan mematikan fitur reading mode atau mode baca.

Namun cara ini hanya berlaku jika layar HP kamu warnanya berubah menjadi kekuningan, kecoklatan, atau buram.

Perubahan warna tersebut terjadi karena fitur reading mode pada HP kamu dalam keadaan aktif, jadi untuk mengatasinya kamu harus mematikan fitur tersebut.

Untuk mematikannya sangatlah mudah, kamu hanya perlu membuka notification bar lalu cari dan matikan fitur mode baca atau reading mode, pada beberapa HP fitur tersebut memiliki nama lain seperti night mode atau mode malam.

mengatasi layar hp berubah warna kekuningan

Bahkan beberapa tipe HP memiliki dua mode sekaligus, yaitu mode baca dan mode malam, sama seperti pada HP yang saya gunakan yaitu Redmi Note 8.

Jadi intinya kamu hanya perlu mematikan dua mode tersebut yang ternyata bisa mempengaruhi warna layar HP.

2. Lakukan Pengaturan Warna dan Kecerahan

Jika ternyata masalah tersebut bukan berasal dari mode baca yang aktif, maka kemungkinan terjadi kesalahan pada pengaturan warna, kecerahan, dan temperatur tampilan.

Jadi untuk mengatasi layar HP yang tiba-tiba berubah warna sendiri, kamu bisa mencoba langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka Pengaturan atau Settings.
  2. Silahkan cari dan pilih pengaturan Tampilan atau Display.
    layar android berubah warna hijau
  3. Pada pengaturan tersebut, silahkan lakukan beberapa pengaturan berikut:
    • Ubah pengaturan warna dan sesuaikan.
    • Sesuaikan tingkat kecerahan layar.
    • Reset opsi temperatur ke titik tengah.

Setelah kamu melakukan langkah-langkah di atas, kini warna pada layar HP kamu akan kembali normal.

Meski cara mengatasi layar berbayang ini bisa digunakan untuk semua merk HP seperti Xiaomi, Vivo, OPPO, Samsung, Asus, Lenovo, dan lainnya, namun biasanya akan ada sedikit perbedaan tampilan hingga isi pengaturan.

Jadi hal yang harus kamu lakukan adalah menyesuaikan langkah-langkah di atas dengan tampilan yang ada di HP kamu, intinya kamu hanya perlu menyesuaikan atau mereset pengaturan warna, kecerahan, dan temperatur tampilan.

Baca juga: Cara Mengatasi Layar HP Berbayang

3. Gunakan Aplikasi Color Calibrator

kalibrasi warna layar HP

Jika dengan melakukan kedua cara di atas masalah layar HP berubah warna belum saja teratasi, kamu bisa menggunakan bantuan aplikasi yang bernama Color Calibrator.

Color Calibrator merupakan sebuah aplikasi khusus untuk melakukan kalibrasi warna di Android kamu.

Jadi dengan menggunakan aplikasi ini, kamu bisa dengan mudah mengatasi tampilan layar yang warnanya tidak sesuai.

Untuk melakukannya, kamu hanya perlu mendownload aplikasi Color Calibrator di Android kamu, setelah itu jalankan aplikasi tersebut dan lakukan kalibrasi warna sesuai petunjuk yang muncul.

Color Calibrator
Color Calibrator
Developer: HalfCycle
Price: Free+

Namun jika dengan melakukan ketiga cara di atas, masalah layar HP yang warnanya berubah belum juga teratasi, maka kemungkinan terjadi kerusakan pada perangkat layar tersebut.

Jadi solusi untuk memperbaiki layar HP berubah warna tersebut adalah dengan membawa HP tersebut ke tempat service untuk dilakukan penggantian layar jika diperlukan.

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.