Pengertian VPS

Share
Comment 0 reply
Pengertian VPS

Advertisements

Loading...

Website membutuhkan server untuk bisa berjalan. Server bisa memakai komputer sendiri, memakai shared hosting, atau memakai VPS (Virtual private Server) yang tentu saja setiap pilihan mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Artikel ini akan membahas pengertian VPS dan kenapa VPS bisa menjadi pilihan bagi kamu yang ingin membuat website.

Pengertian VPS

VPS adalah akronim dari Virtual Private Server. Seperti namanya, server satu ini bersifat pribadi. Satu user memiliki server khusus untuk dirinya sendiri yang tidak akan dipakai oleh user lainnya. User juga memiliki kendali penuh atas server tersebut tanpa harus berkompromi dengan pengguna lainnya.

Advertisement

Dengan teknologi cloud hosting, pengguna dapat merasakan seluruh fasilitas server pribadi tanpa harus merogoh uang puluhan juta untuk membeli komputer server pribadi dan membayar teknisi dan admin untuk mengoperasikan server.

Fungsi VPS

Pengertian VPS

Advertisement

Sebelum pandemi, setiap hari kemerdekaan 17 Agustus selalu dimeriahkan dengan satu permainan legendaris, panjat pinang. Dalam permainan panjat pinang setiap pemain harus bermain dengan benar, jika ada satu saja yang salah maka semua yang sudah dibangun akan runtuh. Sama seperti server untuk website, memakai shared hosting bersama user lain memiliki resiko yang tinggi.

Shared hosting adalah hosting dimana 1 server dipakai untuk beberapa pengguna. Resiko dari menggunakan sistem ini adalah jika salah satu pengguna mengalami masalah, maka pengguna lain akan merasakan dampaknya.

Advertisement

Selain aman dari masalah di atas, VPS juga memiliki banyak fitur unggul dibanding shared hosting atau cloud hosting. VPS niagahoster memiliki fitur:

Berbagai fitur di atas sangat efektif bagi kamu  yang ingin membawa website ke level yang lebih serius. Fitur lain seperti sekuritas data yang terjamin membuat kamu tidak perlu was-was terhadap kejahatan internet seperti phising dan keylogger yang saat ini semakin sering muncul.

Saatnya Pakai VPS

Berakal juga menggunakan VPS. Untuk kamu yang memiliki traffic tinggi dan mulai agak lemot, ini saatnya mengganti server kamu menjadi VPS. Shared Hosting mempunyai resource yang terbatas, tidak hanya jika website anda yang tinggi traffic, jika dalam waktu bersamaan berbagai website trafficnya tinggi website kamu akan ikut menjadi pelan atau bahkan server bisa crash!

Advertisement

Berbagi server dengan pengguna lain memang banyak kekurangan. Harus berkompromi, tanpa VPS kamu tidak memiliki akses root server penuh sehingga tidak dapat mengatur jumlah resource maupun tambahan aplikasi sesuai keinginan kamu.

Keamanan juga menjadi salah satu alasan untuk pindah ke VPS. Berbagi server dengan user lain memang tidak sepenuhnya aman, sama seperti virus, website yang terinfeksi malware bisa menular ke website di hosting server yang sama. Denggan VPS, kamu tidak perlu khawatir dengan hal tersebut dan juga bisa melakukan konfigurasi keamanan yang lebih ketat karena memiliki akses penuh ke server.

Tertarik menggunakan VPS?

Apakah kamu tertarik untuk pindah ke VPS setelah paham akan pengertian VPS dan kelebihan server satu ini dibandingkan shared hosting? Niagahoster punya berbagai diskon menarik dan juga program cashback poin bagi pengguna yang memilih menggunakan VPS. Tunggu apalagi?

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.

Advertisements