Penyebab HP Panas

Share
Comment 0 reply
Penyebab HP Panas

Setiap masalah tentu saja ada penyebabnya. Termasuk juga jika HP kita terasa panas. Ada beberapa penyebab umum yang dapat membuat hp kita panas. Yuk simak!

HP panas atau overheat adalah sebuah kondisi dimana smartphone terasa panas secara berlebih. Dan ngerinya lagi, jika sudah kelewatan panas HP kita bisa hang atau bahkan meledak.

Kondisi overheat tentu sering dialami oleh pengguna Android dan iOS, terutama sih buat yang suka main game pastinya.

Hampir semua merk HP berpotensi terkena overheat, termasuk juga Samsung A7, Xiaomi, Fujitsu, LG, dan lainnya.

Selain itu HP yang cepat panas juga biasanya akan mengalami masalah lain yaitu boros baterai. Nah, agar HP kita tidak panas lagi.

Kita simak aja yuk penyebab apa saja yang membuat hp kita jadi cepat panas.

5 Penyebab Utama HP Menjadi Panas

5 penyebab utama hp panas

1. Overcharging

Overcharging atau mengecas HP secara berlebihan merupakan suatu kebiasan buruk yang membuat ponsel kita menjadi cepat panas.

Overcharging disini mengacu pada kebiasaan buruk kita. Yang mana seringkali kita meninggalkan smartphone dalam keadaan di cas tapi lupa mencabutnya setelah batre penuh.

Biasanya hal seperti ini juga sering terjadi disaat kita men charge HP di malam hari lalu kita tinggal tidur.

Karena kebiasaan buruk overcharging tersebut akan membuat smarphone menerima aliran listrik yang berlebih. Sehingga mengakibatkan smartphone tersebut menjadi cepat panas.

2. Menggunakan HP saat Sedang Dicharge

Masih berhubungan dengan masalah charging nih. Selain lupa meninggalkan HP dalam kondisi dicas dalam waktu yang lama.

Biasanya kita juga sering menggunakan HP saat sedang dicharge, apalagi jika kita pecinta game online. Terus-terusan aja tu main game, meski harus sambil dicas.

Tapi ternyata kebiasaan buruk menggunakan HP saat sedang dicharge dapat membuat HP kita menjadi cepat panas. Apalagi jika kita memainkan HP tersebut dengan kondisi internet menyala.

Selain itu, jika kita tidak cepat-cepat menghentikan kebiasaan buruk ini, bukan tidak mungkin baterai HP juga akan cepat rusak.

Selain membuat HP cepat panas dan membuat baterai cepat rusak. Menggunakan HP saat sedang diisi daya ternyata juga akan memperlambat kinerja smarphone tersebut.

3. Bermain Game Secara Berlebihan

Nih lagi-lagi buat para gamers. Jadi disaat kita sedang asik bermain game, pasti ada beberapa perangkat smartphone yang bekerja lebih ekstra. Seperit CPU, GPU, dan juga RAM.

Jika kita memainkan game secara berlebihan maka ketiga komponen tersebut akan menimbulkan suhu yang lebih.

Dengan begitu HP kita akan terasa semakin panas dari biasanya. Bukannya berakal melarang buat main game, namun pastikan berhenti sejenak jika HP sudah mulai panas.

Baterai terasa boros saat bermai game? Simak cara menghemat baterai Android.

4. Multitasking Aplikasi

Multitasking adalah menjalankan beberapa program dalam waktu yang bersamaan. Nah ternyata kegiatan multitasking juga dapat menjadi salah satu penyebab HP cepat panas.

Dengan menjalankan beberapa aplikasi sekaligus maka komponen pada HP harus bekerja lebih ekstra dari biasanya.

Terlebih lagi jika HP kita dalam kondisi sedang terhubung dengan internet.

5. Terdapat Malware di HP

Malware dan Virus juga menjadi faktor yang mengakibatkan smartphone cepat panas. Hal ini terjadi karena adanya kegiatan yang dilakukan secara terus-menerus oleh virus tersebut.

Apalagi kita juga tidak tahu bahwa ada kegiatan di background sistem yang dilakukan oleh virus jahat tersebut.

Jadi tidak heran jika HP tidak kita gunakan kok panas, atau baterai habis. Nah bisa jadi itu ulah dari malware yang ada di HP tersebut.

Itulah 5 penyebab utama yang membuat HP kita cepat panas. Lalu bagaimana cara mengatasinya? OK berakal juga akan memberi sedikit tips untuk mengatasi HP yang terkena overheat.

Cara Mengatasi HP Cepat Panas

  • Jangan mencharge HP di malam hari apalagi ditinggal tidur.
  • Jangan terlalu lama bermain game. Sebaiknya kita hentikan sejenak jika HP sudah mulai panas.
  • Jangan memaksa HP untuk menjalankan program yang berat. Setiap program tentu saja memiliki spesifikasi minimum dan rekomendasi agar program tersebut dapat berjalan dengan baik.
  • Jangan meletakkan ponsel di saku celana yang terlalu ketat. Karena celana yang ketat dapat mengakibatkan suhu HP tidak stabil. Belom lagi ditambah dengan suhu tubuh kita.
  • Hindari meletakkan ponsel di saku celana dalam keadaan internet menyala. Selain akan membuat HP cepat panas. Juga sangat berbahaya bagi kesehatan kita, karena radiasi dari sinyal ponsel tersebut.
  • Jangan terlalu banyak menjalankan aplikasi secara bersamaan.
  • Instal antivirus pada smartphone kita.
  • Jangan menggunakan HP saat sedang dicharge. Apalagi untuk bermain game.
  • Hindari mengunduh file dari website yang tidak aman.

Nah setelah kita mengetahui penyebab HP panas, dengan begitu kita akan lebih berhati-hati lagi dalam menjaga kondisi HP kita.

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.