Shadowban Twitter: Cara Cek & Mengatasinya

Share
Comment 0 reply
Shadowban Twitter: Cara Cek & Mengatasinya

Meski namanya sendiri sudah sering muncul di halaman Twitter, akan tetapi masih ada beberapa orang yang belum tahu tentang apa itu Shadowban Twitter. Umumnya, para pengguna Twitter akan mengeluhkan terkait akunnya yang tidak bisa memunculkan like, retweet, maupun fitur lainnya.

Dalam hal ini, permasalahan tersebut kemungkinan besar disebabkan oleh Shadowban Twitter, sehingga penting untuk diketahui oleh para pengguna Twitter tentang bagaimana cara mengecek dan mengatasinya.

Apalagi jika akun Twitter yang kamu miliki bersifat bisnis, tentu kamu harus segera mengatasinya dengan cara yang tepat. Jangan sampai melakukannya dengan cara yang asal-asalan, karena jika hal ini dilakukan malah akan membuat akunmu tidak bisa terlihat sama sekali.

Apa Itu Shadowban Twitter?

Apa Itu Shadowban Twitter

Untuk membantu banyak orang dalam memahami apa yang dimaksud dengan istilah ini, di sini kami akan memberikan informasi lengkapnya terkait pengertian, penyebab, cara cek, dan cara mengatasinya yang tepat.

Pada dasarnya, Shadowban Twitter adalah sebuah aktivitas pengguna yang sedang diblokir dan tidak muncul di situs yang berkaitan. Namun, pihak pengguna masih belum diberi pemberitahuan resmi oleh pihak situs yang bersangkutan tersebut.

Ada beberapa hal yang dapat menjadi penyebab aktivitas ini terjadi, dan salah satu di antaranya adalah karena pengguna telah melanggar salah satu aturan kebijakan yang sudah ditetapkan oleh pihak pengelola situs maupun media sosial yang bersangkutan tersebut.

Jika dijelaskan secara singkat, cara mengecek apakah akunmu mengalami masalah seperti ini adalah dengan melihatnya di hasil pencarian Twitter, apakah nama akunmu tersebut muncul atau tidak. Jika nama akunmu tidak muncul, maka kemungkinan besar akunmu terkena masalah cukup serius ini.

Baca: Cara Download Video di Twitter

Penyebab Shadowban Twitter

Penyebab Shadowban Twitter

Penting untuk kamu ketahui, bahwa tujuan dibuatnya fitur ini bagi para pengguna Twitter adalah untuk menjaga kenyamanan antar pengguna, dengan membatasi jangkauan akun yang telah melanggar suatu aturan yang berlaku.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa penyebab permasalahan seperti ini terjadi pada akunmu sendiri tergolong cukup beragam. Yang pasti, suatu aktivitas yang telah kamu lakukan di masa lalu dikatakan sudah melanggar peraturan yang berlaku, dan untuk contohnya sendiri bisa dilihat di bawah ini:

  • Melakukan spamming tags atau mention selama periode waktu tertentu.
  • Mengunggah tweet secara terus-menerus di satu waktu yang sama.
  • Membuat tweet yang dipastikan melanggar kebijakan Twitter, dan tweet tersebut membuat para pengguna Twitter lainnya merasa tidak nyaman.
  • Melakukan aktivitas bullying kepada pengguna Twitter lainnya.
  • Akun Twitter telah dilaporkan sebagai akun yang berbahaya oleh pengguna Twitter lainnya.

Jika kamu telah melakukan beberapa aktivitas yang ada di atas, maka kamu harus siap-siap untuk mengalami permasalahan Shadowban seperti ini.

Baca: Cara Menambah Followers Twitter

Cara Mengecek Shadowban di Twitter Tanpa Aplikasi

Setelah memahami apa yang menjadi penyebab dari permasalahan ini terjadi, sekarang kamu juga perlu mengetahui tentang bagaimana cara mudah dalam mengecek Shadowban di Twitter tanpa menggunakan aplikasi-aplikasi tertentu.

Cara ini bisa dilakukan ketika kamu merasa pengunjung Twitter di akunmu mulai mengalami penurunan yang cukup drastis. Jika aktivitas dalam akun Twittermu mulai sepi, maka kamu patut mencurigainya. Dengan begitu, kamu bisa langsung mengeceknya dengan mengikuti beberapa cara di bawah ini:

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan mengakses situs Shadowban.eu, kemudian masukkan username Twitter yang sesuai dengan akunmu. Jika sudah, tekan tombol “Check”.
  • Selanjutnya kamu perlu menunggu selama beberapa saat, sampai proses pengecekan tersebut berhasil dilakukan.

Selanjutnya kamu perlu menunggu selama beberapa saat, sampai proses pengecekan tersebut berhasil dilakukan.

  • Jika proses pengecekan telah berhasil dilakukan, maka hasil bisa langsung kamu lihat. Dalam hal ini, jika hasil semuanya berwarna hijau maka hal ini bisa diartikan akunmu terhindar dari Shadowban.
  • Selesai, kamu sudah berhasil mengecek sendiri apakah akun Twitter milikmu tersebut terkena Shadowban atau tidak.

Sebagai informasi tambahan, jika ada salah satu hasil yang berwarna merah, maka hal ini bisa diartikan bahwa akun Twittermu tersebut terkena penalti dari Shadowban. Dengan demikian, kamu bisa lebih memperhatikan postinganmu di masa mendatang, agar hal ini tidak terjadi lagi pada akun Twittermu.

Baca: Cara Menghapus Akun Twitter

Cara Mengatasi Shadowban Twitter

Jika ada salah satu hasil pada akunmu yang berwarna merah, maka kamu harus mengetahui bagaimana cara yang tepat untuk mengatasinya. Yang terpenting, ketika kamu mendapatkan hasil seperti ini, kamu jangan panik terlebih dahulu.

Sebab, masalah Shadowban seperti ini bisa dikatakan sebagai jenis banned ringan saja, sehingga kamu tidak perlu terlalu mengkhawatirkannya. Meskipun permasalahan ini hanya tergolong banned ringan, tapi kamu tetap harus mengatasinya dengan cara yang tepat, yang antara lain:

1. Berhenti Beraktifitas di Twitter selama Beberapa Waktu

Berhenti Beraktifitas di Twitter selama Beberapa Waktu

Cara pertama yang bisa kamu lakukan dalam mengatasi Shadowban Twitter ini adalah dengan menunggu selama beberapa waktu saja. Mengapa demikian? Karena berdasarkan pengalaman yang sudah ada, masalah ini umumnya hanya akan berlangsung selama 48-72 jam saja.

Setelah kurun waktu tersebut telah berlalu, maka permasalahan ini akan secara otomatis teratasi dengan sendirinya. Sebagai informasi tambahan, ketika kamu masih dalam masa peninjauan seperti ini, sangat disarankan untuk kamu berhenti terlebih dahulu melakukan segala jenis aktivitas di Twitter.

Sebab, jika kamu tetap melakukan beberapa jenis aktivitas di Twitter, hal ini dapat memberikan kemungkinan untuk tweet milikmu tersebut kurang disukai oleh sistem algoritma Twitter. Dengan begitu, masa banned yang kamu alami tersebut malah akan bertambah semakin lama.

2. Cari dan Hapus Tweets Melanggar

Cari dan Hapus Tweets Melanggar

Cara kedua yang bisa kamu lakukan adalah dengan mencari dan menghapus tweet yang dirasa telah melanggar aturan dan kebijakan dari Twitter tersebut. Selama masa peninjauan akun sedang berlangsung, sangat disarankan kepada kamu untuk mencari tweet yang menjadi sumber masalah itu.

Jika kamu sudah berhasil menemukan sumber masalah tersebut, maka kamu bisa langsung menghapusnya tanpa berpikir panjang. Umumnya, tweet-tweet yang bersifat spamming dan konten berbahaya atau sensitif adalah yang patut untuk segera kamu hapus.

Dalam hal ini, kamu tidak perlu menghapus semua tweet milikmu, dan kamu bisa menghapus tweet-tweet yang telah melanggar kebijakan Twitter saja.

Baca: Cara Unfollow Twitter

3. Menghubungi Pihak Twitter

Menghubungi Pihak Twitter

Untuk cara yang lebih efektif dan aman, kamu bisa langsung menghubungi pihak customer service dari Twitter. Untuk melakukannya, ikuti beberapa tahapan yang ada di bawah ini:

  • Masuk ke halaman “Help Twitter” yang ada di aplikasinya dan pilih opsi “Help Using Twitter”.
  • Setelah melakukan tahapan tersebut, kamu bisa mengklik opsi “I Need Help Tweeting” atau “I Need Help Using Search to Find Thing on Twitter” pada bagian “Please Tell Us More”.
  • Nantinya, kamu akan diperlihatkan dengan sebuah formulir yang harus kamu isi dengan menyesuaikan permasalahan yang sedang kamu alami.
  • Setelah mengisi formulir tersebut tanpa menyebut istilah Shadowban di dalamnya, klik tombol “Submit”.
  • Selesai, sekarang kamu hanya perlu menunggu sampai pihak Twitter membalas keluhanmu tersebut.

Shadowban Twitter memang diciptakan untuk memberikan kenyamanan tersendiri kepada para pengguna Twitter. Jadi, bisa dipastikan bahwa fitur ini tidaklah merugikan pengguna Twitter, tapi malah akan memberikan keuntungan tersendiri kepada para pengguna Twitter.

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.