Daffa Seseorang yang suka utak-atik hal yang berkaitan dengan teknologi terutama mengenai Android, Komputer, dan Internet.

Ukuran Foto Instagram

2 min read

Ukuran Foto Instagram

Instagram sebagai salah satu platform untuk berbagi foto dan video memiliki standar ukuran foto yang direkomendasikan.

Dengan adanya ukuran yang direkomendasikan oleh Instagram. Foto dan video yang kita posting akan tampil dengan sempurna.

Foto dengan ukuran piksel atau rasio yang benar maka akan membuat postingan tersebut memiliki hasil yang lebih baik saat diunggah.

Jika kita sering mengedit foto atau video diluar aplikasi Instagram. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal kita harus mengikuti standar ukuran yang ada.

Pada awalnya setiap foto yang diposting ke IG harus dalam bentuk persegi.

Yang artinya setiap foto yang kita unggah ke Instagram akan memiliki ukuran yang sama pada setiap sisinya.

Jika bentuk foto kita persegi panjang maka ukurannya akan berubah otomatis menjadi kotak.

Namun pada tahun 2018 kemarin, Instagram memperbaharui peraturannya. Dengan peraturan baru tersebut kini kita tidak perlu khawatir lagi foto kita akan terpotong.

Karena dengan peraturan tersebut kita bisa bebas menggunakan berbagai rasio ukuran foto. Baik itu vertikal ataupun horizontal akan tetap tampil sempurna.

Meski begitu tetap saja kita harus menggunakan ukuran rekomendasi dari Instagram agar foto kita tidak pecah dan terlihat sempurna.

1. Ukuran Foto Profil Instagram

instagram profil picture resolution

Kita mulai dari Foto profil. Foto profil merupakan salah satu bagian penting yang dapat mencerminkan identitas kita sebagai pemilik akun.

Jadi kita juga harus mempertimbangkan gambar yang akan kita gunakan sebagai foto profil.

Foto profil yang akan muncul di akun Instagram memiliki ukuran optimal 110px X 110px. Selain itu IG kita juga bisa menggunakan ukuran maksimal yaitu 180px X 180px.

Foto yang kita gunakan haruslah memilki aspek rasio 1:1. Yang artinya foto tersebut memiliki bentuk persegi, meskipun yang ditampilkan dalam bentuk bulat.

Namun sebetulnya kita masih bisa menggunakan ukuran yang lebih besar dari rekomendasi di atas. Asalkan foto tersebut memiliki aspek rasio 1:1. Karena jika tidak maka foto akan terpotong.

Contoh ukuran rekomendasi foto profil akun IG:

  • 128px X 128px
  • 161px X 161px
  • 256px X 256px
  • 512px X 512px
  • 1024px X 1024px
  • 1080px X 1080px

2. Ukuran Foto Feed Instagram

Untuk ukuran foto yang akan kita unggah ke IG. Kita dapat mengaturnya sesuai dengan keubutuhan.

Kita bisa mengunggah foto tidak hanya dalam bentuk persegi saja. Namun juga bisa mengunggahnya dalam bentuk landscape atau potrait.

1. Ukuran Foto Persegi di IG

ukuran foto kotak instagram

Untuk foto kotak kita bisa menggunakan berbagai ukuran asalkan memiliki aspek rasio 1:1.

Namun Instagram sendiri merekomendasikan untuk menggunakan ukuran 1080px X 1080px. Atau kita juga dapat mengunggah ukuran lain hingga 2048px X 2048px.

2. Ukuran Foto Landscape di IG

resolusi foto landscape ig

Jika kita ingin mengunggah foto dalam format landscape atau persegi panjang. Kita dapat menggunakan ukuran dengan aspek rasio 16:9.

Untuk ukurannya sendiri IG memberikan rekomendasi ukuran 1080px X 566px. Atau kita bisa menggunakan ukuran lain yang lebih kecil yaitu 600px X 400px.

3. Ukuran Foto Potrait di IG

ukuran foto post potrait ig

Untuk aspek rasio foto berbentuk potrait kita bisa menggunakan 5:4.

Ukuran yang direkomendasikan Instagram untuk gambar dengan format potrait adalah 1350px X 1080px.

4. Ukuran Foto Story di IG

ukuran story instagram

Ukuran foto untuk Instagram story kita bisa menggunakan aspek rasio 16:9 dengan ukuran 1080px X 1920px.

3. Ukuran Video Instagram

ukuran video instagram

Untuk ukuran dan resolusi video yang diunggah ke Instagram juga harus diperhatikan, agar hasilnya bagus dan tidak terpotong.

Kita dapat menggunakan aspek rasio 16:9 dengan ukuran minimal 600px X 336,5px. Selain itu ukuran maksimal yang bisa kita gunakan adalah 1200px X 673px.

Untuk kita yang ingin mengunggah dalam bentuk persegi kita bisa menggunakan aspek rasio 1:1 dengan ukuran 640px X 640px.

Untuk video yang akan kita unggah di status IG bisa menggunakan ukuran 750px X 1334px. Atau bisa juga dengan menggunakan ukuran 1080px X 1920px dengan aspek rasio 16:9.

Ukuran video IGTV atau Instagram TV juga bisa menggunakan salah satu dari ukuran diatas.

4. Ukuran Iklan Instagram

Ketika kita akan membuat iklan di Instagram, kita juga harus memperhatikan ukuran foto yang akan kita gunakan.

Untuk iklan dengan format kotak kita bisa menggunakan ukuran 1080px X 1080px, dengan ukuran yang akan tampil 640px X 640px.

Namun jika kita ingin menggunakan format landscape kita bisa menggunakan ukuran 1080px X 566px, dengan ukuran yang akan tampil 640px X 400px.

Sebagai informasi tambahan, ketika kita akan membuat iklan di Instagram. Kita juga perlu memperhatikan ukuran teks yang akan ditampilkan. Karena IG sendiri hanya membolehkan ukuran teks sebesar 20% dari ukuran gambar.

Setelah kita mengetahui ukuran rekomendasi foto untuk Instagram. Kini kita dapat membuat foto di feed kita menjadi lebih rapi dan keren.

Daffa Seseorang yang suka utak-atik hal yang berkaitan dengan teknologi terutama mengenai Android, Komputer, dan Internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *