Ukuran Kertas F4

Share
Comment 0 reply
Ukuran Kertas F4

Hingga saat ini kertas masih menjadi salah satu kebutuhan yang penting bagi setiap orang, dimana benda ini biasanya digunakan untuk keperluan pendidikan ataupun perkantoran.

Selain ukuran kertas A4, ukuran kertas lain yang sangat umum digunakan yaitu F4, dimana kertas ukuran tersebut juga merupakan ukuran kertas standar ISO.

Beragam Ukuran Kertas F4

kertas ukuran F4

Sebagai kertas dengan standar ISO, kertas F4 memiliki ukuran yang sama di setiap daerah dan negara.

Dimana satuan yang biasa digunakan yaitu milimeter (mm), sedangkan didalam sebuah aplikasi pengolah kata biasanya memiliki satuan inchi atau centimeter (cm).

Berikut ini tabel ukuran kertas F4 dalam berbagai satuan:

Satuan UkuranPanjang KertasLebar Kertas
Inchi8.7512.99
Centimeter (cm)21.533
Milimeter (mm)215330

Kegunaan Kertas F4

Kertas F4 memang sangat banyak digunakan dalam urusan percetakan dokumen.

Dimana didalam dunia perkantoran kertas ini biasanya digunakan untuk mencetak laporan, formulir, lembar kerja, dan masih banyak lagi.

Sementara didalam dunia pendidikan kertas ini juga banyak digunakan untuk mencetak makalah, membuat karya ilmiah, bahkan skripsi.

Kertas F4 juga sering disebut sebagai kertas folio karena memang kertas ini memiliki ukuran yang sama dengan kertas folio bergaris.

Ukuran lainnya:

Cara Mengatur Ukuran Kertas F4

Saat kamu akan mencetak sebuah dokumen dengan menggunakan ukuran kertas F4, maka sebaiknya kamu juga mengatur penggunaan kertas yang sesuai pada aplikasi Office yang kamu gunakan.

Kamu bisa dengan mudah memilih ukuran kertas F4 pada pengaturan paper size di software yang kamu gunakan seperti Word atau Excel.

Namun jika pilihan tersebut belum ada, kamu bisa mengaturnya sendiri dengan cara berikut ini:

Mengatur Paper Size F4 di Word

Buka aplikasi Word kemudian pilih menu Page Layout yang ada di bilah menu bagian atas.

page layout

Selanjutnya pilih Size untuk menentukan ukuran kertas yang akan kamu gunakan. Jika belum ada ukuran F4 maka kamu bisa memilih opsi more Paper Size.

cara mengatur ukuran kertas F4 di word

Pada kolom Width, masukkan angka 21.59 cm dan Height 33 cm. Selanjutnya klik OK untuk menerapkan.

Mengatur Paper Size F4 di Excel

Jalankan aplikasi Excel yang ada di PC kamu, kemudian pilih menu Page Layout di bagian atas.

Setelah itu klik Size untuk memilih ukuran kertas yang tersedia di Excel. Kamu bisa memilih opsi Folio, karena pada dasarnya folio memiliki ukuran yang sama dengan kertas F4.

cara mengatur ukuran F4 di excel

Cara Memilih Kertas F4

Jika kamu akan mencetak sebuah dokumen atau tulisan apapun menggunakan kertas F4, tentu kamu harus memilih kertas dengan kualitas tinggi.

Untuk itu, kamu harus memperhatikan beberapa hal supaya kamu bisa mendapatkan kertas dengan kualitas yang bagus, sehingga nantinya saat digunakan kertas tersebut akan menghasilkan tulisan yang maksimal.

Hal pertama yang harus kamu perhatikan saat memilih kertas F4 yaitu dari segi merek.

Kamu bisa dengan mudah mengetahui kualitas kertas dengan melakukan survey merek kertas yang memiliki kualitas tinggi di pasaran.

Dimana tentu saja setiap merek akan memiliki harga yang berbeda yang biasanya sesuai dengan kualitas dari kertas tersebut.

Selanjutnya kamu juga harus memperhatikan gramasi atau gram-atur yang biasa disebut juga dengan GSM kertas.

Kebanyakan kertas F4 yang dijual di kebanyakan toko buku atau tempat fotocopy yaitu kertas dengan 70 gsm. Tetapi sebenarnya tersedia juga kertas dengan 60 gsm dan 80 gsm.

Dimana setiap gramasi tersebut biasa digunakan untuk keperluan yang berbeda, 60-70 gsm untuk keperluan fotokopi sedangkan 80 gsm untuk print dokumen.

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.