Nur Rahman Seseorang yang suka dengan dunia Fotografi dan Teknologi. Sering memotret momen indah dan mempelajari teknologi terbaru.

Template dan Ukuran Story Instagram (InstaStory)

3 min read

ukuran story instagram

Sama halnya dengan aplikasi lain, Instagram juga memiliki ukuran pada story instagram atau insta story. Instagram menyarankan para penggunannya untuk mengikuti ukuran yang telah ditetapkan.

Agar kualitas dari story yang dibuat tidak berubah saat akan dipublikasikan.

Dengan Insta story, anda bisa segera membagikan hal menarik yang terjadi dengan sangat mudah. Anda juga tidak akan membuat instastory penuh karena instastory akan hilang setelah 24 jam dibagikan.

Dengan instastory anda bisa membagikan berbagai macam postingan baik foto ataupun video.

Selain itu, anda juga bisa menambahkan macam-macam stiker atau gif yang telah disediakan oleh instagram. Sehingga Insta story anda akan lebih menarik dan tidak membosankan.

Maka tidak heran jika Fitur dari Instagram ini sangat banyak digemari para pengguna Instagram. Bahkan baru-baru ini ada fitur template terbaru yang bisa anda coba di Insta story.

Dengan template baru pada insta story, anda bisa memberikan pertanyaan yang dikemas dengan konsep sangat menarik.

Oke, langsung saja pada tema utama tentang ukuran story instagram.

Ukuran Story Instagram Pixel

ukuran story instagram

Kelebihan dari story instagram membuat para penggunannya tak pernah berhenti untuk membuat story baru setiap harinya. Akan tetapi, banyak yang tidak mengetahui ukuran untuk instastory sehingga file yang akan di unggah terpotong.

Pihak Instagram memang sangat ketat dalam hal ukuran konten yang akan di unggah. Karena jika ukuran konten tidak sesuai dengan ukuran yang ditetapkan, maka yang terjadi file anda akan terpotong atau disesuaikan.

Sehingga Kualitas dari konten yang akan dibagikan tentu berkurang.

Berikut ukuran untuk story Instagram.

Ukuran yang di tentukan Instagram adalah 1.080px x 1.920px. Yang berarti jika anda ingin membuat konten, ukuran dari konten tersebut harus memiliki lebar 1.080 dan tinggi 1.920 piksel. Sehingga konten yang anda buat tidak terpotong.

Jika anda ingin menyesuaikan ukuran pada story Instagram, anda bisa coba untuk mengedit terlebih dahulu gambar yang akan di unggah. Caranya, anda bisa membuat layout story Instagram sesuai dengan ukuran menggunakan photoshop.

Membuat Layout Story Instagram

Untuk membuat layout story Instagram, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Buka aplikasi photoshop, kemudian pilih menu file > new.cara membuat layout story ig
  • Setelah muncul tab baru, atur ukuran layout dengan ukuran lebar 1080 dan tinggi 1920. Pastikan satuan dari ukuran layout menggunakan pixels dan resolusi gunakan 72 pixelsmembuat layout story instagram
  • Jika kanvas dari photoshop sudah terbuat, masukkan gambar yang akan diunggah pada tab ini. Edit gambar sesuai dengan ukuran yang sudah dibuat.cara membuat layout story instagram
  • Apabila sudah selesai, anda bisa menyimpan gambar tersebut dengan klik File > Save as. Anda juga bisa memanfaatkan kombinasi tombol seperti CTR+SHIFT+S untuk menyimpan file.cara menyimpan file di photoshop
  • Simpan gambar dalam format .Jpg dan atur resolusi file sesuai keinginan anda. Kemudian, gambar tersebut bisa anda unggah di story Instagram.

Memang anda bisa menyesuaikan konten yang akan dibagikan jika ukuran tidak sesuai. Akan tetapi. penyesuaian itu tentu berpengaruh pada kualitas konten yang akan diunggah.

Maka untuk menghindari resolusi konten berubah, anda bisa menyesuaikan ukurannya terlebih dahulu di photoshop.

Selain dengan mengatur ukuran di photoshop, cobalah beberapa aplikasi yang tersedia di Playstore atau App Store untuk membuat story. Dengan bantuan aplikasi yang ada, story yang anda bagikan pasti akan lebih keren dari story pada umumnya.

 

Dan berikut ini beberapa aplikasi template Instagram story yang bisa anda coba.

Aplikasi Template Instagram Story

1. Canva

canva

Canva merupakan aplikasi yang bisa dibilang serbaguna. Di aplikasi ini, anda bisa membuat story sesuai dengan keinginan. Font yang ada pada aplikasi ini tentu akan membuat story lebih menarik, beberda dengan font yang disediakan Instagram.

Yang terpenting ialah, aplikasi Canva ini tersedia gratis di Playstore dan App Store. Terlebih lagi, penggunaan aplikasi ini sangatlah mudah. Apabila anda masuk kedalam aplikasi ini, anda cukup memilih template yang disukai dan edit dengan memberi kata-kata.

Bahkan, Canva juga memberikan beberapa kategori untuk template yang ada. Misalnya saja kategori Musim Panas, Traveling, atau Kutipan. Segera coba dan rasakan pengalaman membuat story dengan Canva.

2. Unfold

unfold

Aplikasi yang satu ini awalnya hanya bisa  didownload di App Store, yang berarti hanya pengguna iOS yang bisa menggunakannya. Akan tetapi sekarang pengguna android juga bisa menikmatinya, karena aplikasi ini sudah tersedia di Playstore.

Dengan aplikasi Unfold, pengguna bisa bereksperimen dengan story yang akan dibuat. Aplikasi ini memiliki rating 4,9 di App Store dan 4,5 di Playstore.

Rating tersebut memang sesuai dengan konten yang disediakan oleh aplikasi ini. Selain gratis, Unfold juga menyediakan banyak template yang sangat apik untuk anda coba.

Anda bisa coba membuat story dengan aplikasi ini dan terapkan beberapa bingkai, mulai dari polaroid klasik hingga film retro.

3. Insta Story

insta story

Insta Story merupakan aplikasi yang memiliki nama sangat tepat. Selain nama yang tepat dengan story Instagram, aplikasi ini juga memiliki daya pikat yang sangat kuat.

Daya pikat yang dihadirkan oleh aplikasi ini yaitu tempate-template yang sangat menarik. Template yang ada di aplikasi ini sangat banyak sehingga apabila anda ingin membuat story, anda bisa memilih template yang sesuai.

Untuk menggunakan aplikasi ini, anda cukup memilih template pada kategori yang sesuai dengan foto anda. Setelah itu, anda bisa memodifikasi teks pada template tertentu sehingga membuat story sangat menarik.

Jika sudah mengedit template, anda bisa menyimpan ke galeri Smartphone yang selanjutnya bisa anda unggah menjadi Instagram Story.

4. Over

over

Apabila anda ingin mengiklankan brand anda di story Instagram, Over merupakan salah satu aplikasi yang tepat. Karena, aplikasi ini memiliki template yang sangat mengesankan dan sangat elegan.

Tampilan yang dihasilkan oleh aplikasi ini sangatlah apik, karena dibuat dengan warna eye-popping. Yang memungkinkan anda untuk mengedit warna pada foto dengan hasil yang tak mengecewakan.

Pada aplikasi ini, anda bisa memilih template yang disediakan gratis maupun berbayar. Sehingga anda bisa membuat story untuk brand dengan tampilan yang sangat elegan.

5. Story Maker

aplikasi story instagram story maker

Aplikasi terakhir yang bisa anda coba untuk membuat story Instagram adalah Story Maker. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini didesain untuk membuat story yang lebih menarik dari biasanya.

Selain koleksi template yang menarik, anda juga bisa mengaplikasikan fitur brush yang ada. Fitur brush ini memungkinkan anda untuk membuat story dengan efek yang berbeda.

Story Maker menyediakan template secara gratis, hanya saja akan ada iklan yang muncul setelah anda memilih template untuk diedit. Apabila anda tidak masalah dengan iklan, Story Maker adalah aplikasi yang baik untuk anda.

Maka dari itu, anda bisa membuat konten yang menarik dengan menyesuaikan ukuran dengan photoshop atau membuat dengan aplikasi diatas.

Nur Rahman Seseorang yang suka dengan dunia Fotografi dan Teknologi. Sering memotret momen indah dan mempelajari teknologi terbaru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *