Daffa Seseorang yang suka utak-atik hal yang berkaitan dengan teknologi terutama mengenai Android, Komputer, dan Internet. Saat ini menjadi Content Manager di Berakal.com

Cara Backup iPhone

3 min read

Cara Backup iPhone

Salah satu cara agar data di iPhone tidak hilang secara tiba-tiba yaitu dengan melakukan backup data.

Karena beberapa alasan tertentu mungkin kita ingin melakukan back up data iPhone kita. Entah ingin memformat ulang, menjual, ataupun melakukan update iOS. Pengguna iPhone biasanya melakukan backup di iTunes atau iCloud.

Namun tidak semua pengguna mengetahui bagaimana cara backup data di iPhone. Berbeda halnya dengan perangkat Android yang mengandalkan Google Drive untuk penyimpanan data backup.

Selain itu di Android kita juga dapat dengan mudah melakukan backup dengan cara melakukan copy paste di komputer.

Melakukan backup sangat penting kita lakukan secara berkala. Pasalnya, kita tidak tahu kapan iPhone kita mengalami masalah. Seperti lupa password, error, dan lainya yang mengharuskan kita untuk mereset iPhone kita.

Cara backup dibawah ini dapat kita lakukan di semua model iPhone seperti iPhone 5, 6, dan lainya. Selain itu dapat juga digunakan di semua versi iOS. Mulai dari iOS 9, 10, 11, dan 12.

Syarat Melakukan Backup

Sebelum kita melakukan backup. Ada baiknya kita membaca beberapa syarat dibawah ini agar disaat kita melakukan backup semuanya berjalan dengan lancar.

Syarat untuk melakukan backup di iPhone:

  1. Pastikan Baterai HP dalam keadaan full. Atau setidaknya lebih dari setengah kapasitas baterai tersebut.
  2. Jika kita melakukan backup di iCloud. Pastikan kita memiliki akun iCloud dan ruang yang cukup di akun tersebut. Selain itu pastikan juga koneksi internet yang kita gunakan stabil. Berakal menyarankan untuk menggunakan WiFi saja dalam melakukan backup. Karena jika kita menggunakan data seluler maka bukan tidak mungkin kuota kita akan habis.
  3. Jika melakukan backup data iPhone dengan iTunes. Pastikan baterai laptop yang kita gunakan dalam keadaan full, atau bisa juga dengan menyambungkanya ke sumber daya. Selain itu pastikan juga aplikasi iTunes yang digunakan memiliki versi terbaru. Jangan lupa untuk menggunakan kabel data original iPhone atau dengan kabel data yang berkualitas.

1. Cara Backup iPhone Via iCloud

Cara pertama yang dapat kita lakukan untuk melakukan backup data di iPhone adalah dengan menggunakan iCloud.

iCloud merupakan sebuah media penyimpanan berbentuk cloud yang secara resmi digagas oleh Apple.

Dengan menggunakan iCloud kita dapat menyimpan data secara online. Jika kita belum mengerti bagaimana cara kerja iCloud.

Kita tentu tahu tentang Google Drive atau Dropbox. Nah, cara kerja iCloud mirip dengan cara kerja Dropbox dan Google Drive.

Ingin menaikan versi iOS iPhone atau iPad kamu? Baca Cara Update iOS dari berakal.com

iCloud dapat menyimpan berbagai data berupa file dokumen, musik, gambar, dan video. Kita dapat mengakses semua data kita yang tersimpan di iCloud kapanpun dan dimanapun. Asalkan kita terhubung dengan koneksi internet.

Cara mencadangkan data ke iCloud:

  1. Pastikan iPhone kita sudah terhubung dengan koneksi internet. Usahakan kita menggunakan jaringan WiFi.
  2. Jika kita menggunakan iOS 7. Masuk ke menu pengaturan, setelah itu pilih menu iCloud. Setelah itu pilih Penyimpanan & Cadangan.
  3. Jika kita menggunakan iOS 8. Pergi ke menu Settings, kemudian pilih menu iCloud. Selanjutnya pilih Cadangan.cara backup iphone dengan icloud

  4. Jika kita menggunakan iOS 9, 10, 11, dan 12. Buka menu pengaturan kemudian buka Apple ID (nama kita). Setelah itu pilih iCloud. Kemudian kita pilih Cadangan iCloud. Lalu pilih Cadangkan Sekarang.
  5. Tunggu hingga proses mencadangkan selesai.
  6. Untuk memastikan backup data telah selesai. Pergi ke menu Pengaturan. Kemudian pilih iCloud. Lalu pilih Penyimpanan. Dan backup yang baru saja kita lakukan akan muncul beserta ukuran dan waktunya.

2. Cara Backup iPhone Via iTunes

Selain dengan menggunakan iCloud kita juga dapat melakukan backup dengan menggunakan iTunes. Tentunya dengan menggunakan cara ini kita membutuhkan PC yang memiliki aplikasi iTunes.

Terkadang ingin mereset iphone tetapi belum tahu caranya? Baca cara reset iphone dari berakal.com

Cara backup data di iTunes komputer:

  1. Pastikan laptop kita sudah memiliki aplikasi iTunes.
  2. Setelah itu jalankan aplikasi tersebut lalu hubungkan iPhone atau iPad dengan laptop menggunakan kabel data.
  3. Jika kita diminta untuk memasukkan kode sandi perangkat. Ikuti langkah-langkah yang ada di layar PC.
  4. Setelah iPhone kita terdeteksi. Klik File setelah itu klik Perangkat. Lalu pilih Cadangkan.
  5. Tunggu hingga proses pencadangan selesai.cara backup iphone dengan itunes
  6. Setelah selesai pastikan semua data telah di backup di iTunes. Cara melihat hasil backup adalah dengan masuk ke menu Preferensi di iTunes. Lalu klik Perangkat. Maka layar PC kita akan menunjukkan nama perangkat dan hasil backup data.

Cadangkan Otomatis di iCloud

Selain dengan cara manual. Kita juga dapat mengatur backup secara otomatis di iCloud.

Cara backup otomatis tanpa iTunes:

  1. Pastikan Cadangan iCloud telah aktif di iPhone kita. Caranya dengan buka menu Pengaturan. Kemudian tekan nama kita, lalu pilih iCloud, selanjutnya pilih Cadangan iCloud.
  2. Pastikan perangkat kita terhubung dengan jaringan WiFi.
  3. Pastikan juga kita memiliki ruang yang cukup di iCloud. Jika kita masuk ke iCloud kita dapat melihat penyimpan iCloud sebanyak 5 GB gratis. Jika kita memerlukan lebih banyak lagi ruang penyimpanan. Kita bisa membelinya dengan harga mulai USD 0,99 per bulan dengan kapasitas 50 GB.
Tidak tahu IMEI iPhone kamu? Simak Cara Cek IMEI iPhone.

Setelah kita mengetahui cara backup iPhone dengan menggunakan iCloud dan iTunes. Kini saatnya kita mengetahui bagaimana cara restore atau memulihkan cadangan di iPhone.

Cara Restore iCloud

Jika sebelumnya kita melakukan backup data dengan menggunakan iCloud. Maka kita bisa mengikuti beberapa langkah dibawah ini untuk melakukan restore data dari iCloud.

Cara ini dapat kita lakukan dimana saja dan kapan saja, asalkan iPhone kita terhubung dengan jaringan internet.

Cara memulihkan cadangan iCloud:

  1. Pastikan iPhone terhubung dengan koneksi WiFi untuk melakukan restore data iPhone dari iCloud.
  2. Buka menu iCloud, lalu pilih Pulihkan dari Cadangan iCloud. Atau jika kita menggunakan bahasa Inggris pilih Restore from iCloud Backup.restore icloud
  3. Pilih back up data kita sesuai dengan tanggal dan waktu kapan kita melakukan backup data iPhone.
  4. Selanjutnya masukkan rincian akun kita untuk mendapatkan akses iCloud.
  5. Tunggu beberapa saat hingga data kita berhasil di restore. Pastikan iPhone selalu terhubung dengan koneksi internet.

Cara Restore iTunes

Jika kita sebelumnya melakukan backup di iTunes. Maka kita dapat menggunakan cara ini untuk mengembalikan file backup kita.

Ingin menurunkan versi iOS? Baca cara downgrade iOS.

Cara memulihkan cadangan iTunes:

  1. Cara memulihkan cadangan iTunes:
  2. Setelah itu jalankan aplikasi iTunes pada komputer. Pastikan kita menggunakan iTunes dengan versi terbaru. Jika belum, kita bisa mengupdatenya dengan memilih notifikasi pembaruan yang muncul.
  3. Selanjutnya klik File, pilih Perangkat, lalu pilih Pulihkan dari Cadangan.restore itunes
  4. Kemudian pilih backup data yang sesuai dengan waktu dan tanggal kapan kita melakukan backup data iPhone kita tersebut.
  5. Lalu klik Pulihkan atau Restore. Tunggu hingga proses restore selesai. Pastikan iPhone tetap terhubung dengan komputer hingga proses backup selesai.

Itulah bagaimana cara backup dan restore data di iPhone dengan iCloud dan iTunes. Pastikan kita selalu melakukan backup data secara rutin agar data kita selalu aman. Semoga bermanfaat!

Daffa Seseorang yang suka utak-atik hal yang berkaitan dengan teknologi terutama mengenai Android, Komputer, dan Internet. Saat ini menjadi Content Manager di Berakal.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *