Galan Seseorang yang sering melakukan hal yang berkaitan dengan Teknologi. Mencintai dunia internet khususnya Search Engine Optimization

Cara Membuat Grafik di Word

3 min read

Cara Membuat Grafik di Word

Banyak yang ingin menambah grafik persentase x dan y word tetapi belum tahu caranya. Padahal cara membuat grafik di word sangat mudah.

Kita bisa membuatnya di semua versi Microsoft Office Word. Disini berakal akan mencontohkan dengan membuat grafik menggunakan Microsoft Word 2016.

Namun untuk kalian yang menggunakan versi Microsoft Office Word lain seperti Word 2007 dan sebagainya kalian masih bisa menggunakan cara ini dengan sedikit penyesuaian.

Grafik merupakan sesuatu yang bisa kita gunakan untuk menyampaikan sebuah data atau informasi dalam bentuk grafis.

Hal tersebut termasuk grafik yang kita buat dalam sebuah dokumen untuk dapat membantu kita dalam menyampaikan atau menggambarkan sebuah data numerik.

Misalkan sebuah data perbandingan agar lebih mudah untuk dipahami.

Microsoft Word sendiri sebagai salah satu program pengolah kata menyediakan fitur untuk menyajikan sebuah data dalam tampilan grafik.

Sering membuat brosur? Anda bisa juga loh buat di word. Ikuti cara membuat brosur di word dari berakal.

Namun sebelum kita ke cara membuat grafik di word, kita kenali terlebih dahulu jenis-jenis grafik yang bisa kita buat dengan Microsoft Word.

Grafik yang Ada di Word

Dengan mengenali jenis-jenis grafik yang ada di Microsoft Word. Kita bisa lebih mudah untuk menentukan grafik mana yang sesuai dengan data atau informasi yang akan kita gambarkan.

  • Grafik Garis: Biasanya grafik ini digunakan untuk menampilkan tren. Karena garis dalam grafik ini akan dihubungkan melalui beberapa titik yang ada. Sehingga memudahkan pembaca untuk dapat melihat sebuah tren apakah data dari tren tersebut cenderung menurun atau meningkat dari jangka waktu tertentu.
  • Grafik Area: Grafik ini hampir sama dengan grafik garis. Namun grafik area memiliki sebuah area yang terisi di bawah garis tersebut.
  • Grafik Batang: Sebuah grafik yang menggunakan batang horisontal. Grafik ini biasanya digunakan untuk menampilkan data perbandingan.
  • Grafik Kolom: Hampir sama dengan grafik batang. Namun bedanya grafik kolom menggunakan batang vertikal. Grafik ini bisa digunakan untuk menampilkan berbagai informasi. Namun lebih sering digunakan untuk menampilkan sebuah data perbandingan.
  • Diagram Pie: Seperti namanya grafik ini disajikan dalam bentuk lingkaran yang terdiri dari beberapa potongan layaknya pie. Grafik ini sangat cocok untuk digunakan sebagai grafik untuk membandingkan sebuah proporsi atau persentase dari sebuah data.
  • Grafik Permukaan: Grafik ini memungkinkan kita untuk merepresentasikan berbagai data atau informasi secara bersamaan. Grafik ini memiliki tampilan 3D (3 dimensi).

Bagian-bagian Pada Grafik

Nah setelah kita memahami jenis-jenis grafik. Disini kita akan mempelajari bagian yang ada di dalam grafik tersebut.

  • Chart Title: Judul dari sebuah grafik. Dimana dalam membuat judul kita harus menggambarkan dengan jelas data apa yang akan kita informasikan didalam grafik tersebut.
  • Horizontal Axis: Sebuah sumbu horisontal yang biasa kita kenal dengan sumbu x.
  • Vertical Axis: Sebuah sumbu vertikal atau yang kita kenal dengan sumbu y.
  • Data Series: Data seri merupakan sebuah titik-titik daya yang saling terkait dalam sebuah diagram grafik.
  • Legend: Berfungsi untuk mengidentifikasi seluruh seri data yang ada di dalam grafik tersebut dengan menggunakan warna atau bentuk.

Nah setelah kita mengetahui jenis dan juga bagian dari grafik sekarang saatnya untuk menambahkan grafik pada Word.

Berikut cara mudah membuat grafik di Microsoft Word yang akan berakal sampaikan.

Cara Membuat Grafik di Word

Menambahkan grafik di Word :

  1. Jalankan aplikasi Microsoft Word lalu buka dokumen yang ingin kita tambahkan grafik didalamnya.
  2. Pastikan kursor berada pada bagian dimana grafik tersebut akan di tambahkan. Tidak tahu kursor? Kursor adalah garis lurus yang kedap-kedip di Word.
  3. Selanjutnya pada tab Insert klik chart yang ada pada menu Illustrations.cara membuat grafik di word 2007

  4. Setelah itu maka akan muncul sebuah jendela yang berisikan jenis-jenis grafik. Pilih jenis grafik yang sesuai dengan data yang akan kita sajikan. Setelah itu pilih model grafik tersebut pada bagian kanan. Jika sudah klik tombol OK.cara membuat grafik di word 2013
  5. Secara otomatis akan muncul sebuah grafik dan juga jendela spreadsheet Excel. Didalam spreadsheet Excel tersebut tersedia baris dan juga kolom. Nah disitulah kita akan mengisikan data dari grafik tersebut.cara membuat grafik persentase di word
  6. Masukkan data ke dalam spreadsheet tersebut. Jika kita sudah memiliki data di file Excel kita bisa melakukan Copy Paste data tersebut kedalam spreadsheet yang muncul di Word. Setelah data yang kita masukkan dirasa cukup. Close spreadsheet tersebut dengan menekan tombol silang.cara membuat grafik garis di word
  7. Untuk mengubah data pada grafik tersebut cukup dengan memilih grafik tersebut kemudian klik Edit Data yang ada pada tab Design. Maka jendela Spreadsheet Excel tadi akan muncul.cara menambah grafik di word

Memodifikasi Grafik

Setelah kita praktek cara membuat sebuah grafik di word. Tentu saja kita bisa mengedit grafik tersebut misalkan menukar baris dan kolom, mengganti jenis grafik, mengganti layout grafik, dan lain sebagainya.

Menukar Baris dan Kolom

Terkadang kita ingin menampilkan data grafik pada sudut pandang yang berbeda. Nah salah satu solusinya adalah merubah data yang ada pada baris menjadi kolom.

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Klik pada grafik yang akan kita ubah. Selanjutnya pada tab Design klik opsi Edit Data yang ada pada bagian Data.cara membuat grafik di word 2010
  2. Setelah itu klik Switch Row/Column.
  3. Maka secara otomatis baris dari grafik tersebut akan menjadi kolom maupun sebaliknya.

Mengganti Jenis Grafik

Nah jika kita merasa jenis grafik yang kita gunakan tidak cocok dengan data yang akan kita sajikan kita bisa mengganti jenis grafik tersebut tanpa harus membuatnya lagi.

Berikut cara merubah jenis grafik:

  1. Klik grafik yang akan kita ganti tersebut.
  2. Setelah itu pada tab Design yang muncul klik Change Chart Type.cara membuat grafik di word 2016
  3. Lalu akan muncul jendela dimana terdapat berbagai jenis grafik didalamnya. Pilih jenis grafik yang menurut kita paling sesuai. Setelah itu klik OK.
  4. Maka secara otomatis grafik kita akan berubah menjadi grafik yang barusan kita pilih.

Mengubah Layout Grafik

Layout atau tata letak sebuah grafik akan mempengaruhi beberapa elemen seperti judul dan juga label data.

Untuk mengubahnya ikuti beberapa langkah dibawah ini:

  1. Pilih grafik yang akan kita edit.
  2. Setelah itu pada tab Design pilih   yang terletak di bagian Chart Layout.cara membuat grafik x y di word
  3. Selanjutnya akan muncul menu drop down. Lalu pilih layout yang kita inginkan.
  4. Setelah kita memilihnya maka layout dari grafik tersebut akan berubah.

Mengubah Tampilan Grafik

Agar grafik tersebut terlihat lebih menarik kita bisa mengubahnya termasuk warna, gaya, dan sebagainya.

Edit tampilan grafik:

  1. Klik grafik tersebut.
  2. Setelah itu pada tab Design di bagian Chart Style klik tombol drop down. Lalu akan muncul beberapa pilihan. Pilih tampilan atau gaya grafik yang kita inginkan.cara membuat grafik di word android
  3. Maka secara otomatis grafik tersebut akan berubah sesuai dengan gaya yang kita pilih.

Nah itulah cara untuk membuat grafik di Microsoft Office Word. Mudah bukan? Selamat mencoba.

Galan Seseorang yang sering melakukan hal yang berkaitan dengan Teknologi. Mencintai dunia internet khususnya Search Engine Optimization

Cara Aktivasi Office 2016

Daffa
2 min read

Cara Print AutoCAD

Galan
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *