Cara Membuat Bagan di Word

Share
Comment 0 reply
Cara Membuat Bagan di Word

X

Advertisements

Loading...

Di Microsoft Word, kamu tidak hanya bisa membuat dokumen teks dan menyisipkan gambar saja, lho. Kamu juga bisa membuat bagan untuk melengkapi tulisanmu.

Sering kali pembuatan proposal, laporan, skripsi, dll, harus dilengkapi dengan bagan. Tujuan dibuatnya bagan adalah untuk mempermudah pembaca dalam memahami data yang ingin ditampilkan pada dokumen.

Cara membuat bagan di Word tidak membutuhkan aplikasi ketiga. Baik bagan untuk struktur organisasi atau data pendukung lainnya, semuanya bisa dilakukan dengan mudah dan cepat.

Ringkasan Cara Membuat Bagan di Word

  1. Buka menu Insert
  2. Pilih SmartArt untuk Bagan Struktur Organisasi
  3. Tentukan design sesuai kebutuhan
  4. Pilih Add Shape untuk menambah tabel
  5. Isi nama sesuai kebutuhan
  6. Selesai

Untuk membuat bagan entah itu kotak, lingkaran segitiga dan sebagainya di Microsoft Word 2010 atau di versi lainnya, kamu cukup memilih fitur yang disediakan oleh Microsoft Word.

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa ikuti panduan ini sampai selesai.

Membuat Bagan Struktur Organisasi & Diagram Batang

Tanpa perlu membuka program lain, sebenarnya Microsoft Word sendiri sudah memiliki fitur untuk menyisipkan bagan, baik berupa grafik atau diagram.

Cara membuat bagan di Microsoft Word 2007 hingga yang terbaru secara garis besar sama. Kamu hanya perlu memanfaatkan menu Insert, kemudian pilih antara SmartArt atau Chart.

Masalahnya, untuk pemula, kamu mungkin bingung bagaimana cara membuat bagan di Word yang bagus. Langsung saja ikuti pembahasannya berikut.

1. Cara Membuat Bagan Organisasi di Microsoft Word

Bagan ini sebenarnya tidak hanya bisa digunakan untuk membuat struktur organisasi. Bagan ini juga bisa digunakan untuk membuat mind map agar idemu mudah dipahami.

  1. Buka aplikasi Microsoft Word
  2. Pilih Menu Insert yang ada di bagian atas, kemudian pilih SmartArt. Pada menu selanjutnya, akan ada banyak pilihan desain, tentukan mana yang sesuai dengan kebutuhanmu.cara membuat bagan di word sesuai keinginan
  3. Untuk struktur organisasi, klik Hierarchy, lalu pilih desain yang kamu suka.Hierarchy Microsoft Word
  4. Setelah itu baganmu akan muncul di lembar kerja. Kamu bisa menambahkan kotak, lalu menuliskan nama.Design Text Microsoft Word
  5. Klik Add Shape untuk cara menambahkan kotak bagan di Word. Kamu juga bisa mengatur di sebelah mana kotak tambahan tersebut ditempatkan.Add Shape
  6. Klik [Text] untuk menuliskan nama-nama dalam struktur organisasi.cara membuat bagan struktur organisasi di word

Advertisement

Kamu juga bisa mengatur warna, desain, atau format tulisan. Buat bagan semenarik mungkin agar semakin informatif.

Kemudian, dalam struktur organisasi, tidak semua garis adalah garis lurus. Ada dua garis yang berlaku, yakni garis lurus dan garis putus-putus.

Bagaimana cara membuat garis putus-putus dalam bagan?

  1. Blok garis yang akan kamu ubah menjadi garis putus-putus.
  2. Klik Format, lalu pilih garis putus-putus.cara membuat bagan di word 2010

Baca juga: Cara Membuat Pangkat di Word

2. Cara Membuat Diagram Batang, Grafik, atau Lingkaran di Word

Selain membuat bagan untuk struktur organisasi, kamu juga bisa membuat bagan dalam bentuk diagram atau grafik. Jenis bagan ini berfungsi untuk menampilkan data secara lebih jelas.

Jika data yang dicantumkan masih berupa tabel, akan susah menemukan informasi apakah ada kenaikan, penurunan, atau yang lainnya. Oleh karena itu, dibutuhkan diagram agar lebih mudah dibaca.

Berikut cara membuat diagram di Word.

  1. Buka aplikasi Microsoft Word.
  2. Pada bagian atas file, pilih menu Insert > Chart.membuat bagan chard
  3. Tentukan apakah ingin membuat diagram batang, garis, atau lingkaran. Dalam contoh ini, kita akan membuat diagram batang.clustered column
  4. Isi tabel Excel sesuai dengan data yang kamu miliki.isi data diagram

Catatan:

Chart Title

Advertisement

  1. Untuk mengatur layout diagram.
  2. Untuk memilih apa saja informasi diagram yang ingin ditampilkan.
  3. Untuk mengatur desain diagram
  4. Untuk menambah, mengurangi, mengedit poin-poin yang ada pada diagram

Itulah serangkaian cara membuat bagan di Word. Langkah ini bisa digunakan untuk kamu yang memakai Microsoft Words 2016 atau versi yang lebih baru.

Baca juga: Cara Membuat Garis di Word

Advertisement

Mengenal Macam-Macam Bagan

Macam-Macam Bagan

Bagan bukan hanya dipakai untuk struktur organisasi. Bagan, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), adalah diagram yang memperlihatkan informasi sebagai serangkaian garis atau blok.

Menurut pengertian tersebut, bagan berarti bisa terdiri dari berbagai bentuk, di antaranya adalah diagram pohon, batang, lingkaran, dan garis.

1. Diagram Pohon

Diagram pohon lebih dikenal sebagai bagan organisasi. Diagram ini memetakan informasi melalui kotak-kotak yang dihubungkan dengan garis. Mirip seperti cabang pohon.

Garis dalam diagram pohon pun memiliki makna tersendiri. Garis utuh menyatakan garis komando, sedangkan garis putus-putus menyatakan garis koordinasi.

2. Diagram Batang

Advertisement

Diagram batang menyajikan informasi atau data berbentuk persegi panjang, baik vertikal maupun horizontal. Data ini disusun berdasarkan tabel informasi tertentu, kemudian disusun menjadi diagram batang.

3. Diagram Lingkaran

Sama seperti diagram batang, informasi dalam diagram lingkaran disusun menjadi irisan-irisan untuk menggambarkan proporsi tertentu. Dalam diagram lingkaran, panjang busur masing-masing irisan sesuai dengan data kuantitas yang diwakilinya.

4. Diagram Garis

Diagram garis menyajikan informasi melalui titik-titik yang terhubung dengan garis. Titik-titik tersebut menunjukkan data serta frekuensinya. Diagram ini banyak digunakan untuk menyajikan data tunggal.

Empat jenis bagan di atas sangat umum dipilih untuk menyajikan data. Lalu, bagan seperti apa yang kamu butuhkan?

Dalam hal ini, kamu bisa menggunakan SmartArt dan Chart yang ada di menu Insert seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.