Cara Menampilkan Ruler di Word

Share
Comment 0 reply
Cara Menampilkan Ruler di Word

Salah satu fitur dalam Microsoft Word yang dapat membantu kamu untuk merapikan tulisan adalah fitur ‘ruler’. Namun pada beberapa kasus, fitur ‘Ruler’ tidak langsung muncul secara default. Untuk itu, kamu harus tahu cara menampilkan ruler di word agar bisa memanfaatkan fiturnya.

Fitur ‘Ruler’ pada Microsoft Word memiliki banyak fungsi, diantaranya:

  • Untuk mengetahui batas area penulisan
  • Untuk mengatur ‘Margins’, baik margin atas, bawah, kiri, maupun kanan
  • Untuk mengatur jarak pada fungsi ‘tab’
  • Untuk menyelaraskan teks, tabel, gambar, dan unsur lainnya dalam dokumen
  • Untuk mengetahui posisi tabel, gambar, dan unsur lainnya dalam dokumen
  • Untuk mengetahui ukuran tabel, gambar, dan unsur lainnya dalam dokumen

Pada Microsoft Word, fitur ‘Ruler’ ditampilkan dalam dua jenis, yaitu penggaris horizontal dan penggaris vertikal. Penggaris horizontal berada di bagian atas halaman kerja dan penggaris vertikal berada di bagian kiri halaman kerja.

Ringkasan Cara Menampilkan Ruler di Word

  1. Aktifkan tab ‘View’
  2. Pilih tampilan ‘Print Layout’
  3. Aktifkan fitur ‘Ruler’
  4. Fitur ‘Ruler’ siap digunakan
  5. Menyembunyikan fitur ‘Ruler’

Jika Microsoft Word yang ada di perangkat komputer atau laptop kamu tidak menampilkan fitur ‘Ruler’, kamu bisa bisa mengikuti langkah di bawah ini:

Cara Menampilkan dan Menyembunyikan Fitur ‘Ruler’

Pada dasarnya, cara menampilkan ruler di word 2010 dan versi setelahnya hampir sama. Berikut salah satu cara menampilkan garis di word yang dapat dipraktikan pada hampir semua versi:

1. Aktifkan tab ‘View’

Untuk menampilkan fitur ‘Ruler’ langkah pertama yang haru kamu lakukan adalah menuju tab ‘View’ yang berada di bagian paling kanan.

aktifkan tab view

2. Pilih tampilan ‘Print Layout’

Kedua, cara mengatur ruler di word yang tidak boleh dilewatkan adalah memilih tampilan ‘Print Layout’ di bagian ‘Views’ yang ada di sebelah kiri atas.

cara menampilkan ruler di ms word

3. Aktifkan fitur ‘Ruler’

Ketiga, pada bagian ‘Show’ aktifkan fitur ‘Ruler’ dengan mengklik satu kali pada kotak hingga berubah menjadi tanda centang.

Ruler Microsoft Word

4. Fitur ‘Ruler’ siap digunakan

Apabila ketiga langkah di atas sudah dilakukan, maka fitur ‘Ruler’ otomatis muncul di bagian atas dan bagian kiri dari halaman kerja. Setelah ini fitur ‘Ruler’ ini sudah bisa dimanfaatkan, misal untuk mengatur jarak tab, mengatur margin, mengukur objek, dan lain sebagainya.

Menampilkan Ruler di Word

5. Menyembunyikan fitur ‘Ruler’

Apabila kamu merasa tampilan fitur ‘Ruler’ cukup mengganggu atau sudah tidak diperlukan lagi, maka kamu bisa menyembunyikannya.

Langkah menyembunyikan fitur ‘Ruler’ hampir sama dengan cara menampilkannya, yaitu:

View > Print Layout > Ruler (hapus tanda centang dengan klik satu kali)

menyembunyikan fitur ruler

Itulah langkah praktis menampilkan dan menyembunyikan fitur ‘Ruler’ pada Microsoft Word. Selanjutnya kamu bisa mengikuti langkah di bawah ini untuk mengetahui cara kerja dari fitur ini:

Memanfaatkan Fitur ‘Ruler’

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa fitur ‘Ruler’ memiliki banyak fungsi. Berikut beberapa langkah yang bisa kamu ikuti untuk memanfaatkan fitur ‘Ruler’:

1. Menggunakan fitur ‘Ruler’ untuk mengatur ‘Margins’ tulisan

Arahkan kursor ke ujung margin kiri, yaitu bagian perbatasan penggaris abu-abu dan penggaris putih. Klik dan seret ikon margin kiri untuk mengubah ukuran marginnya.

zoom ruler word

Di ujung kanan penggaris terdapat ikon margin kanan yang memiliki fungsi serupa dengan ikon margin kiri. Klik dan seret ikon margin kanan untuk mengubah ukuran marginnya.

mengatur margin ruler word

Cara mengatur ruler samping di MS Word untuk mengukur margin atas dan margin bawah juga relatif mudah.

Untuk mengatur margin atas, arahkan kursor ke bagian perbatasan penggaris abu-abu dan penggaris putih bagian atas. Kursor akan berubah menjadi tanda panah atas-bawah, klik dan seret untuk mengubah ukuran marginnya.

mengatur margin

Begitu juga untuk mengatur margin bawah, arahkan kursor ke bagian perbatasan penggaris abu-abu dan penggaris putih bagian bawah. Kursor akan berubah menjadi tanda panah atas-bawah, klik dan seret untuk mengubah ukuran marginnya.

mengatur margin bawah word

2. Menggunakan fitur ‘Ruler’ untuk mengatur jarak ‘Tab’

Untuk mengatur jarak ‘Tab’, letakan kursor di baris tempat kamu ingin meletakkan ‘Tab’. Lakukan klik satu kali hingga muncul ikon berbentuk sudut kecil di bagian garis.

mengatur jarak tab di word

Untuk mengubah penempatan ‘Tab’, klik dan seret ikon ‘Tab’ tersebut lalu pindahkan ke posisi yang baru. Jika ingin membuat lebih dari satu ikon ‘Tab’, kamu bisa mengulangi cara yang sama di lokasi yang berbeda.

Baca juga: Cara Membuat Bagan di Word

Menampilkan dan menyembunyikan fitur ‘Ruler’ tidaklah susah, begitu juga dengan cara menggunakannya. Dengan mengetahui cara menampilkan garis tepi di word, sekarang kamu bisa membuat dokumen dengan lebih rapi, tertata, dan tentunya lebih praktis.

Jadi, itulah cara menampilkan ruler di word yang bisa kamu jadikan referensi. Silakan dipraktikan dan semoga berhasil!

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.