Nur Rahman Seseorang yang suka dengan dunia Fotografi dan Teknologi. Sering memotret momen indah dan mempelajari teknologi terbaru.

Cara Mengaktifkan Hotspot di iPhone

2 min read

Cara Mengaktifkan Hotspot di iPhone

Menjadikan iPhone sebagai Hotspot pribadi akan sangat diperlukan apabila sedang bepergian. Apalagi anda membawa perangkat lain seperti Macbook / iPad yang membutuhkan koneksi internet. Cara untuk mengaktifkan hotspot di iPhone sangat mudah.

Bahkan anda juga bisa berbagi dengan teman disekitar anda yang memerlukan koneksi internet. Caranya cukup dengan berbagi sandi dari hotspot pribadi anda.

Lalu mengapa anda harus membuat hotspot Wi-Fi dengan perangkat iPhone yang anda miliki?

Misalnya anda sedang bepergian dengan iPhone. Lalu anda juga membawa perangkat lain yang hanya bisa tersambung ke internet denga Wi-Fi seperti Mac atau iPad.

Sedangkan anda ingin mengurus pekerjaan yang ada di perangkat Mac / iPad dan harus terhubung ke internet.

Sementara ditempat anda singgah tidak ada koneksi Wi-Fi. Maka dari itu anda bisa menjadikan iPhone sebagai hotspot pribadi.

Sebelum anda menjadikan iPhone sebagai hotspot pribadi ada baiknya anda mengecek terlebih dahulu paket data yang anda miliki.

Agar pada saat menggunakan iPhone sebagai Wi-Fi anda tidak kehabisan paket data.

Cara Mengaktifkan Hotspot di iPhone

Sebuah hotspot bisa mengubah perangkat iPhone yang anda miliki menjadi router Wi-Fi, seperti yang ada pada rumah anda.

iPhone terhubung ke internet menggunakan koneksi 3G / 4G.

Dan bisa di bagikan melalui koneksi Wi-Fi yang bisa dipakai untuk perangkat lain seperti Mac / iPad yang anda miliki.

Selain itu anda juga bisa menyambungkan Wi-Fi dari iPhone dengan menggunakan kabel USB. Dengan cara menghubungkannya ke Laptop / Komputer anda.

Berikut ini cara untuk mengatur hotspot Wi-Fi di iPhone:

  • Buka pengaturan, lalu pilih pada Data Seluler. 
  • Ketuk pada menu Hotspot pribadi, dan atur Hotspot Pribadi dari Off ke On (Slide sehingga berubah menjadi hijau).cara mengaktifkan hotspot di iPhone

  • Jika Wi-Fi pada iPhone anda sudah aktif langkah selanjutnya adalah membuat sandi untuk Wi-Fi pribadi anda. Tapi apabila belum aktif dan muncul pemberitahuan Bluetooth tidak aktif, maka pilihlah pada Wi-Fi and USB Only.
  • Ketuk pada bagian Kata Sandi Wi-Fi dan masukkan kata sandi yang ingin anda buat. (Sandi ini tidak ada kaitan dengan ID Apple anda atau hanya untuk koneksi Wi-Fi saja).
  • Setelah itu periksalah nama hotspot yang ada pada iPhone anda.
  • Jika anda ingin menghubungkan perangkat Mac dengan hotspot pribadi yang ada pada iPhone. Anda cukup membuka pengaturan wifi pada Mac dan klik nama dari hotspot yang anda miliki.
  • Masukkan kata sandi yang sudah anda buat pada langkah 4.

Seharusnya dengan cara mengaktifkan hotspot dari iPhone diatas anda sudah bisa menghubungkan perangkat Mac / iPad dengan hotspot pribadi dari iPhone yang anda miliki.

Tapi apa yang harus anda lakukan jika nama hotspot pribadi anda tidak ada didalam daftar Wi-Fi di Mac?

Cara Menampilkan Wi-Fi di Mac

Jika anda menemui masalah nama dari hotspot yang sudah anda buat tidak ada dalam daftar nama jaringan Wi-Fi. Solusinya bukalah menu System Preferences yang ada di Mac dan klik pada bagian Network.

  • Pilihlah Wi-Fi pada daftar bagian kiri. Pilih hotspot iPhone anda dari menu tarik-turun Nama hotspot anda.cara menampilkan hotspot pribadi di mac
  • Saat anda sedang berada di menu ini, centang pada bilah “Show Wi-Fi Status“. Sekarang anda bisa menggunakan koneksi internet di Mac menggunakan jaringan dari iPhone anda.
  • Jarak untuk koneksi Wi-Fi mungkin bervariasi, tergantung dari baiknya kualitas jaringan di iPhone yang anda miliki.
  • Setelah anda selesai menggunakan Wi-Fi ada baiknya anda mematikan hotspot pribadi pada iPhone. Dengan cara mengetuk bilah pada pengaturan hotspot pribadi kembali ke off.
Mau tahu apakah iPhone yang anda miliki bergaransi Resmi atau Distributor? Ketahui segera dengan cara cek garansi iPhone

Bahaya & Peringatan

Bagaimana jika ada yang mencoba membajak koneksi anda, dan digunakan untuk mendownload file yang sangat besar? Tenang saja, keamanan yang disediakan dari hotspot pribadi ini sudah baik.

Maka dari itu pentingnya kata sandi pada hotspot pribadi adalah untuk mencegah dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Selain itu anda akan mendapat pemberitahuan pada perangkat iPhone apabila anda mengakses hotspot-nya.

Sehingga anda dapat mengetahui apabila ada teman yang mengetahui kata sandi dan mencoba mengakses hotspot tanpa sepengetahuan anda.

Peringatan yang lebih penting adalah tentang batas data pada perangkat anda.

Ketika anda sedang menggunakan internet dengan Wi-Fi  ada kemungkinan anda akan lupa kalau sedang menggunakan Wi-Fi dari Iphone.

Oleh karena itu selalu perhatikan jaringan mana yang sedang anda gunakan. Agar anda bisa menunda pada saat ingin mendownload file yang berukuran besar.

Mungkin hanya itu yang bisa kami sampaikan, semoga anda bisa terbantu dengan adanya artikel ini.

Nur Rahman Seseorang yang suka dengan dunia Fotografi dan Teknologi. Sering memotret momen indah dan mempelajari teknologi terbaru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *