Galan Penikmat kopi dan pecinta teknologi

Cara Partisi Hardisk

3 min read

Cara Partisi Hardisk

Ingin membagi hardisk internal maupun eksternal menjadi beberapa partisi? Ada cara yang bisa digunakan tanpa harus melakukan instal ulang. Cara untuk partisi hardisk ini bisa kita lakukan baik menggunakan windows xp, windows 7, windows 8, maupun windows 10.

Pada umumnya laptop atau komputer yang kita beli memiliki dua partisi hardisk yaitu C untuk System dan D untuk Data.

Nah jika kita ingin menambah partisi baru kita bisa menggunakan langkah-langkah dibawah ini. Tentunya tanpa harus melakukan instal ulang terhadap komputer kita.

Namun sebelum membahas langkah-langkah melakukan partisi hardisk. Ada baiknya kita mengetahui beberapa manfaat yang akan kita dapatkan dalam melakukan partisi hardisk.

Manfaat Partisi Hardisk

  1. Hardisk akan lebih mudah dan cepat untuk mengindex sebuah file dalam sebuah partisi. Nah disini sebaiknya kita membagi beberapa partisi hardisk agar performa komputer kita lebih cepat.
  2. Apabila partisi system yang biasanya terdapat pada C terkena virus. Maka kemungkinan besar file yang berada pada partisi lain akan aman. Walaupun pada akhirnya kita harus melakukan instal ulang. Setidaknya file yang berada pada partisi selain C akan tetap ada. Karena saat melakukan instal ulang kita hanya memformat partisi C saja.
  3. Kita bisa menginstal lebih dari system operasi tanpa harus takut file akan tertumpuk. Contoh partisi C untuk sistem operasi Windows, partisi D untuk sistem operasi Linux. Dan partisi E berisi data-data kita seperti game, musik, foto, dokumen, dan berbagai file lainya.

Untuk melakukan partisi hardisk tentunya kita harus berhati-hati. Karena jangan sampai data pada hardisk yang akan kita partisi terhapus.

Hardisk rusak? Segera belajar cara memperbaiki hardisk rusak yuk!.

Nah disini kita akan menggunakan fitur bawaan windows untuk melakukan partisi hardisk yaitu dengan menggunakan Disk Management.

Ada beberapa fitur yang ada pada Disk Management:

  • Shrink Volume: Digunakan untuk mengecilkan ukuran sebuah partisi
  • New Simple Volume: Digunakan untuk membuat partisi baru
  • Extend Volume: Digunakan untuk memperbesar ukuran partisi
  • Delete Volume: Digunakan untuk menghapus sebuah partisi

Sebelum masuk ke cara partisi hardisk apabila merasa ragu. Ada baiknya untuk membackup data-data penting yang ada di hardisk kita.

Hal ini bertujuan untuk menghindari terhapusnya data. Simak langkah-langkah partisi hardisk dibawah ini dengan benar.

Cara Mengecilkan Ukuran Partisi Hardisk

Mengecilkan ukuran atau memecah sebuah partisi hardisk bisa dengan menggunakan Shrink Volume. Partisi yang akan kita shrink tersebut akan berubah menjadi unallocated space.

Nah unallocated space tersebut bisa kita gunakan untuk membuat partisi baru atau menambah ukuran partisi lain.

Cara melakukan Shrink hardisk:

  1. Buka Disk Management.cara partisi hardisk windows 10

  2. Pastikan kita telah membuka Disk Management.cara partisi hardisk windows 7
  3. Setelah itu klik kanan pada partisi yang akan kita shrink. Kemudian klik Shrink Volume.cara partisi hardisk windows 8
  4. Setelah itu masukkan kapasitas yang ingin kita ambil dari partisi tersebut. Disini kita menuliskanya dalam satuan MB. Sebagai contoh kita mengambil 15GB dari total kapasitas partisi tersebut.cara membagi partisi hardisk 500gb
  5. Maka Hasilnya akan menjadi seperti berikut. Yang tadinya berukuran 40GB menjadi 25GB. Sedangkan hasil shrink tadi menjadi Unallocated. Nah kita bisa memanfaatkanya untuk membuat partisi baru dimana akan kita pelajari setelah ini.

Cara Membuat Partisi Baru

Dalam membuat partisi baru tentunya kita memerlukan sebuah partisi kosong atau unallocated space. Untuk membuatnya disini kita menggunakan fitur New Simple Volume.

Langkah-langkah membuat partisi hardisk baru:

  1. Klik kanan pada Unaloccated Space. Setelah itu pilih opsi New Simple Volume.cara partisi hardisk windows 7 saat instal ulang
  2. Jika muncul jendela New Simple Volume Wizard klik Next. Setelah itu tentukan ukuran dari partisi yang akan kita buat. Disana tertera ukuran maksimal dan minimal yang bisa kita buat. Setelah itu klik Next.cara partisi hardisk saat instal windows 7
  3. Selanjutnya kita akan disuruh menentukan identitas partisi tersebut. Atau disebut dengan drive letter. identitas tersebut biasanya berupa abjad, Contoh C, D, E, F, dan sebagainya. Selanjutnya klik tombo Next.cara partisi hardisk windows 10 saat instal ulangcara partisi hardisk laptop
  4. Lalu akan muncul jendela format partition. Beri nama partisi yang akan kita buat. Selanjutnya klik Next. Tunggu hingga proses selesai lalu klik Finish.

Video cara membagi partisi hardisk windows 10:

Cara Menghapus Partisi Hardisk

Sebelum menghapus sebuah partisi, pastikan bahwa partisi tersebut telah kosong atau tidak ada data penting didalamnya.

Kita bisa melakukan backup data terlebih dahulu pada partisi tersebut. Partisi yang telah kita hapus akan menjadi free space dimana kita bisa merubahnya menjadi unallocated space.

Lalu menggunakanya untuk membuat partisi baru atau menambahkanya ke partisi lain.

Cara menghapus partisi hardisk:

  1. Tentukan partisi mana yang akan kita hapus. Selanjutnya klik kanan partisi tersebut. Kemudian klik Delete Volume.cara partisi hardisk c
  2. Maka akan muncul notifikasi apakah kita akan melanjutkan langkah ini atau tidak. Jika kita sudah yakin akan menghapusnya klik Yes.cara menghapus partisi hardisk
  3. Tunggu hingga proses selesai. Setelah selesai maka akan muncul Free space. Free space sendiri berbeda dengan unallocated space. free space merupakan sebuah partisi namun tidak memiliki identitas atau drive letter.cara menghapus partisi hardisk windows 10
  4. Untuk merubahnya menjadi unallocated space klik kanan pada free space selanjutnya delete partition.
  5. Lalu akan muncul pop up notifikasi. Klik Yes.

Cara Menambah Ukuran Partisi Hardisk

Untuk menambah ukuran sebuah partisi kita memerlukan unallocated space.

Tahapan menambah ukuran partisi hardisk:

  1. Klik kanan terhadap partisi yang akan kita tambah ukuranya. Lalu klik Extend Volume.cara menambah partisi hardisk
  2. Apabila muncul Extend Volume Wizard klik Next. Setelah itu tentukan ukuran yang kita inginkan. Disana juga tertera ukuran maksimal yang bisa kita tambahkan. Ukuran tersebut tergantung pada ukuran unallocated scape yang kita miliki. Karena untuk menambah ukuran, partisi tersebut mengambil dari unallocated space. Setelah itu klik Next.cara menambah partisi hardisk windows 10
  3. Tunggu hingga proses selesai. Lalu klik finish.

Itulah beberapa cara partisi hardisk mulai dari mengurangi, membuat baru, menghapus, dan juga menambah partisi.

Sebelum melakukan partisi hardisk ada baiknya untuk menyimak dengan benar langkah-langkah diatas. Karena apabila kita salah melakukanya maka data atau bahkan hardisk kita yang menjadi taruhanya. Semoga Berhasil!.

Galan Penikmat kopi dan pecinta teknologi