Cara Membagi Layar Laptop Menjadi 2

Share
Comment 0 reply
Cara Membagi Layar Laptop Menjadi 2

Membagi layar komputer atau laptop menjadi beberapa bagian terbukti bisa sangat membantu efisiensi saat melakukan proses multitasking.

Menyadari hal tersebut, Windows dan beberapa OS lain memberikan sebuah fitur bernama Split Screen yang dapat digunakan untuk membagi tampilan layar.

Pada artikel ini, kami akan membahas tentang fitur Split Screen dan bagaimana cara membagi layar PC menjadi 2, 3, hingga 4 bagian sekaligus. Jadi silahkan simak artikel ini dengan baik ya!

Keuntungan Split Screen

Split Screen atau membagi layar laptop menjadi beberapa tampilan memiliki banyak sekali keuntungan. Keuntungan terbesarnya adalah kamu bisa melihat beberapa tampilan aplikasi sekaligus dalam satu layar saja.

Biasanya, split screen digunakan dalam beberapa kegiatan multitasking, seperti melakukan browsing sambil mengetik, mengerjakan sebuah pekerjaan sambil nonton, dan masih banyak lagi.

Perlu kamu ketahui bahwa fitur ini hanya bisa digunakan pada aplikasi yang berjalan secara Windowed (memiliki jendela dengan title bar) dan tidak bisa digunakan pada aplikasi Full Screen (seperti game).

Setelah kamu paham apa keuntungan dan kegunaan dari split screen, sekarang saatnya untuk praktek melakukannya.

Cara Split Screen Laptop Menjadi 2 Bagian

Setidaknya ada tiga cara membelah atau membagi layar laptop menjadi 2, yaitu menggunakan mousekeyboard, dan fitur Snap Assist. Berikut selengkapnya.

1. Menggunakan Kursor

Pertama, kamu bisa membagi layar laptop menjadi 2 bagian dengan mengaturnya menggunakan kursor atau mouse. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Siapkan 2 aplikasi.
  2. Klik dan tahan bagian title bar pada aplikasi pertama.
    Tittle Bar Aplikasi
  3. Lalu tarik aplikasi tersebut ke sebelah kanan atau kiri layar. Tarik hingga kursor menyentuh bagian tepi layar dan muncul bayangan di desktop.
    cara split screen laptop
  4. Lepaskan klik mouse.

Setelah aplikasi pertama berhasil ditempatkan di salah satu sisi layar, lakukan langkah-langkah di atas pada aplikasi kedua pada sisi yang berbeda. Lihat gambar di bawah!

split screen laptop jadi 2

Hasilnya akan jadi seperti ini:

Membagi layar laptop jadi 2 bagian

2. Menggunakan Keyboard

Selain menggunakan kursor, kamu juga bisa membagi tampilan layar laptop atau komputer menjadi 2 bagian dengan menekan tombol tertentu di keyboard.

Cara ini tentu akan sangat berguna bagi kamu yang lebih suka menggunakan kombinasi tombol di keyboard daripada harus memindahkan tangan ke mouse.

Berikut cara membagi layar PC menjadi 2 bagian menggunakan keyboard:

  1. Siapkan dua aplikasi yang ingin kamu tampilkan.
  2. Pilih aplikasi pertama, lalu tekan Windows + Panah Kiri untuk menggesernya ke layar sebelah kiri.
  3. Buka aplikasi kedua, lalu tekan Windows + Panah Kanan untuk menempatkannya di layar sebelah kanan.

Membagi layar laptop jadi 2 bagian

Bagaimana? Sangat mudah bukan?

Baca: Cara Mengatasi Laptop Layar Hitam

3. Menggunakan Snap Assist

Snap Assist merupakan sebuah fitur di Windows 10 yang memang ditujukan untuk membagi tampilan layar laptop menjadi beberapa bagian.

Jika kamu teliti, fitur ini akan secara otomatis bekerja saat kamu mengatur tampilan aplikasi ke salah satu sisi layar laptop. Baik itu menggunakan kursor atau keyboard.

Saat kamu menggeser salah satu aplikasi ke sisi layar, maka di sisi lain akan muncul sebuah thumbnail berisi beberapa aplikasi aktif lainnya. Nah inilah yang dinamakan fitur Snap Assist.

Penasaran bagaimana cara menggunakannya? Ikuti cara berikut ini:

  1. Siapkan setidaknya dua aplikasi.
  2. Tempatkan salah satu aplikasi ke sisi layar tertentu dengan menggunakan cara sebelumnya. Bisa menggunakan kursor atau keyboard.
  3. Akan muncul thumbnail aplikasi lain yang sedang berjalan di sisi lain layar.
  4. Klik salah satu thumbnail aplikasi yang ingin kamu tempatkan di sisi tersebut.

split screen layar PC jadi 2

Oh iya! Kamu juga bisa mengatur ukuran masing-masing aplikasi dengan menempatkan kursor dibagian tengah antara kedua aplikasi tersebut.

Nantinya akan muncul sebuah bar hitam yang bisa kamu geser ke bagian kanan atau kiri untuk mengatur ukuran kedua aplikasi yang terbuka tersebut.

Cara Membagi Layar Laptop Menjadi 3 – 4

Tidak hanya membagi layar laptop jadi 2 bagian saja, kamu juga bisa membagi layar laptop menjadi 3 atau 4 bagian lho! Jadi buat kamu yang benar-benar membutuhkan tampilan 3 sampai 4 aplikasi sekaligus, cara di bawah ini bisa membantu kamu.

Agar lebih mudah saat menjelaskan langkah-langkahnya, kami akan mencontohkan untuk menggunakan 4 aplikasi sekaligus dengan nama aplikasi 1 hingga aplikasi 4.

Sudah siap? Berikut cara membagi layar laptop menjadi 3 – 4 bagian sekaligus:

  1. Buka aplikasi 1, lalu tekan tombol Windows + Panah Kiri dan tekan tombol Windows + Panah Atas. Aplikasi 1 ini akan terletak di pojok kiri atas.
  2. Buka aplikasi 2, kemudian tekan tombol Windows + Panah Kiri dan tekan tombol Windows + Panah Bawah. Posisi aplikasi 2 ini akan terletak di sisi kiri bawah.
  3. Pilih aplikasi 3, lalu tekan tombol Windows + Panah Kanan dan tekan Windows + Panah Atas. Aplikasi 3 akan terletak di sisi kanan atas layar.
  4. Pilih aplikasi 4, lalu tekan Windows + Panah Kanan dan tekan Windows + Panah Bawah. Posisinya akan terletak di sisi kanan bawah.

Membagi Layar Laptop Jadi 4

Dengan begitu, kini kamu telah berhasil menampilkan 4 aplikasi sekaligus dalam satu tampilan layar laptop atau komputer dengan ukuran yang sama besar.

Jika kamu hanya ingin membuka 3 aplikasi, maka kamu bisa membaginya dengan menempatkan satu aplikasi di salah satu sisi layar dan dua aplikasi di sisi lain (atas bawah). Caranya sama kok dengan yang di atas! Tinggal sesuaikan saja.

Selain menggunakan keyboard, kamu juga bisa melakukannya dengan menggunakan kursor mouse. Untuk mengaturnya dengan mouse, kamu harus menarik jendela aplikasi ke pojok layar.

Jika kamu menariknya ke pojok kanan atas, maka aplikasi tersebut akan menempati sisi layar bagian kanan sebelah atas. Jika ke pojok kiri bawah, maka akan menempati layar bagian kiri bawah. Pahamkan?

Pelajari juga: Cara Menampilkan Layar Android di PC

Kenapa Tidak Bisa Membagi Layar PC Jadi 3 – 4 Bagian?

Mungkin banyak yang mengalami kenapa tidak bisa membagi layar laptop menjadi 4 bagian meski sudah melakukan cara di atas.

Jawabannya yaitu karena fitur tersebut hanya bisa dilakukan pada PC Windows 10 dan yang lebih baru.

Jika kamu masih menggunakan Windows 7, maka kamu hanya bisa membaginya menjadi 2 bagian saja. Sebenarnya bisa, tapi kamu harus mengatur ukuran masing-masing aplikasi secara manual.

Dengan membagi layar laptop atau PC menjadi 2, 3, hingga 4 bagian menggunakan cara di atas, kini kamu bisa melakukan multitasking dengan lebih efisien tanpa harus mengganti-ganti tampilan layar.

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.