Ukuran Kertas A3

Share
Comment 0 reply
Ukuran Kertas A3

Terdapat banyak sekali ukuran kertas seri A yang biasa digunakan sehar-hari, salah satunya yaitu ukuran A3.

Ukuran A3 biasa digunakan oleh kalangan pelajar dan pekerja kantoran yang mana biasa digunakan untuk membuat sebuah laporan dan mencetak dokumen lainnya.

Untuk menghitung apalagi mengingat ukuran kertas bukanlah hal yang mudah dilakukan.

Oleh karena itu kami telah merangkum ukuran kertas A3 berdasarkan ukuran standar internasional atau ISO.

Ukuran Kertas A3 dalam mm, cm, inci, dan piksel

kertas A3

Ukuran kertas menurut standar internasional yaitu ukuran dalam satuan milimeter. Namun dalam penggunaannya, ukuran kertas juga biasa dikonversikan kedalam beberapa satuan lain seperti centimeter dan inchi. Selain itu, dalam dunia digital juga dibutuhkan ukuran spesifik lain yaitu pixel. Dimana ukuran ini biasanya diukur dengan Dot per Inchi (DPI) atau Pixel per Inchi (PPI). Berikut ini tabel ukuran kertas A3 dalam satuan mm, cm dan inci:

Ukuran KertasSatuan mmSatuan cmSatuan Inci
A3297 x 42029.7 x 42.011.69 x 16.54

Seperti yang sudah disinggung di atas, bahwa penggunaan kertas A3 dalam sebuah aplikasi editing memerlukan satuan dalam ukuran pixel. Berikut ini tabel rekomendasi ukuran A3 dalam piksel:

Ukuran KertasWidthHeight
A3 – 72 PPI842 px1191 px
A3 – 200 PPI2339 px3308 px
A3 – 300 PPI3508 px4962 px
A3 – 400 PPI4677 px6616 px
A3 – 600 PPI7016 px9924 px
A3 – 1200 PPI14031 px19848 px

Ukuran Kertas A3 Plus

kertas ukuran A3 dan A3 plus

Ukuran A3 juga memiliki variasi lain yaitu A3 Plus, dimana A3 Plus memiliki ukuran yang lebih besar. Dalam satuan milimeter, kertas A3 Plus memiliki ukuran panjang 483 mm dan lebar 320 mm.

Sementara dalam satuan cm, A3+ memiliki ukuran 48,7 cm x 30, cm. Sedangkan dalam satuan inci, A3 Plus memiliki panjang 12 inch dan lebar 19,17 inch.

Dengan ukurannya yang cukup besar, A3 Plus biasanya digunakan oleh para desainer grafis untuk membuat suatu karya.

Kertas A3 Plus juga biasa dipilih untuk digunakan pada printer laser berskala bisnis, jadi kertas ini hanya digunakan oleh orang-orang tertentu saja.

Sama halnya dengan kertas HVS, kertas A3 Plus juga biasa digunakan sebagai art paper, art carton, carton bw, stiker cromo, dan lain sebagainya.

Penggunaan Kertas A3

Kertas A3 biasa digunakan untuk berbagai keperluan, yang biasanya digunakan oleh kalangan pekerja kantoran dan pelajar. Berikut ini beberapa penggunaan umum kertas A3.

1. Sebagai kertas desain

Berkat ukurannya yang cukup besar, kertas A3 biasa digunakan untuk membuat desain oleh para pekerja profesional.

Dengan menggunakan kertas tersebut, desain yang dihasilkan bisa terlihat dengan jelas dan mendetail. Jika kamu memiliki hobi atau pekerjaan di bagian desain grafis, maka kamu bisa menggunakan kertas A3 sebagai media untuk menggambar.

2. Membuat berbagai macam selebaran

Selain digunakan untuk desain grafis, kertas ini juga bisa digunakan sebagai bahan untuk membuat berbagai kartu.

Ukuran A3 biasanya digunakan untuk membuat selebaran seperti poster, brosur, pamflet, bahkan kartu undangan pernikahan. Ukuran lainnya:

3. Membuat karya menarik

Kertas A3 juga bisa digunakan untuk membuat berbagai macam karya yang unik dan menarik.

Dengan adanya beberapa macam ketebalan kertas yang berbeda, kamu bisa memilih ketebalan tertentu untuk dibuat sebuah karya yang menarik.

Seperti origami 3D yang memiliki nilai estetika yang tinggi dan harus dibuat dengan kertas dengan ukuran dan ketebalan yang sesuai.

Selain itu, ukuran kertas A3 juga biasa digunakan untuk membuat karya menarik lainnya yang bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan.

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.