Cara Melihat Bukti Transfer M-Banking BCA dan KlikBCA

Bukti transfer adalah salah satu hal yang penting sebagai bukti sah telah terjadi transaksi transfer uang ke rekening satu dengan lainnya. Bukti transfer BCA adalah Bukti transfer yang keluar dari transaksi yang dilakukan oleh nasabah BCA, baik itu melalui M-Banking maupun KlikBCA.

Kerap kali orang membutuhkan bukti transfer sebagai bentuk percaya atas transaksi yang sudah terjadi. Selain itu bukti transfer ini juga kerap dijadikan sebagai arsip pribadi jika sewaktu-waktu dibutuhkan untuk perhitungan sendiri. Bagi nasabah BCA lama, pasti sudah sangat familiar dengan cara cek bukti transfer.

Namun bagi nasabah baru biasanya masih bingung terkait bagaimana cara melihat bukti transfer ini. Bukti Transfer biasanya secara otomatis ada dalam riwayat penggunaan aplikasi mobile banking ataupun KlikBCA yang merupakan aplikasi khusus milik BCA.

Cara Melihat Bukti Transfer M-Banking BCA

Unduh atau pasang Mobile BCA terlebih dahulu. Biasanya pendaftaran akun dilakukan langsung ke kantor cabang BCA. Jadi pastikan Mobile BCA sudah terdaftar terlebih dulu.

Bukti transfer yang dilakukan di bagian teller pasti akan diberikan secara langsung dalam bentuk kertas pada umumnya. Sedangkan untuk transfer yang dilakukan secara online melalui M-Banking maka bukti transfernya juga hanya bisa dilihat melalui aplikasi M-Banking itu sendiri.

Hal ini juga berlaku pada bukti transfer BCA. Lantas bagaimana cara melihat bukti transfer via M-Banking BCA? Berikut ini tahapan cara mudahnya:

  • Unduh atau pasang Mobile BCA terlebih dahulu. Biasanya pendaftaran akun dilakukan langsung ke kantor cabang BCA. Jadi pastikan Mobile BCA sudah terdaftar terlebih dulu.
  • Pada Mobile BCA, pilih m-BCA.
  • Kamu akan terlebih dulu diminta memasukkan kode akses. Kode akses didapatkan dari saat mendaftarkan akun m-BCA. Jumlah kode akses umumnya 6 digit.
  • Kemudian pilih kantor cabang BCA.
  • Akan ada beberapa opsi, klik opsi m-info.
  • Dalam menu m-info juga akan berisi beberapa pilihan aksi. Untuk melihat bukti transfer, pilih mutasi rekening.
  • Masukkan waktu atau tanggal mutasi transaksi sesuai kebutuhan, namun biasanya ada gagasan waktu maksimal riwayat mutasi dalam 7 hari.
  • Tap tombol kirim dan tunggu hingga tampil hasilnya.
Cara Melihat Bukti Transfer M-Banking BCA
  • Hasil akan menunjukkan riwayat transaksi, jika sudah muncul kamu bisa screenshot di HP.

Bukti transfer dari m-BCA atau M-Banking BCA ini merupakan bukti yang valid dan bisa disimpan dengan cara screenshoot HP. Setelah mendapat bukti transfer kamu bisa langsung mengirimkan ke target yang butuh bukti transfer tersebut.

Baca juga: No Rekening BCA

Cara Melihat Bukti Transfer di KlikBCA

Untuk akses melalui situsnya, masuk lebih dulu ke alamat https-::www.klikbca.com:. Sedangkan untuk yang ingin akses melalui aplikasinya juga bisa langsung masuk ke aplikasinya.

Untuk memenuhi kebutuhan transaksi online para nasabah BCA, bank BCA ternyata tidak hanya menyediakan satu aplikasi mobile saja. Tak hanya Mobile BCA, kini para nasabah juga bisa menikmati layanan KlikBCA yang tak kalah praktis digunakan.

Layanan KlikBCA bisa diakses melalui situs resminya. KlikBCA bisa dimanfaatkan untuk melihat riwayat transaksi atau bukti transfer BCA secara online. Cara aksesnya tak kalah mudah dari penggunaan aplikasi Mobile BCA. Berikut ini step-step aksesnya:

  • Untuk akses melalui situsnya, masuk lebih dulu ke alamat https://www.klikbca.com/. Sedangkan untuk yang ingin akses melalui aplikasinya juga bisa langsung masuk ke aplikasinya.
  • Isikan terlebih dulu username dan pin. Username dan pin ini juga harus yang sudah terdaftar di data BCA. Jadi sebaiknya daftarkan dulu ke kantor cabang BCA.
  • Setelah mengisi username dan pin dengan benar, klik tombol login.
  • Tersedia beberapa opsi menu utama. Pilih menu Informasi Rekening.
  • Dalam menu informasi rekening juga akan ada beberapa pilihan menu lagi. Pilih saja menu Mutasi Rekening.
  • Atur tanggal atau waktu mutasi yang sesuai dengan kebutuhan.
  • Setelah itu pilih tombol Lihat Mutasi Rekening dan tunggu sistem bekerja terlebih dulu.
Setelah itu pilih tombol Lihat Mutasi Rekening dan tunggu sistem bekerja terlebih dulu.
  • Akan tampil riwayat transaksi sesuai dengan tanggal yang tadi sudah diatur.
  • Screenshot bagian bukti transfer yang diinginkan dan simpan.

Baca juga: Bank BCA Terdekat dari Lokasi Sekarang

Tips Terhindar Dari Penipuan Bukti Transfer Palsu BCA

Meskipun sudah punya sistem keamanan transaksi, tetap saja ada oknum-oknum yang memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk melakukan aksi penipuan terhadap nasabah resmi BCA. Terkadang masih didapati beberapa nasabah yang melapor mendapatkan bukti transfer BCA palsu.

Tentu saja bukti transfer palsu ini akan sangat merugikan bagi pihak nasabah yang ditiru. Namun tenang saja, kali ini ada beberapa trik atau tips yang bisa dilakukan untuk menghindari penipuan bukti transfer palsu BCA. Simak berikut ini tips jitunya:

1. Teliti Bukti Transfer Yang Dikirim dan Jangan Langsung Percaya

Teliti Bukti Transfer Yang Dikirim dan Jangan Langsung Percaya

Bukti transfer biasanya punya ciri khas tertentu pada setiap bank. Ada beberapa info yang biasanya tercantum pada bukti transfer. Kamu harus bisa mengenali terlebih dulu bukti transfer BCA pada umumnya seperti apa.

Jadi jangan langsung percaya ketika seseorang mengirim bukti transfer tersebut alih-alih alasannya uang sudah masuk ke rekening.

2. Verifikasi Bukti Transfer

Verifikasi Bukti Transfer

Jika bukti transfer yang dikirim terlihat mencurigakan dan tidak sama sebagaimana bukti transfer normalnya, maka jangan ragu untuk lakukan verifikasi terlebih dulu. Verifikasi bisa dilakukan dengan cara pengecekan mutasi.

Meskipun bukti transfer tidak terlihat mencurigakan, langkah verifikasi bukti transfer ini memang sangat perlu dilakukan untuk meminimalisir resiko penipuan. Cek mutasi bisa dilakukan via online melalui BCA Mobile, mBCA, atau KlikBCA.

Cara cek mutasinya bisa dilihat pada pembahasan di atas yang sudah diulas dengan tahapan-tahapannya. Saat cek mutasi, secara otomatis kamu dapat melihat riwayat transaksi apapun termasuk uang masuk dan keluar.

Kamu bisa cocokkan bukti transfer BCA yang dikirim tersebut dengan mutasi yang menunjukkan masuknya uang sesuai dengan nominal dan waktu pada bukti transfer. Jika memang sesuai berarti bukti transfer tersebut legal atau benar.

Sedangkan jika tidak ada riwayat uang masuk, maka bukti transfer tersebut perlu dicurigai bahkan berpotensi merupakan bukti palsu.

3. Melaporkan Pihak BCA dan Pihak Berwajib

Melaporkan Pihak BCA dan Pihak Berwajib

Tips terakhir adalah melakukan pelaporan secara resmi kepada pihak yang berhak menanganinya. Untuk lapor kepada pihak BCA, kamu bisa hubungi Halo BCA. Halo BCA sendiri merupakan layanan customer service yang siap membantu semua nasabah BCA.

Nomor resmi Halo BCA yang bisa dihubungi adalah 1500888. Halo BCA biasanya dicari untuk membantu dalam hal pengecekan saldo dan juga mutasi rekening. Namun tak hanya itu, Halo BCA juga siap menindak lanjuti kasus penipuan seperti pengiriman bukti transfer palsu.

Jika tidak berkenan menghubungi Halo BCA pada nomor telepon yang sudah tersedia, maka nasabah bisa menghubungi kontak WhatsApp BCA pada nomor 08111500998. Nomor WhatsApp ini sudah dilengkapi dengan simbol centang hijau, yang artinya nomor resmi lembaga.

BCA juga memiliki beberapa akun media sosial yang biasanya digunakan untuk memasarkan layanan BCA. Namun sebagai layanan bank, melalui media sosial BCA ini para nasabah juga diperbolehkan untuk mengadukan permasalahan seperti kasus bukti transfer palsu.

Adapun akun Instagram BCA adalah @goodlifeBCA dan akun twitternya adalah @halobca. Kamu bisa hubungi via chat dengan media sosial tersebut.

Baik itu bukti transfer BCA maupun bukti transfer bank lainnya, tetap saja sifat bukti transfer ini sangat penting untuk memudahkan para penerima uang dalam mengartikan bukti dan melihat masuknya saldo. Bukti transfer dalam bentuk gambar hanya diperoleh dari transaksi yang dilakukan via online.

Photo of author

Bara

Suka dengan hal-hal yang berbau teknologi, komputer, gadget, dan game.

Tinggalkan komentar